Share

Mengenal Festival Isen Mulang, Pesta Rakyat Palangka Raya yang Pecahkan Rekor MURI

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 406 2612433 mengenal-festival-isen-mulang-pesta-rakyat-palangka-raya-yang-pecahkan-rekor-muri-81zcq3VmGB.JPG Festival Isen Mulang khas Dayak di Palangka Raya, Kalteng (Foto: Instagram/@kemenparekraf.ri)

INDONESIA terkenal kaya akan kebudayaan dan adat istiadatnya, di mana banyak masyarakat yang masih melestarikan tradisi tersebut.

Salah satunya masyarakat di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang setiap tahunnya melaksanakan Festival Isen Mulang yang menampilkan adat dan budaya mereka sebagai masyarakat Dayak.

Untuk diketahui, pagelaran seni tersebut telah berlangsung sejak tahun 1993 dan menjadi salah satu event resmi dalam rangka merayakan HUT Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pada penyelenggaraan tahun ini, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dilangsungkan secara hybrid pada 17-22 Mei 2022 lalu yang juga turut serta melibatkan 14 kabupaten/kota di seantero Kalteng.

FBIM tahun 2022 mengolaborasikan unsur budaya Dayak dengan sentuhan modern dengan menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari lomba tradisional hingga acara kulineran.

Seluruh gelaran acara tersebut penuh dengan tradisi adat, di mana FBIM selalu dibuka dengan pemukulan Gandang Tatau dan Penabuhan Katambung yang merupakan alat musik tradisional masyarakat setempat.

Yang menarik pada gelaran tahun ini, Festival Budaya Isen Mulang berhasil memecahkan rekor muri pada salah satu sub-event-nya yang bernama Mangenta, yakni sebuah festival masak yang mengolah kuliner khas Kalimantan Tengah.

Mangenta di FBIM 2022 yang berlangsung di Bundaran Besar Palangka Raya diikuti sebanyak 1043 orang, sehingga menjadi gelaran Mangenta dengan jumlah peserta terbanyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini