Share

Wisata Alam Cianjur Banyak Diminati Wisatawan, Kebun Raya Cibodas hingga Pantai Selatan

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 12 406 2610021 wisata-alam-cianjur-banyak-diminati-wisatawan-kebun-raya-cibodas-hingga-pantai-selatan-xuMuF8vC3Q.JPG Kebun Raya Cibodas (Foto: Instagram/@nafisfauzan_)

DINAS Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Jawa Barat, menilai objek wisata alam yang ada di Cianjur, banyak diminati wisatawan dari luar kota, mulai dari Kebun Raya Cibodas, air terjun hingga pantai Selatan di bagian Selatan Cianjur.

Kepala Disparpora Cianjur, Pratama Nugraha berujar bahwa objek wisata alam seperti air terjun yang banyak terdapat mulai dari wilayah Utara hingga Selatan Cianjur, mengalami peningkatan angka kunjungan, sejak libur panjang hari raya hingga akhir pekan.

Infografis Kebun Raya di Indonesia

"Selama libur panjang hari raya angka kunjungan lebih dari 10.000 orang per hari ke sejumlah air terjun mulai dari Curug Cikondang di Kecamatan Campaka, Curug Astana di Kecamatan Kadupandak, Curug Ngebul di Kecamatan Pagelaran dan Curug Luhur di Kecamatan Cibinong," ucap Pratama, melansir ANTARA.

Angka kunjungan terus meningkat setiap akhir pekan, didominasi wisatawan lokal dan luar kota seperti Jabodetabek dan Bandung, peningkatan angka kunjungan juga terlihat di pantai selatan Cianjur, mulai dari Pantai Cemara dan Jayanti di Kecamatan Cidaun dan Karangpotong di Kecamatan Sindangbarang.

Pihaknya berharap angka kunjungan akan lebih meningkat setelah infrastruktur jalan menuju tempat wisata di Cianjur, selesai dibangun pada akhir tahun, bahkan sejumlah program promosi dan pertunjukan seni budaya telah disiapkan untuk menambah minat wisatawan untuk datang.

Pengelola Curug Cikondang, Sundara Saputra, mengatakan, angka kunjungan masih tetap tinggi setelah libur panjang lebaran hingga pekan pertama bulan Juni. Minat wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata alam di Cianjur, sejak satu bulan terakhir terus meningkat.

"Untuk peningkatan lebih dari 500 orang pada hari biasa, kalau libur akhir pekan lebih dari 1.000 orang, didominasi wisatawan lokal dan luar kota seperti Jakarta, Bogor dan Bandung. Untuk infrastruktur saat ini dalam proses perbaikan dan pembangunan dari pemerintah daerah," ujar dia.

Pihaknya berharap dengan di bangunnya infrastruktur jalan dapat lebih meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke obyek wisata di Cianjur, terutama Curug Cikondang dan objek wisata pendukung lainnya yang banyak terdapat di Kecamatan Campaka, termasuk Situs Meghalit Gunung Padang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini