Share

24 Oleh-Oleh Khas Malang yang Hits, Wajib Dibawa Pulang!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 301 2614200 24-oleh-oleh-khas-malang-yang-hits-wajib-dibawa-pulang-yPKnuwwzGm.jpg Keripik tempe salah satu oleh-oleh khas Malang (Instagram @siriustempe)

OLEH-oleh khas Malang identik dengan apel, bahkan kota ini mendapat julukan Kota Apel sejak lama. Selain buah apel, ternyata banyak juga makanan-makanan khas dari Malang yang patut dicoba.

Tak jarang wisatawan pun memborong beragam makanan ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh usai liburan. Terlebih harganya cukup terjangkau. Selain makanan, ada pula pajangan hingga baju yang cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan. Apa saja?

Berikut telah MNC Portal Indonesia rangkum 24 oleh-oleh khas Malang yang paling enak dan hits, wajib dibawa pulang!

1. Apel Malang

Malang memang dikenal dengan buah apelnya. Jadi tidak heran jika apel dijadikan pilihan utama sebagai oleh-oleh khas Malang. Apel malang terdiri dari dua jenis, yaitu apel manalagi yang berbentuk bulat serta warna hijau dengan rasa yang manis segar dan jenis apel ana yang berbentuk sedikit lonjong dengan semburat warna merah serta cita rasa sedikit asam yang khas.

Buah apel ini sangat mudah ditemui di Malang. Tidak hanya di pasar saja, beberapa kawasan agrowisata, toko pusat oleh-oleh khas Malang, hingga pinggir jalan pun bisa Anda dapatkan.

2. Sari Apel

Selain buah apel, Anda juga bisa membawa pulang sari buah apel yang sudah dimasukan ke dalam kemasan cup atau botol. Cita rasa yang disajikan adalah cita rasa asli dari buah apel khas Malang. Anda bisa menemukan oleh-oleh khas Malang murah ini di berbagai pusat oleh-oleh atau sekitar agrowisata.

 Ilustrasi

Sari apel

3. Keripik Buah

Keripik buah menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang yang bisa Anda bawa pulang. Ada berbagai jenis varian buah yang dijadikan keripik, mulai dari apel, nangka, salak, kelengkeng, rambutan hingga semangka. Cita rasanya pun tidak berbeda jauh dari buah yang asli. Seperti oleh-oleh lain, Anda juga bisa menemukan keripik buah di berbagai pusat oleh-oleh khas Malang.

4. Keripik Tempe

Tak hanya keripik buah saja, Malang juga memiliki keripik tempe dengan cita rasa yang enak dan renyah. Tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga kering ini memiliki berbagai macam varian ras, mulai dari rasa rumput laut, pizza, jagung manis, barbeque, hingga keju. Unik banget kan? Anda bisa dengan mudah menemukan keripik tempe ini di berbagai sudut kota Malang.

5. Keripik Ceker

Belum berhenti di sana, Malang juga terkenal dengan oleh-oleh keripik ceker yang rasanya renyah dan gurih nikmat. Keripik ceker dipercaya mengandung banyak kebaikan untuk tubuh seperti kolagen, kalsium dan asam amino. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Malang ini dengan berbagai ukuran kemasan di berbagai pusat toko oleh-oleh.

 BACA JUGA: 18 Oleh-Oleh Khas Semarang, dari Lumpia hingga Batik

6. Keripik Kentang Macan

Jajanan yang satu ini tak boleh terlewatkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Malang. Keripik kentang cap macan, jajanan ini memiliki rasa yang berbeda dengan keripik kentang biasanya. Bahan utamanya bukan kentang biasa, melainkan dari jenis umbi-umbian bernama gadung. Rasanya yang gurih dan renyah, dijamin bikin ketagihan!

 Ilustrasi

Keripik kentang (Freepik)

7. Olahan Telo di Pabrik Telo

Selain keripik kentang macan, ada juga salah satu olahan khas Malang yang terbuat dari umbi-umbian. Anda bisa menemukannya di Pabrik Telo. Di sini terdapat berbagai macam olahan berbahan dasar ubi, seperti pizza, es krim, keripik, dan lain-lain.

8. Pia Mangkok

Tidak hanya Jogja, Malang juga punya bakpia khas bernama Pia Mangkok. Makanan yang satu ini bisa bertahan hingga 2 minggu dari masa produksi dan sebaiknya Anda beli oleh-oleh ini sejak diproduksi. Ada beberapa varian rasa yang ditawarkan seperti durian, cokelat, kacang hijau dan keju. Rasa yang dihasilkan pun tidak kalah nikmat dengan bakpia khas kota wisata lain!

9. Malang Strudel

Bagi yang belum tahu, strudel adalah kue pastry yang dibuat berlapis-lapis dengan isi buah-buahan. Terdapat berbagai macam varian Malang Strudel yang bisa Anda coba, seperti apel, strawberry, dan pisang. Sudah banyak home industri yang memproduksi kemudian menjualnya di toko-toko sudut kota Malang. Dengan rasanya yang lezat dan khas, oleh-oleh ini bakal membuat Anda ketagihan!

10. Ledre Pisang Bangka

Ledre Pisang Bangka adalah makanan berbahan dasar pisang dengan cita rasa yang khas dan lezat. Makanan yang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman Anda. Tak perlu mengocek kantong dalam-dalam, harga camilan ini hanya dibanderol sekitar Rp42 ribu per kotak.

11. Madu Klanceng

Madu Klanceng memiliki karakteristik dan rasa khas yang berbeda dari madu lainnya. Tak hanya itu, terdapat banyak khasiat di balik madu yang manis ini. Harganya ditaksir sekitar Rp130.000 hingga Rp150.000. Jangan anggap mahal harganya, karena akan sebanding dengan khasiat yang dihasilkan. Pasalnya, madu ini bisa mengobati kanker dan meningkatkan kecerdasan otak.

12. Bakso Frozen

Selain terkenal dengan apelnya, Malang juga terkenal dengan kelezatan baksonya. Maka dari itu, saat ini sudah tersedia berbagai jenis bakso Malang frozen yang bisa Anda bawa pulang, seperti bakso halus, bakso urat, dan bakso pangsit. Selain bakso beku yang tahan sampai hitungan bulan jika disimpan di dalam lemari es, biasanya mereka juga menyediakan bumbunya. Nantinya, Anda bisa membuat bakso Malang sendiri di rumah.

13. Makobu Cake

Selain Asix Cake, ada juga Makobu Cake yang juga banyak diminati oleh wisatawan ketika pergi ke Malang. Terdapat berbagai macam varian rasa dan jenis kue yang bisa Anda bawa pulang. Antara lain Castella Cheese, Castella Chocolate, Castella Cappuccino, Castella Banana Crunchy, Castella Blueberry, dan Castella Apple.

14. Bakpao Sayang

Bakpao Sayang memiliki tekstur yang lembut dengan isian yang banyak. Tak heran jika bakpao yang satu ini sering dijadikan buruan para wisatawan. Bakpao Sayang memiliki berbagai jenis varian yang bisa Anda coba, mulai dari kacang hijau, kacang hitam, kacang tanah, kacang merah, keju, dan berbagai macam selai seperti strawberry, blueberry, sarikaya, nanas. Oleh-oleh yang satu ini jsampai terlewatkan ya!

 Ilustrasi

Bakpao

15. Asix Cake

Asix Cake merupakan brand milik keluarga Anang Hermansyah dan Ashanty. Tak hanya menjual nama, Asix Cake ternyata memiliki cita rasa yang lezat. Tidak heran jika banyak wisatawan yang membeli kue ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Anda bisa memilih berbagai macam varian rasa dengan nama-namanya yang unik, seperti Anang Charcoal, Ash Kayagreen, Loly Rainberry Velvet, Jielly Hazelin, Acio Chocolava, dan Acabi Chizmelt. Kuenya berbentuk mirip bolu lapis dengan taburan toping di atasnya seperti cokelat atau keju. 

16. Queen Apple

Farah Quinn juga ikut meramaikan bisnis kue artis kekinian di Malang. Dia membuka toko kue Queen Apple, jenis kue yang diproduksi ada dua, yaitu bolu dan strudel. Varian rasanya cukup banyak, untuk bolu ada Cinnamon, Cheese, Chocolate, Vanilla, Mango, Durian, Kurma, Jackfruit, Milk, Vla, Almond, Raisins serta Pineapple.

17. Puthu Lanang Celaket

Puthu Lananng memiliki cita rasa yang legit dan gurih. Kue tradisional ini sering menjadi incaran para wisatawan karena cita rasanya yang lezat dan juga harganya yang murah. Sesuai dengan namanya, warung makanan tertua legendaris ini menyuguhkan menu utama berupa kue putu yang terkenal dengan rasa legit dengan taburan kelapa parut segar. Selain itu, ada pula cenil, lupis, dan klepon. Tentu saja rasa dari semua makanan tersebut sangat lezat dengan komposisi yang pas dan rasa manis khas dari gula Jawa.

18. Jenang Apel

Selain diolah menjadi sari buah dan keripik, apel ternyata bisa dibuat jenang atau dodol. Makan ini memiliki cita rasa yang manis dan legit khas jenang, ditambah sensasi rasa apel didalamnya. Kebayang nggak?

19. Onde-onde HTS

Onde-onde HTS adalah salah satu makanan yang sudah melegenda di Malang. Terdapat tiga varian rasa yang bisa Anda coba, yaitu kacang hijau, kacang merah, dan coklat. Rasa onde-ondenya sangat enak dan empuk dengan isiannya yang manis dan pas, apalagi jika dimakan selagi masih hangat. Pasti jadi lebih mantap!

20. Malang Carang Mas

Malang Carang adalah makanan berbahan dasar ubi jalar dan gula aren. Makanan ini berbentuk unik seperti mie dan memiliki cita rasa manis yang enak dan legit. Jajanan ini cocok untuk dijadikan sebagai camilan ataupun suguhan tamu di hari-hari atau acara tertentu.

21. Cokelat Tempe

Coklat tempe memiliki cita rasa yang unik, yaitu perpaduan manisnya coklat dan gurihnya tempe. Ada sekitar lima varian rasa Cokelat Tempe, antara lain milk, coklat, pedas, apel dan stroberi.

 Ilustrasi

22. Lapis Malang

Lapis Malang adalah salah satu jenis kue bolu yang dikukus atau dibakar dengan aneka macam topping. Rotinya yang berlapis-lapis dan berbeda warna menjadi ciri khasnya, dan karena inilah nama kue tersebut adalah Lapis Malang. Lapis Malang memiliki cita rasa yang manis dan legit dengan tekstur yang empuk. Terdapat berbagai macam varian rasa yang bisa Anda coba, mulai dari cokelat, keju, hingga original.

23. Keramik Dinoyo

Selain makanan, Anda juga bisa membawa pulang keramik dinoyo sebagai oleh-oleh khas Malang. Berbagai jenis keramik yang dijajakan meliputi mug, teko set, hiasan rak, vas bunga, hingga guci. Menariknya, beberapa toko akan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan sensasi membuat keramik sendiri. Selain itu, Anda juga dapat melihat deretan galeri yang memajang kerajinan keramik yang dibuat oleh para perajin.

24. Kaos Malang

Tak hanya keramik, Anda juga bisa membeli kaos dengan sablonan khas Malang. Mirip seperti Jogja yang punya kaos Dagadu dan Bali dengan kaos Jogernya, Malang juga memproduksi kaos khas yang dikenal dengan sebutan soak Ngalam. 

Kaos Malang ini identik dengan sablon bertuliskan bahasa walikan yang diadopsi sebagai 'bahasa gaulnya' warga Malang. Tak cuma dari segi desain yang nyentrik, material kain yang digunakan tergolong nyaman dengan harga cukup terjangkau. (sal)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini