Share

5 Fakta Stasiun Gambir Bakal Pensiun Layani KA Jarak Jauh, Dialihkan ke Manggarai

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 406 2612249 5-fakta-stasiun-gambir-bakal-pensiun-layani-ka-jarak-jauh-dialihkan-ke-manggarai-s5qS15klLK.jpg Fakta Stasiun Gambir pensiun (Okezone.com/Dede)

MENGULAS 5 fakta Stasiun Gambir dikabarkan pensiun. Soal Stasiun Gambir, Jakarta Pusat yang bakal tak lagi melayani perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dan akan difungsikan untuk KRL sempat ramai jadi perbincangan.

Memang pemerintah sudah merencanakan pemindahan layanan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai. Sementara Stasiun Gambir akan difungsikan untuk melayani penumpang KRL. Tapi, targetnya terealisasi pada 2025.

 BACA JUGA: Dear Traveler, Stasiun Gambir Kini Masih Layani Kereta Jarak Jauh

Jadi, sebelum sebelum siap Stasiun Manggarai siap melayani KA Jarak Jauh, maka Stasiun Gambir masih terus berfungsi seperti sedia kala. Artinya belum pensiun.

 

Berikut 5 fakta Stasiun Gambir yang dikabarkan pensiun.

1. Dialih Fungsikan

Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus, mengatakan jika Stasiun Gambir hanya dialih fungsikan. Lantaran adanya proyek pemerintah Manggarai-Cikarang, maka Stasiun Gambir akan menjadi stasiun sentral yang melayani kereta jarak jauh, KRL, dan KA Bandara.

 BACA JUGA:Stasiun Gambir Pensiun Layani KA Jarak Jauh, Begini Sejarahnya

2. Masih Beroperasi

Faktanya, sampai saat ini Stasiun Gambir masih beroperasi seperti biasa. Untuk kamu yang sudah memesan tiket kereta api jarak jauh tidak perlu khawatir. Sebab kabar Stasiun Gambir pensiun tidaklah benar.

3. Difokuskan untuk Melayani KRL

Ke depannya, Stasiun Gambir akan lebih diprioritaskan untuk pelayanan KRL (Kereta Rel Listrik). Nantinya kereta jarak jauh bakal berhenti di Stasiun Manggarai.

4. Masih Melayani Perjalanan Jarak Jauh

Meski difokuskan untuk melayani KRL, namun sampai saat ini Stasiun Gambirtetap beroperasi sebagai salah satu akses masuk dan keluar Jakarta.

 ilustrasi

5. Tak Usah Khawatir

Adanya pembangunan di Stasiun Manggarai masih belum dipastikan kapan akan selesai. Oleh karena itu para pengguna kereta api masih bisa melakukan perjalanan kereta api jarak jauh dari Stasiun Gambir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini