Share

Traveler Kini Bisa Ajukan Visa untuk Mengunjungi Tunangan di Jepang, Ini Syaratnya

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 549 2612527 traveler-kini-bisa-ajukan-visa-untuk-mengunjungi-tunangan-di-jepang-ini-syaratnya-1CIdOw6qj0.jpg Ilustrasi visa (dok Freepik)

BAGI traveler asing yang memiliki tambatan hati di Jepang kini bisa mengajukan visa khusus loh. Visa khusus itu untuk mengunjungi tunangan yang berada di Jepang sejak 1 Juni 2022.

Melansir SoraNews, Kementerian Luar Negeri Jepang merilis pernyataan tentang kelayakan yang diperbarui untuk warga negara asing yang memasuki Jepang.

infografis

Pada dasarnya, perjalanan ke Jepang terbatas pada mereka yang memiliki "keadaan luar biasa khusus," yaitu untuk tujuan mengunjungi kerabat/kenalan (dalam hal mengunjungi kenalan, hanya warga negara asing yang memiliki hubungan sederajat dengan kerabat, atau yang diakui perlunya mengunjungi Jepang)."

Jadi apa saja yang memenuhi syarat sebagai "seorang kenalan yang setara dengan kerabat?" Berdasarkan keterangan resmi Badan Layanan Imigrasi, bagian dari Kementerian Kehakiman Jepang, "Warga negara asing yang memiliki hubungan dengan orang yang tinggal di Jepang setara dengan kerabat seperti yang tercantum di bawah ini: tunangan dan "perkawinan secara hukum."

Aturan ini menjadi perkembangan besar bagi pasangan internasional. Jepang sebelumnya tidak memperpanjang kelayakan masuk pada non-penduduk dalam hubungan jarak jauh dengan penduduk Jepang selama pandemi.

Syarat warga negara asing yang memiliki hubungan dengan seseorang yang tinggal di Jepang menunjukkan bahwa tunangan di Jepang tidak harus warga negara itu. Jadi, jika Anda bertunangan dengan penduduk asing di Jepang, Anda juga memenuhi syarat untuk visa pengunjung.

Meski demikian, patut diingat jika semua non-penduduk Jepang yang ingin masuk ke negara tersebut saat ini diharuskan mengajukan visa.

Jadi, Anda harus berkonsultasi dengan kedutaan atau konsulat Jepang terdekat sebelum memesan tiket pesawat untuk datang mengunjungi tunangan Anda yang tinggal di Negeri Matahari Terbit.

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa baik Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Kehakiman Jepang tidak menentukan kriteria apa yang harus dipenuhi untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar bertunangan atau dalam pernikahan menurut hukum. Kemungkinan yang diperlukan adalah bukti sejak kapan pertunangan tersebut dilaksanakan.

Pihak tuan rumah di Jepang juga akan diminta mengajukan formulir undangan tertulis resmi mengenai pelancong luar negeri yang akan mengunjungi mereka.

Bahkan, diperlukan janji tertulis tentang tindakan pencegahan infeksi virus corona baru, potensi prosedur karantina rumah, dan mengonfirmasi bahwa tujuan dari kunjungan pemohon bukan untuk pariwisata.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini