Share

Yuk Coba 25 Makanan Khas Solo, Dijamin Bikin Ketagihan!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 301 2615594 yuk-coba-25-makanan-khas-solo-dijamin-bikin-ketagihan-djHUxnBGOG.jpg Selat Solo, salah satu makanan khas Solo yang populer (Traveldudes)

TERDAPAT 25 makanan khas Solo ini harus anda coba saat bertandang ke kota ini. Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal akan budayanya yang masih kental.

Tak heran jika kota Solo dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata banyak orang. Selain memiliki kebudayaan yang masih kental, Solo juga memiliki banyak kudapan dengan cita rasa yang lezat.

Penasaran dengan makanan lezat dari Solo? Simak 25 makanan khas Solo yang wajib anda coba.

25 Makanan Khas Solo

1. Selat Solo

Kudapan khas Solo yang satu ini terbuat dari olahan daging sapi. Sekilas, Selat Solo terlihat mirip seperti bistiknya orang Eropa. Namun cita rasanya sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia. Seporsi Selat Solo biasanya disajikan bersama wortel, tomat, buncis, ketang, dan telur yang direbus.

 ilustrasi

Selat Solo 

2. Timlo

Primadona kuliner khas Solo selanjutnya adalah Timlo. Timlo disajikan bersama suwiran daging ayam, pindang kecap, sosis solo, ati ample, wortel, yang kemudian disiram dengan kuah kaldu. Tak hanya itu, seporsi Timlo biasanya juga disajikan bersama nasi putih hangat.

 BACA JUGA:Yuk Cobain 25 Makanan Khas Bogor yang Bikin Nagih, Ini Daftarnya

3. Nasi Liwet

Sajian yang satu ini memang mirip dengan nasi uduk. Nasinya terasa gurih lengkap dengan tambahan toping yang beraneka ragam. Seperti sayur dan areh. Biasanya Nasi Liwet disajikan di atas daun pisang yang membuatnya semakin menggugah selera.

4. Serabi

Selain makanan berat, Solo juga terkenal akan jajanan khasnya. Salah satu jajanan khas Solo adalah Serabi. Serabi adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras. Cita rasanya gurih dan manis serta bertekstur lembut.

 ilustrasi

Serabi

5. Tengkleng Kambing

Pecinta daging kambing wajib untuk mencoba makanan yang satu ini. Tengkleng Kambing disajikan bersma kuah yang hangat dan sedikit encer. Di dalamnya juga terdapat potongan tulang dan daging kambing yang tentunya sangat lezat.

6. Soto Gading

Soto Gading khas Solo ini memiliki cita rasa yang berbeda dari soto-soto lainnya. Kuliner yang satu ini memiliki kuah yang kental dengan rasa yang gurih dan segar. Isiannya pun lengkap, mulai dari daging ayam, potongan kentang, tauge, tomat, dan taburan bawang goreng.

 BACA JUGA:Cobain 13 Makanan Khas Tasikmalaya yang Bikin Nagih Yuk!

7. Tahu Kupat

Makanan khas Solo yang satu ini terbuat dari tahu dan kupat. Persis seperti namanya. Sebelum disajikan, tahu putih ini akan digoreng terlebih dahulu lalu diiris tipis kemudian dicampur bersama bumbu-bumbu dan bahan lainnya. Dalam satu porsi tahu kupat biasanya terdiri dari tahu, kupat, mie, tauge, dan kol yang disiram saus kacang.

 ilustrasi

Tahu kupat (Solopos)

8. Sate Buntel

 

Buntel dalam bahasa Indonesia berarti bungkus. Jadi Sate Buntel adalah sate yang dibungkus. Sajian ini terbuat dari daging kambing yang dicincang hingga lembut lalu “dibuntel” hingga padat.

9. Tahok

Mungkin anda tidak asing dengan tampilan Tahok. Tahok adalah kembang tahunya Solo. Satu porsi Tahok disajikan dengan siraman kuah panas yang terbuat dari jahe, pandan, sereh, gula merah, dan daun jeruk. Cita rasanya sangat lezat, lembut dan lumer.

10. Soto Kwali

Seperti namanya, soto yang satu ini disajikan di dalam kwali kecil. Kwali adlaah tungku yang terbuat dari tanah liat. Sajian Soto Kwali memiliki aroma yang khas. Kuahnya bening dan disajikan bersama irisan sapi.

11. Brambang Asem

Brambang Asem memiliki cita rasa pedas. Makanan ini tentu cocok bagi anda pecinta pedas. Brambang Asem terbuat dari daun ubi jalar yang direbus kemudian dicampur dengan irisan bawang merah.

12. Cabuk Rambak

Makanan ini berisi ketupat, karak, dan sambal wijen. Meski terlihat sederhana, namun Cabuk Rambak memiliki cita rasa yang lezat.

13. Es Gempol Pleret

Minuman tradisional Solo juga tak kalah menarik. Es Gempol Pleret terbuat dari adonan tepung beras yang disiram kuah santan. Rasa yang dihasilkan campuran manis, gurih, dan juga segar.

14. Ampyang

Ampyang merupakan camilan khas Solo yang terbuat dari olahan kacang tanah. Kacang tanah yang masih utuh diolah bersama olahan jahe dan gula merah yang telah terkaramelisasi.

15. Rambak Petis

Kerupuk rambak merupakan camilan yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Rasanya gurih dan renyah. Ditambah petis sebagai cocolan tentu menjadikan dua kudapan ini terasa lebih lezat dan nagih.

16. Es Dawet Telasih

Perpaduan rasa manis dan segar dari Es Dawet Telasih sangat cocok dinikmati ketika siang hari. Es ini terbuat dari campuran gula merah dengan isian cendol, nangka, dan lain-lain.

 ilustrasi

Es dawet

17. Lenjongan

Lenjongan adalah makanan yang terbuat dari perpaduan ketan hitam, tiwul, getuk, ketan putih, klepon, dan cenil. Makanan ini biasanya dicampur lagi dengan gula merah di atasnya.

18. Sup Matahari

Sup segar yang satu ini memiliki bentuk yang mirip matahari. Kuah kaldunya biasanya bening dengan rasa yang gurih.

19. Sate Kere

Kudapan ini berbeda dengan sate lainnya. Sate Kere terbuat dari tempe yang dibumbui dengan bumbu sate. Rasanya lezat dan otentik.

20. Pisang Molen

Jajanan yang satu ini pasti menjadi favorit banyak orang. Pisang yang manis diselimuti adonan yang terbuat dari tepung lalu digoreng. Perpaduan rasa manis, gurih, dan asin tentu bisa menggoyang lidah anda.

21. Intip Solo

Kerak nasi di Solo disebut sebagai Intip. Camilan yang satu ini biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasanya cenderung manis dan bertekstur renyah.

 

22. Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo cocok anda nikmati bersama nasi putih hangat. Abon ini juga memiliki berbagai macam rasa, seperti rasa gurih, manis, dan pedas.

23. Susu Shi Jack

Susu Shi Jack memiliki banyak varian rasa. Tak hanya itu saja, anda juga bisa membeli kudapan lain disini. Seperti roti bakarnya yang empuk dan lezat.

24. Sup Gelantin

Gelantin adalah campuran daging ayam dengan roti tawar. Campuran ini lalu dimasak bersama rempah dan sayuran. Rasanya segar dan nikmat.

25. Mie Gajah Mas

Kuliner yang berlokasi di dekat Pasar Gede ini memiliki ciri khas tersendiri. Ada banyak varian mie yang bisa anda coba. Jangan ragukan lagi tentang rasanya, dijamin lezat.

Itulah 25 Makanan Khas Solo yang wajib anda coba. Tertarik?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini