Share

Jelajah Desa di Kulon Progo Naik Ontel, Disambut Matahari hingga Jajal Nasi Daun Jati

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 406 2613583 jelajah-desa-di-kulon-progo-naik-ontel-disambut-matahari-hingga-jajal-nasi-daun-jati-Y1SNUIVb3Y.jpeg Jelajah desa di Kulon Progo dengan sepeda ontel (MPI/Sukardi)

SEGUDANG aktivitas seru bisa Anda jajal jika berlibur di Kulon Progo. Kabupaten paling barat di Daerah Istimewa Yogyakarta ini punya banyak spot menarik yang bisa dinikmati bahkan bikin Anda tak mau pulang, salah satunya adalah menjelajahi Desa Temon dengan keunikannya tersendiri.

Ya, aktivitas keliling Desa Temon bisa jadi alternatif liburan, terlebih jalan-jalannya naik sepeda ontel. Pengalaman yang tak terlupakan dijamin bakal Anda dapatkan.

 BACA JUGA: Melebur Kulon Progo dengan Modernisasi ala Hotel Bintang 4+, Seperti Apa Jadinya?

MNC Portal berkesempatan untuk menjajalnya di acara Media Trip with Grand Dafam Signature International Airport Yogyakarta. Sebab, Anda tak hanya dibawa untuk jadi warga lokal sembari menikmati udara Kulon Progo yang masih sejuk nan asri, tapi juga bakal menjajal makanan khas yang jadi bagian dari kearifan lokal Kulon Progo.

 ilustrasi

Naik ontel di Kulon Progo (MPI/Sukardi)

Aktivitas dimulai dengan melewati jalanan warga yang di kanan kirinya terhampar sawah nan hijau dengan udara sejuk. Kemudian, sepeda akan memasuki area semi hutan yang ditumbuhi pepohonan tinggi menjulang. Lalu, Anda akan melihat aliran sungai yang indah pun menikmati kereta api yang mungkin terkesan biasa, tapi entah bagaimana di sesi ini jadi istimewa.

Di tengah perjalanan, Anda bisa berhenti untuk sarapan. Salah satu pilihan yang bisa dicoba adalah rumah makan Sego Berkat Pare Anom Bu SPA. Di sini, wisatawan tak hanya bisa makan menu khas Kulon Progo, tapi bisa melihat proses pembuatannya di dapur. Sensasi liburan yang menyenangkan, bukan?

 BACA JUGA: Serunya Menjajal Jeep Adventure ke Kalibiru Kulon Progo, Uji Nyali Sambil Menikmati Alam!

Menariknya, di rumah makan ini Anda akan disuguhkan dengan minuman bernama 'Wedang Rempah' yang rasanya sangat khas. Minuman ini bukan hanya enak di lidah, tapi punya banyak manfaat.

"Wedang rempah adalah minuman tradisional yang tak hanya menghangatkan tubuh, tapi dipercaya bisa meningkatkan imunitas karena kandungan rempah-rempahnya," kata Sri Puji Astuti, pemilik rumah makan.

Kenyang makan nasi berkat, wisatawan bisa melihat-lihat proses pembuatan kopra atau kelapa kering yang merupakan bahan dasar virgin coconut oil. Anda akan dibuat takjub dengan proses pembuatan kopra yang dikerjakan oleh para ibu-ibu super.

 ilustrasi

Puas dengan pengalaman jadi warga lokal, wisatawan akan kembali ke penginapan. Tapi, sinar matahari yang semakin terasa hangat membuat perjalanan pulang terasa lebih menyenangkan. Ditambah lagi keindahan alam yang terhampar di depan mata.

Jika Anda berkesempatan menjajal aktivitas ini, jangan ragu untuk sekadar berhenti di tengah perjalanan lalu mengabadikan momen dengan berfoto di tengah sawah misalnya. Menyenangkan, bukan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini