Share

Catat, Ini Waktu yang Tepat untuk Check-Out dan Check-In di Hotel

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 406 2611173 catat-ini-waktu-yang-tepat-untuk-check-out-dan-check-in-di-hotel-sTkZWL0A1V.JPG Ilustrasi (Foto: iStock)

WAKTU check-out dan check-in di hotel perlu diketahui bagi Anda yang ingin menginap saat liburan. Sebab, hal itu tentu dapat berpengaruh pada rencana liburan Anda.

Meski kini sudah tersedia banyak penginapan tipe lainnya, seperti guest house, homestay, villa, hingga resort dan dormitory, hotel memang tetap menjadi pilihan utama para turis sebagai tempat bermalam ketika liburan ke suatu daerah.

Pasalnya, hotel lebih mudah ditemukan di berbagai wilayah dan menyediakan sejumlah kelas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget traveler. Lantas, kapan waktu check-out dan check-in di hotel?

Melansir berbagai sumber, umumnya pemesanan hotel di Indonesia dapat dilakukan check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Meski begitu, beberapa hotel menerapkan kebijakan early check-in dan late check-out.

Jika Anda tiba di kota tujuan lebih pagi, Anda bisa meminta pihak hotel untuk early check-in sebelum pukul 14.00.

Infografis Hotel Luar Angkasa

Sama halnya dengan late check-out, biasanya tamu diberikan waktu tambahan hingga 1 jam untuk check out dari hotel. Namun tentu saja, Anda harus mengomunikasikannya terlebih dahulu kepada pihak hotel.


Untuk detail lebih lengkapnya, Anda bisa melihat informasi check-in dan check-out yang tertera di voucher hotel yang Anda pesan. Anda juga bisa menghubungi hotel terlebih dahulu untuk menginformasikan perkiraan waktu kedatangan Anda.

Saat check-in, Anda akan diminta menyerahkan fotokopi KTP atau menunjukkan KTP asli sebagai wisatawan domestik.

Selain itu, beberapa hotel juga menerapkan kebijakan deposit. Ya, Anda harus memberikan sejumlah biaya tertentu, bisa uang tunai maupun melalui kartu kredit, kepada pihak hotel sebagai jaminan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Jika Anda melakukan service room, laundry, atau merusak dan menghilangkan barang, uang deposit tersebut akan menjadi milik hotel, sesuai dengan besaran biaya yang mesti Anda keluarkan.

Jika uang deposit Anda kurang, maka harus menambah kekurangan, begitu pula sebaliknya. Uang deposit nantinya akan dikembalikan utuh jika tidak ada klaim apa pun.

Namun bagaimana jika Anda tidak punya kartu kredit? Anda harus membawa uang tunai sebagai jaminan. Jumlah nominalnya pun tergantung masing-masing hotel.

Sama seperti kartu kredit, uang tunai yang jadi jaminan pun akan dikembalikan begitu Anda check-out dari hotel.

Sementara jika Anda menginap di luar negeri, waktu check-in dan check-out biasanya sekitar pukul 15.00-16.00.

Namun, jika kamar Anda sudah siap dan rapi sebelum waktu tersebut, mereka akan mengizinkan Anda check-in lebih awal dan akses ke kamar Anda.

Saat check-in, KTP Anda di luar negeri biasanya tidak berlaku. Meski demikian, Anda tetap harus menunjukkan identitas diri berupa paspor kepada resepsionis hotel.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengetahui persyaratannya di laman resmi pihak hotel ataupun Online Travel Agent (OTA) yang Anda gunakan. Atau, Anda juga bisa menghubungi pihak hotel terlebih dahulu sebelum menginap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini