Share

3 Wisata Kuliner Khas Kulon Progo yang Nagih Banget, Ada Dawet Rasa Pedas!

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 301 2614558 3-wisata-kuliner-khas-kulon-progo-yang-nagih-banget-ada-dawet-rasa-pedas-DgOMNcxmaq.jpg Dawet Sambel Kuliner Khas Kulon Progo (dok ANTARA)

TERDAPAT tiga wisata kuliner khas Kulon Progo, Yogyakarta yang nagih banget untuk dicobain.

Melansir ANTARA, tiga wisata kuliner khas tersebut telah ada sejak dahulu kala loh.

Berikut daftarnya:

Nasi Nuk Santri

Nasi nuk santri memiliki sejarah dan makna tersendiri. Ketua Desa Wisata Purwosari, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Kiswantoro mengatakan, nasi nuk santri adalah makanan untuk mengenang sebagian prajurit Pangeran Diponegoro.

 infografis

"Nuk santri adalah makanan yang mencerminkan kehidupan para prajurit Pangeran Diponegoro yang bersahaja dan sederhana," katanya.

Nasi nuk santri berisi nasi, tumis pepaya muda, urap, telur, dan tahu bacem. Rasanya gurih pedas. "Lauk kuliner nuk santri tidak ada yang digoreng. Semuanya diolah dengan cara direbus atau dibacem."

Geblek dan Sengek

Geblek dan sengek seolah tak terpisahkan. Dua kudapan ini lebih pas jika disantap bersama-sama. Geblek adalah makanan berbentuk angka delapan berwarna putih yang terbuat dari pati singkong. Teksturnya mirip cireng. Sementara sengek adalah tempe yang direbus dengan bumbu.

Dawet Sambel

Jika kamu berpikir semua dawet itu manis, di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, ada dawet yang rasanya pedas. Namanya dawet sambal. Isinya seperti cendol pada umumnya, namun cita rasanya pedas menyegarkan. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini