Share

Mantap! Festival Penyu Mampie Bangkitkan Pariwisata Polewali Mandar

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 406 2612450 mantap-festival-penyu-mampie-bangkitkan-pariwisata-polewali-mandar-75DgXosUm3.JPG Festival Penyu di Pantai Mampie, Polewali Mandar, Sulbar (Foto: Diskominfo Polman)

GELARAN Festival Penyu di Pantai Mampie, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, diharapkan dapat membangkitkan sekror pariwisata di daerah itu.

"Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung dan ikut serta memeriahkan Festival Penyu Mampie 2022," kata Ketua Sahabat Penyu Polewali Mandar, Muhammad Yusri.

Festival Penyu Mampie 2022 yang mengusung tema 'Kembali ke Laut' berlangsung selama tiga hari, yakni mulai 14-16 Juni 2022.

Festival tersebut merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan dan penyu di Kabupaten Polewali Mandar, bertempat di kawasan Rumah Penyu Pantai Mampie, Kecamatan Wonomulyo.

Festival Penyu Mampie 2022, lanjut Muhammad Yusri, menjadi nilai tambah dan daya tarik untuk melakukan kegiatan berikutnya.

Infografis Destinasi Super Prioritas

"Festival penyu ini merupakan salah satu tempat kampanye isu-isu lingkungan, khususnya pelestarian penyu," ujarnya.

"Kami kemas berbentuk festival, karena dengan festival banyak orang yang bisa terlibat, mulai dari anak-anak sampai orang tua yang ikut meriahkan. Oleh karena itu, kami sosialisasi pelestarian lingkungan melalui festival penyu," terang Muhammad Yusri.

Salah satu wisatawan Jimmi Boy berharap, melalui festival penyu yang diselenggarakan di Pantai Mampie tersebut, masyarakat mampu lebih menjaga kebersihan laut, bukan hanya masyarakat Mampie tetapi di seluruh dunia.

"Saya berharap dengan festival penyu ini, kita sebagai manusia bisa menjaga kebersihan laut, bukan hanya di Mampie tetapi di seluruh dunia. Semoga dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, mampu diterapkan oleh masyarakat lain di seluruh dunia," tutur Jimmi Boy.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Polewali Mandar Abdul Jalal menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana pada kegiatan tersebut.

Ia berharap, melalui Festival Penyu Mampie 2022 tersebut, mampu menambah objek wisata yang ada di Kabupaten Polewali Mandar serta tetap menjaga kelestarian lingkungan, khususnya pelestarian pada lingkungan laut.

"Mudah-mudahan dengan festival penyu kali ini dapat menambah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Polewali Mandar," ujar Abdul Jalal.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Selain menambah objek wisata ia juga berharap, dapat juga membudidayakan penyu agar lestari di sepanjang masa, sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan tentunya, khususnya lingkungan laut.

"Satu hal yang menggembirakan pada festival kali ini, kita kedatangan salah satu mahasiswa Amerika. Hal ini menandakan bahwa Festival Penyu ini, tidak hanya dikenal secara nasional, tetapi ini sudah internasional," urainya.

"Semoga ke depan, festival penyu ini dapat lebih dikenal di seluruh dunia," kata Abdul Jalal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini