Share

Pelancong Asal Jawa Tengah Dominasi Kunjungan ke Objek Wisata Bantul

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 406 2611142 pelancong-asal-jawa-tengah-dominasi-kunjungan-ke-objek-wisata-bantul-FNUVvCrlca.JPG Pantai Parangtritis, Bantul, DIY (Foto: ANTARA)

DINAS Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut, wisatawan dari berbagai wilayah Provinsi Jawa Tengah mendominasi kunjungan wisata ke destinasi Bantul selama libur akhir pekan terakhir.

"Lima provinsi terbanyak asal wisatawan yang reservasi melalui visitingjogja, yang pertama adalah Jawa Tengah dengan 57,77 persen," ucap Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Aji, melansir ANTARA.

Menurutnya, provinsi asal wisatawan di urutan kedua adalah Jawa Timur sebanyak 18,1 persen, kemudian dari Jawa Barat sebanyak 13,63 persen, selanjutnya dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebanyak 3,79 persen, serta dari DKI Jakarta sebanyak 3,3 persen.

Infografis Wisata Yogyakarta

Berdasarkan data kunjungan wisata ke destinasi Bantul selama libur akhir pekan lanjut Markus, sejak 10 sampai 12 Juni sebanyak 31.061 wisatawan dengan penerimaan pendapatan daerah sebesar Rp301,3 juta.

"Data kunjungan selama weekend itu mengalami kenaikan 4,7 persen dibanding weekend lalu, kenaikan ini diperkirakan karena pada Sabtu dan Minggu ada event coast to coast night trail ultra di Pantai Depok Parangtritis," sebutnya.

Markus menambahkan, kawasan Pantai Parangtritis selama ini menjadi destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan, kemudian destinasi wisata lainnya adalah Pantai Samas, Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, dan Pantai Baru, paling sedikit di Gua Cerme dan Gua Selarong.

Sementara untuk data kunjungan wisatawan periode mingguan sejak 6 sampai 12 Juni 2022, tercatat sebanyak 43.789 orang, dengan perolehan pendapatan daerah sebesar Rp425 juta.

"Mengalami penurunan sekitar 20 persen dibanding jumlah wisatawan seminggu yang lalu yang sebanyak 54.823 orang dengan pendapatan Rp532 juta, penurunan ini diperkirakan karena minggu yang lalu ada libur di tengah pekan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini