Share

Teka-teki Pulau Misterius Bisa Berpindah-pindah Sendiri, Apa Penyebabnya?

Wahyu Budi Santoso, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 406 2610494 teka-teki-pulau-misterius-bisa-berpindah-pindah-sendiri-apa-penyebabnya-HiVZJ0Uv1G.jpg Ilustrasi pulau (dok Freepik)

PULAU misterius berbentuk lingkaran yang cukup sempurna yang terlihat sangat aneh untuk bentuk sebuah pulau. Lebih aneh lagi, pulau ini selalu bergerak sendiri sepanjang tahun jika dilihat Google Earth.

Untuk memeriksa fenomena alam ini, masukkan saja koordinat ini di Google Earth: 34 ° 15’07.8 “S 58 ° 49’47.4” W. Anda bisa melihat tampilan koordinat tersebut selama 13 tahun terakhir.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa itu sebetulnya adalah UFO, ada juga yang mengatakan bahwa sebetulnya itu bukan pulau biasa, namun adalah semacam pangkalan atau fasilitas pengintai.

infografis

Menurut penjelasan dari sudut pandang ilmu pengetahuan, pulau itu terbentuk dari bongkahan tanah di tengah danau yang terbentuk dan terus menebal selama bertahun-tahun dengan keseimbangan sisi penambahan ketebalan yang sempurna, kemudian pulau itu mulai bertabrakan dengan bagian tepi danau, yang akhirnya membuatnya menjadi berbentuk lingkaran.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Bahkan berdasarkan karya ilmiah yang diterbitkan Natural Jurnal, fenomena langka itu sudah terjadi berjuta-juta tahun yang lalu, pulau pulau memang memiliki kemampuan berpindah tempat, tetapi terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Hal ini karena bertambahnya volume air laut sehingga menyebabkan daratan pulau terkikis sedikit demi sedikit.

Namun pada beberapa kasus fenomena tertentu , ada pulau yang bergerak atau berpindah tempat yang terjadi belum lama ini. Faktor seperti struktur tanah, angin, bahkan aktivitas manusia dapat memengaruhi kondisi tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini