Share

Pesawat Berpenumpang 185 Orang Mendarat Darurat, Terdengar Suara Keras Sebelum Muncul Kobaran Api

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 406 2614574 pesawat-berpenumpang-185-orang-mendarat-darurat-terdengar-suara-keras-sebelum-muncul-kobaran-api-LyDX5WjSOQ.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@shirishjavalagi)

PESAWAT SpiceJet (SG 725) berpenumpang 185 orang yang bertolak dari Patna menuju Delhi terbakar di udara. Pesawat nahas itu lepas landas dari Bandara Patna sekitar pukul Minggu, 19 Juni 2022 sekira pukul 12.00 siang waktu setempat.

Kebakaran di dalam pesawat diketahui saat pesawat berada di antara Ka Gaul dan Phulwari Sharif yang berjarak 2 mil laut dari bandara Patna.

Pesawat Boeing 737-800 itu melakukan pendaratan darurat segera setelah api berkobar di dalam pesawat.

"Pesawat mendarat dengan selamat di bandara Patna setelah asap terlihat dari salah satu mesin sisi kiri pesawat. Kemungkinan api berasal dari burung yang menabrak mesin atau karena kesalahan teknis. Masalah sedang diselidiki," kata Chandrashekhar Singh, hakim distrik Patna, dikutip dari Hindustan Times.

Infografis Turbulensi Pesawat

"Semua penumpang selamat," tambah Singh.

Burung dianggap jadi penyebab masalah ini karena ada rumah potong hewan terbuka di dekat bandara Patna, sehingga burung banyak berkeliaran di sekitar bandara.

Masalah ini bukan kali pertama terjadi, bahkan pertemuan komite lingkungan dengan pemerintah Bihar pernah dilakukan untuk membahas hal ini lebih lanjut.

"Tapi sayang, tidak ada hasil pasti yang sudah dilakukan," kata pejabat maskapai. Sampai akhirnya musibah pesawat terbakar di udara kembali terjadi, untung semua penumpang selamat.

Di sisi lain, menurut penuturan penduduk yang tinggal di dekat bandara, di Pulwarisharif, sebelum pesawat terbakar di udara, mereka mendengar suara keras terlebih dulu sampai akhirnya muncul asap mengepul di udara yang keluar dari pesawat.

"Saya melihat percikan api terbang dari salah satu mesin di bawah sayap kiri pesawat segera setelah lepas landas," kata Gurav, seorang penumpang pesawat.

Sungguh disayangkan, usai kejadian ini pihak manajer stasiun SpiceJet Syed Hassan dan Direktur Bandara Patna Anchal Prakash tidak menanggapi panggilan wartawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini