Share

Libur Musim Panas, Agen Wisata Sediakan Penerbangan Carter Murah untuk Turis

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 406 2612165 libur-musim-panas-agen-wisata-sediakan-penerbangan-carter-murah-untuk-turis-J6igxG1QXr.jpg Ilustrasi (Freepik)

BEBERAPA agen perjalanan di Uni Emirat Arab (UEA) berencana menyediakan penerbangan carter dari UEA ke kota-kota di India dengan harga terjangkau, selama puncak perjalanan di bulan-bulan musim panas 2022.

Mengingat harga tiket pesawat yang tinggi untuk tujuan India selama liburan sekolah periode Juli–Agustus, agen perjalanan menawarkan kursi satu arah kepada penumpang tujuan sektor Kerala dengan maskapai bertarif rendah dengan harga minimal Dh 1.090 atau sekira Rp4,4 juta.

Melansir dari Khaleej Times, Kamis (16/6/2022), sebuah agen perjalanan yang berbasis di Dubai, Equator Travel Management LLC mengaku bahwa mereka menyelenggarakan penerbangan carter dengan maskapai Air India Express dari Ras Al Khaimah, UEA tujuan Kozhikode, India pada 5 Juli nanti.

 BACA JUGA: Sulit ke Amerika, Turis UEA Pilih Indonesia Sebagai Destinasi Liburan Musim Panas

Harga tiket dibanderol Dh 1070 atau sekira Rp4,3 juta untuk orang dewasa. Bayi akan dikenakan biaya 250 Dh sekira Rp1 juta.

Pejabat agensi mengatakan mereka dapat menjual tiket pada penerbangan ini dalam waktu seminggu.

Harga penerbangan carter ini terjangkau dibandingkan dengan harga pasar saat ini.

Pejabat Air India di UEA juga mengkonfirmasi bahwa pesawat sewaan ini akan beroperasi pada 5 Juli. Harga tersebut sudah termasuk transportasi bus dari kota-kota lain di wilayah UEA ke Ras Al Khaimah.

 

Menurut agregator perjalanan SkyScanner, mulai 1 Juli, tiket pesawat pulang pergi dari UEA tujuan Kozhikode telah mencapai Dh2.900 ke atas atau sekira Rp12 juta.

Perjalanan satu arah termurah dari UEA ke Kozhikode pada 1 Juli adalah dengan Air India Express, di mana harga tiket saat ini adalah Dh1,889 atau Rp7,6 juta.

Tiket pesawat dari UEA untuk tujuan seperti Kochi, Bangalore, Mumbai, Delhi, dan Coimbatore hanya turun di bawah Dh 1.500 atau Rp6 juta setelah 25 Juli. Sebagian besar keluarga dari India yang berencana bepergian selama waktu ini memesan tiket mereka berbulan-bulan sebelumnya.

 BACA JUGA: Pulih dari Pandemi, Kunjungan Turis ke Dubai Langsung Melonjak 203%

Menurut Surendranath Menon, Direktur Penjualan dan Pemasaran di Equator Travel Management, agensi tersebut mengambil tanggung jawab untuk mengatur penerbangan carter mengikuti permintaan dari anggota komunitas India.

“Kami menerima permintaan dari banyak anggota komunitas India untuk mengatur pilihan perjalanan yang terjangkau ke destinasi di sektor Kerala. Selain saat liburan musim panas sekolah, masyarakat juga merayakan Idul Adha pada saat ini,” ujarnya.

“Namun, karena ini adalah liburan musim panas pertama di mana penumpang dapat melakukan perjalanan ke India tanpa batasan perjalanan, permintaan dan harga selama waktu ini sangat tinggi.”

Karena harga tiket pesawat dari Ras Al Khaimah tidak sekompetitif bandara lain di UEA, klien Equator Travel Management dapat mengamankan kursi di penerbangan carter.

“Kami bertujuan untuk membantu orang melakukan perjalanan dengan harga yang baik setelah menghadapi tantangan selama tiga tahun,” tambahnya.

Menon mengatakan agensi tersebut juga bekerja untuk mengatur penerbangan kembali untuk set penumpang yang sama.

 ilustrasi

Afi Ahmed, direktur pelaksana Smart Travels, mengatakan agensi mereka juga merencanakan operasi sewaan ke kota-kota di sektor Kerala Kozhi dan Kozhikode, India pada 5, 6 dan 7 Juli. Agensi berencana membebankan biaya kepada penumpang sekitar Dh 1.150 atau Rp4,6 juta untuk tiket sekali jalan.

“Kami sedang menunggu persetujuan dari maskapai penerbangan dan otoritas penerbangan sipil, yang akan kami terima dalam satu atau dua hari. Tujuan utama kami adalah membantu orang-orang yang tidak dapat melakukan perjalanan selama tiga tahun terakhir karena tarifnya sangat tinggi. Sebagian besar kelompok berpenghasilan menengah ke bawah tidak mampu melakukan perjalanan selama ini mengingat tingginya harga,” jelas Ahmed.

Banyak agen lain di UEA merencanakan operasi sewaan serupa untuk membantu penumpang melakukan perjalanan pulang selama liburan dengan harga terjangkau.

Dalam wawancara sebelumnya dengan Khaleej Times, Rupinder Brar, direktur jenderal di Kementerian Pariwisata India berharap pemerintahnya dengan UEA akan bekerja untuk menambah lebih banyak penerbangan di sektor ini pasca-pandemi.

“Kami mencari permintaan yang jauh lebih kuat yang mendorong lebih banyak penerbangan karena pada akhirnya, itu semua adalah formula permintaan dan penawaran. Jadi, kami menantikan lebih banyak penerbangan yang bekerja di antara kedua wilayah saat kami melihat dunia pasca-Covid.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini