Share

Liburan di Setu Babakan, Ini 6 Kuliner Khas Betawi yang Bisa Dicicipi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 301 2616125 liburan-di-setu-babakan-ini-6-kuliner-khas-betawi-yang-bisa-dicicipi-F06ulkw1ho.jpg Kerak telor dan bir pletok di Setu Babakan, Jakarta Selatan (MPI/Siska Permata Sari)

BICARA tentang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Jakarta, tidak lengkap rasanya bila tidak membahas seputar kulinernya. Aneka kuliner khas Betawi ini memang kerap muncul dalam berbagai hajatan adat termasuk perayaan milad kota ini.

Jika Anda hendak mencicipi aneka kuliner Betawi sekaligus merasakan nuansa Betawi yang kental, datanglah ke Setu Babakan, kawasan cagar budaya di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

 BACA JUGA:HUT Ke-495 DKI Jakarta, Yuk Jelajahi Budaya Betawi di Setu Babakan

Di sana, Anda dapat menikmati berbagai kuliner khas Betawi sambil melihat panorama danau atau Situ Babakan. Berikut jajaran kuliner yang dapat dinikmati di Setu Babakan :

Kerak telor

Pergi ke Setu Babakan, tidak lengkap bila tak mencicipi makanan khas Betawi, kerak telor. Di sepanjang Setu Babakan, terdapat warung-warung yang menjual kerak telor. Ini merupakan kuliner khas Betawi yang terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, dan ebi.

 ilustrasi

Setu Babakan (Okezone)

Kerak telor lalu ditambah dengan bawang merah goreng, serta bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Anda bisa mencoba seporsi kerak telor di Setu Babakan seharga Rp20 ribuan.

Bir pletok

Kuliner khas Betawi berikutnya yakni bir pletok. Anda dapat menemui minuman bir pletok itu hampir di semua warung makan sepanjang Setu Babakan. Meski namanya ‘bir’ pletok, minuman ini sebenarnya tidak mengandung alkohol dan justru terbuat dari godokan 13 macam rempah.

 BACA JUGA: Setu Babakan, Benteng Terakhir Budaya Betawi di Metropolitan Jakarta

Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat bir pletok yakni, jahe, jahe merah, sereh, kunyit, kayu secang, kayu manis, lada hitam, daun pandan, daun jeruk, biji pala, kapulaga, kembang lawang, serta cengkeh. Minuman ini juga enak disajikan dengan es batu. Untuk satu botolnya sendiri dibanderol harga Rp20 ribuan.

Toge goreng Betawi

Selain kerak telor, kuliner Betawi yang mudah ditemui di Setu Babakan adalah toge goreng Betawi. Sesuai namanya, hidangan ini terbuat dari tauge, mie, dan tauco.

Serupa tapi tak sama, toge goreng Betawi umumnya memiliki warna kuah yang lebih pekat daripada toge goreng atau tauge goreng Bogor yang juga tak kalah populer. Untuk harganya, dibanderol sekitar Rp20 ribuan.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Soto Betawi

Jika Anda ingin makan berat, ada pula Soto Betawi yang khas di Setu Babakan. Kekhasan soto Betawi ini terletak pada kuahnya yang terbuat dari campuran santan dan susu.

Paling lezat bila disajikan bersama nasi hangat dan taburan bawang goreng. Untuk harganya sendiri dibanderol sekitar Rp20 ribuan.

Laksa

 

Selanjutnya, ada laksa Betawi atau terkenal juga dengan nama ketupat laksa. Ini merupakan hidangan dari potongan ketupat, bihun, daun bawang, daun kemangi, telur ayam, dan daun kucai.

ilustrasi

Laksa Betawi lalu dituangkan kuah berwarna kuning cerah. Lebih enak lagi jika ditambah emping, taburan bawang merah goreng, dan sambal cabai rawit merah yang asam pedas. Harganya sendiri berkisar Rp15 - Rp20ribuan.

Kue Ape

Jika Anda menyusuri Setu Babakan, Anda juga bisa menemuk penjual kue ape. Seperti kita tahu, kue ape sendiri merupakan jajanan khas Betawi. Kue ape ini sering disebut sebagai serabi Jakarta dan terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Bentuknya pun unik karena disebut seperti payudara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini