Share

Yuk Cobain 25 Makanan Khas Bogor yang Bikin Nagih, Ini Daftarnya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 301 2613365 yuk-cobain-25-makanan-khas-bogor-yang-bikin-nagih-ini-daftarnya-HNAfZ86rbY.jpg Asinan Bogor (Instagram)

BERIKUT 25 makanan khas Bogor yang wajib Anda. Bogor merupakan kabupaten dan kota di Jawa Barat yang terkenal sebagai daerah wisata. Pemandangan alamnya sangat bagus dan hawanya sejuk.

Tak heran jika banyak pengunjung dari luar kota ingin berlibur ke Bogor. Selain untuk menikmati keindahan alamnya, para wisatawan juga ingin mencicipi kuliner khas Bogor yang beraneka ragam.

Jika anda penasaran, berikut adalah 25 makanan khas Bogor yang wajib anda coba. Yuk simak!

 BACA JUGA: 14 Makanan Khas Ciamis yang Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Ketagihan

25 Makanan Khas Bogor

1. Soto Mie

Bagi yang sudah sering ke Bogor pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini. Soto mie merupakan makanan berkuah coklat sedikit kemerahan dengan isian mie kuning dan bihun. Tak hanya itu saja, dalam satu mangkuk soto mie anda juga akan menemukan irisan daging sapi, irisan kol, potongan tomat, dan kuah yang light.

 ilustrasi

 Soto mie Bogor

2. Bapatong

Asing dengan nama ini? Bapatong merupakan singkatan dari Bakso, Kupat, Gentong. Seperti namanya, makanan berkuah ini berisi campuran dari ketiga bahan tersebut. Kuah gurih nan hangat ini tentu cocok dinimkati di tengah dinginnya kota Bogor.

3. Soto Kuning

Seperti namanya, soto kuning memiliki kuah berwarna kuning yang pekat. Warna ini berasal dari kunyit yang dicampur dengan santan dan campuran rempah-rempah lainnya. Jadi anda akan merasakan kuah yang terasa otentik dan tentunya lezat. Ditambah lagi campuran soto yang terdiri dari babat, kikil, dan daging sapi.

4. Laksa

Laksa khas Bogor tentu berbeda dengan laksa dari Singapura, ya. Makanan yang satu ini terbuat dari perpaduan kuah kuning dan santan, sehingga cita rasa yang dihasilkan terasa gurih dan segar. Ditambah lagi isiannya yang komplit, seperti tauge rebus, ketupat, oncom, suwiran ayam, potongan telur, dan daun kemangi.

5. Toge Goreng

Meski penampilannya begitu sederhana, namun toge goreng dijamin bisa menggoyang lidah anda. Toge goreng terbuat dari toge yang direbus lalu dimasak bersama oncom, daun kucai, dan mie kuning. Campuran bumbu yang digunakan adalah campuran oncom dan tauco sehingga menghasilkan cita rasaa yang legit dan gurih.

 ilustrasi

6. Asinan Khas Bogor

Makana khas Bogor yang paling terkenal selain soto mie adalah asinan khas Bogor. Dalam satu porsi asinan, anda akan menemukan berbagai macam potongan buah yang dicampur bersama kuah asam manis. Penyajiannya biasanya ditambahkan dengan kerupuk mie kuning yang renyah.

7. Doclang

Doclang merupakan makanan yang cukup sederhana. Makanan ini merupakan campuran dari potongan tahu, kentang, dan juga lontong yang disiram dengan kuah kacang. Tak lupa diberi toping kerupuk yang renyah. Sekilas mirip gado-gado, ya? bedanya doclang tidak ditambah sayuran.

8. Cungkring

Namanya cukup unik, ya. Cungkring adalah makanan khas Bogor yang terbuat dari bibir sapi, otot kaki sapi, peyek tempe, dan potongan lontong. Bahan-bahan tersebut lalu disiram dengan saus kacang dan kecap manis. Perpaduan yang nikmat, anda wajib coba.

 

9. Es Pala

Meski Bogor terkenal kota yang dingin nan sejuk, tak ada salahnya anda untuk mencoba es pala khas Bogor. Es ini memiliki banyak khasiat kesehatan untuk tubuh loh.

10. Kacang Bogor

Kacang Bogor tidak sama dengan kacang tanah lainnya, loh. Kacang ini biasanya diolah dengan cara direbus atau digoreng. Anda bisa menemukan penjual kacang Bogor di sepanjang jalan.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

11. Asinan Jagung Bakar

Lagi-lagi asinan. Bogor memang tak pernah gagal dalam olahan asianan. Salah satunya asinan jagung bakar yang terdiri dari irisan timun, jagung yang telah dibakar, gula, dan sedikit garam. Kuahnya terasa segar, gurih, pedas, dan manis.

12. Ubi Bakar Cilembu

Jika anda mampir ke daerah Puncak, jangan lupa untuk membeli ubi bakar Cilembu. Ubi yang satu ini berbeda dengan ubi yang lain. Rasanya begitu manis seperti madu dan teksturnya lembut.

13. Pepes Sagu

Rasa legit dari pepes sagu bisa membuat anda ketagihan. Pepes sagu memiliki cita rasa yang manis dan legit. Ada banyak varian pepes sagu yang bisa anda coba, seperti pepes sagu pisang atau pepes sagu nangka.

14. Dodongkal

Makanan ringan yang satu ini cocok dinikmati dikala hujan dan udara dingin. Dodongkal terbuat dari campuran gula merah dan tepung beras campur kelapa. Sehingga rasanya manis gurih.

15. Bir Kotjok Bogor

Meski memiliki nama bir, namun minuman ini tidak ada alkoholnya sedikit pun. Sebaliknya, minuman ini terbuat dari berbagai macam rempah, seperti jahe, kayu secang, kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Bir Kotjok bahkan dianggap memiliki khasiat untuk kesehatan.

 ilustrasi

16. Ayam Goreng Aroma

Ayam Goreng Aroma berasal dari sebuah resto di Taman Kencana Bogor. Sajian ayam disini begitu khas dengan cita rasa gurih dan wangi rempah.

17. Mie Janda

Janda yang dimaksud adalah akronim dari Jawa Sunda. Olahan mie ini sudah cukup populer dengan cita rasanya yang lezat. Mie Janda memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, serta tambahan toping yang lengkap.

18. Bakso Setan

Bakso merupakan kuliner yang populer di setiap daerah, salah satunya Bogor. Disini terdapat warung bakso setan yang memiliki cita rasa gurih dan segar. Porsinya cukup jumbo dengan toping melimpah.

19. Sate Sumsum dan Ginjal Sapi

Salah satu varian sate yang harus anda cicipi di Bogor adalah sate sumsum dan ginjal sapi. Dengan aroma yang menggugah selera dan rasa gurih serta kenyalnya akan membuat anda ketagihan kuliner khas Bogor ini.

20. Talas Bogor 

Talas merupakan salah satu komoditas khas Bogor yang sangat populer. Banyak makanan yang berbahan dasar talas, contohnya adalah brownies. Anda juga bisa mengolah sendiri talas mentah khas Bogor ini loh.

21. Roti Unyil

Bentuknya yang mini menjadi salah satu ciri khas Roti Unyil. Dalam satu boxnya, anda bisa mencicipi berbagai macam varian rasa. Cocok dijadikan oleh-oleh.

22. Pia Apple Pie

Pia yang satu ini biasa dijadikan oleh-oleh karena merupakan jajanan ringan. CIta rasanya juga tidak perlu diragukan lagi.

23. Pangsit Pengantin 

Dulunya, pangsit pengantin disajikan untuk kawula muda yang tengah dimabuk cinta. Namun, kali ini anda sudah bisa menemukan pangsit pengantin dimana-mana. Rasanya gurih dan sedap.

ilustrasi

24. Ceker Ranjau 

Olahan ceker dengan bumbu pedas bisa menjadi salah satu pilihan kuliner anda di Bogor. Ceker ranjau ini terasa pedas dan nikmat karena disajikan kuah kari pedas dan nasi hangat.

25. PapaPia

Satu lagi kuliner khas Bogor yang bisa anda cicipi maupun dijadikan oleh-oleh. PapaPia menyajikan jajanan dengan cita rasa yang lezat.

Demikian 25 Makanan Khas Bogor yang bisa anda coba. Semoga menginspirasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini