Share

10 Negara yang Punya Cara Ketawa Unik di Dunia, Netizen Wajib Tahu!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 406 2616148 10-negara-yang-punya-cara-ketawa-unik-di-dunia-netizen-wajib-tahu-gXeThHAv7b.jpg 10 negara yang punya cara ketawa unik (Huffingtonpost)

ADA 10 negara yang punya cara ketawa unik kerap mencuri perhatian publik. Tertawa memang selalu mengasyikkan. Dengan ketawa kita akan melepaskan kepenatan dan tekanan dalam diri. Setelahnya, diri kita pun akan merasa bahagia dan senang.

Zaman media sosial sekarang, ekspresi ketawa juga bisa disampaikan lewat emoji maupun berupa kode tertulis. Di Indonesia misalnya, cara ketawa dalam bahasa biasanya ditulis dengan ‘wkwkwk’ untuk menggambarkan tertawa terbahak-bahak alias ngakak.

 BACA JUGA: 10 Negara yang Penduduknya Paling Banyak Punya KTP Indonesia, Apa Saja?

Lantas, bagaimana dengan negara lainnya?

Berikut telah MNC Portal Indonesia rangkum 10 cara ketawa versi tulisan yang cukup unik di berbagai negara.

1. Jepang

Di Jepang, warganet mengekspresikan tertawa dengan tulisan ‘www’. W ini berasal dari kata ‘warau’ yang artinya tertawa. Nah karena terlalu aneh jika harus menulis warau berkali-kali setiap tertawa, orang Jepang menyingkat warau menjadi 'www' saja.

2. Thailand

Sementara warganet di Thailand, tulisan ketawa biasanya ditulis dengan angka 5 yang berarti 'ha', bukan dibaca 'lima' ya. Jadi jika ada angka 5, berarti tertawanya menjadi ‘hahahaha’.

 

3. Arab

Seperti yang kita tahu, hampir semua negara di wilayah Timur Tengah menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa ibu mereka. Berbeda dengan bahasa Indonesia dan Inggris, bahasa Arab memiliki alfabet sendiri yang disebut dengan huruf hijaiyah. Nah, dalam huruf hijaiyah, 'ھ' dibaca jadi 'ha'. Mereka pun tertawa menggunakan huruf hijaiyah tersebut.

 BACA JUGA: 7 Negara Paling Religius di Eropa, Nomor 6 Muslimnya Lumayan Banyak

4. Korea

Berbeda dengan Jepang yang menggunakan huruf ‘w’, warganet Korea menggunakan huruf ‘k’ untuk mewakili bahasa tulisan untuk tertawa. Jadi jika ada yang menulis ‘kkkk’ artinya mereka sedang tertawa, yang jika diucapkan memang terdengar seperti suara tawa tertahan.

5. Persia

Jika di Korea bahasa tulisan tertawa diwakili dengan huruf ‘k’. Maka di Persia, huruf ‘k’ ini ditambah dengan huruf ‘h’, menjadi ‘khkhkhkh’.

6. Amerika Serikat (AS)

Orang Amerika Serikat mengekspresikan tertawa menggunakan tulisan yang sangat umum, yakni 'Hahaha'. Tapi, mereka juga sering menggunakan istilah LOL alias laugh out loud yang artinya adalah tertawa terbahak-bahak.

7. Brasil

Di Brasil, warganet mengekspresikan tertawa dengan menulis ‘rsrsrs’. RS di sini bukan berarti rumah sakit ya, melainkan merujuk pada kata 'Riso' yang artinya adalah tertawa.

8. Nigeria

Tidak banyak orang tahu jika Nigeria juga memiliki cara tertawa yang khas di dunia maya, yaitu 'Laugh Wan Kill Me Die' atau tertawa sampai mati yang kemudian disingkat menjadi 'LWKMD'. Kurang lebih sama seperti 'LOL' di Amerika Serikat.

 ilustrasi

9. Spanyol

Pernah bertukar pesan dengan orang Spanyol? Jangan bingung jika mereka menuliskan 'jajaja' saat menceritakan hal yang lucu pada Anda. Ternyata 'jajaja' adalah cara orang Spanyol untuk mengekspresikan tawa mereka di dunia maya. Itu karena 'j' dalam bahasa Spanyol dibaca hota atau 'h'. Jadi, meskipun tulisannya adalah 'jajaja' dibacanya tetap 'hahaha'.

10. Yunani

Berbeda dengan bahasa lainnya, di Yunani, tertawa dengan ditulis menjadi xaxaxa atau xixixi. Sama seperti huruf 'j' di Spanyol, huruf 'x' dalam bahasa Yunani pun dibaca 'h'. Jadi kalau orang Yunani menulis 'xaxaxa' itu artinya mereka sedang tertawa 'hahaha'. Unik-unik, ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini