Share

Lezatnya Wisata Kuliner Legendaris Soto Klethuk Mbah Gowak, Bikin Nagih!

Heri Purnomo, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 301 2614551 lezatnya-wisata-kuliner-legendaris-soto-klethuk-mbah-gowak-bikin-nagih-VuqU62tpZz.jpg Soto Kletuk Mbah Gowak di Blora (dok iNews)

SOTO kletuk menjadi kuliner yang dapat dijumpai di Kabupaten Blora. Salah satu yang legendaris adalah Soto Kletuk Mbah Gowak karena berdiri sejak tahun 1953.

Soto Kletuk Mbah Gowak berada di Jalan Gunung Lawu Blora. Keberadaannya sangat terkenal karena memiliki cita rasa yang menggoyang lidah.

Seperti kebanyakan soto pada umumnya, Soto Kletuk Mbah Gowak memiliki bahan dasar yang sama, yakni mie putih dicampur dengan kecambah.

infografis

Namun di sini ditambah irisan ketela kecil-kecil yang dinamakan kletuk karena bunyinya saat dimakan.

“Irisan daging ayam kampung asli menjadi ciri khas soto ini. Kuah ayam dengan bumbu khas tempo dulu menambah kenikmatan,” kata salah satu penikmat Soto Kletuk Mbah Gowak, Pringgo.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Saat ini Soto Kletuk Mbak Gowak diteruskan oleh cucunya yang bernama Solikin. Menurut Solikin, nama Gowak diberikan orang Cina yang menjadi langganan soto kakeknya.

“Gowak berasal dari Bahasa Jawa, sego iwak atau nasi daging. Sementara, nama asli Mbah Gowak sendiri adalah Parto Pasiman," terang Solikin.

Sebelum terkenal, Soto Kletuk Mbah Gowak dulunya dijual dengan cara keliling kota. Pada tahun 1970, kakeknya berjualan di sebelah utara Alun-Alun Blora, tepatnya di barat rumah dinas bupati.

“Sejak tahun 2017 sampai saat ini, memutuskan untuk berjualan di Jalan Gunung Lawu, Kelurahan Tempelan Blora,” ujarnya.

Lezatnya Soto Kletuk Mbah Gowak terbukti dengan meraih juara satu lomba soto pada tahun 2007 dari Bupati Blora pada waktu itu. Meskipun sudah berusia satu abad lebih, namun Soto Kletuk Mbah Gowak tidak hilang pamornya.

Banyak pejabat di Blora yang masih menjadi langganan dari soto legendaris ini. Harganya yang terjangkau juga tidak membebani penikmat soto ayam. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini