Share

20 Oleh-oleh Khas Banyuwangi Paling Terkenal, Jangan Sampai Enggak Beli

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 408 2616711 20-oleh-oleh-khas-banyuwangi-paling-terkenal-jangan-sampai-enggak-beli-EXZR8rT0Jk.JPG Sale Pisang, oleh-oleh khas Banyuwangi, Jawa Timur (Foto: tokomeilfi)

BANYUWANGI adalah salah satu daerah di Indonesia yang banyak menjadi rujukan para turis atau pelancong untuk berwisata berkat sejumlah daya tariknya, terlebih dalam hal spot wisata alam.

Sebagai salah satu destinasi wisata, kabupaten yang terletak di paling ujung timur Pulau Jawa ini juga punya beragam oleh-oleh khas yang cocok sebagai cinderamata untuk dibawa pulang. Apa saja? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan daftar 20 oleh-oleh khas Banyuwangi yang paling terkenal!

1. Pia Glenmore

Pia bukan hanya didominasi oleh Solo Jogja dan sekitarnya saja. Namun Banyuwangi juga punya camilan khas satu ini yang sudah kondang yakni Pia Glenmore, yang merupakan produk ekonomi kreatif karya masyarakat Kecamatan Glenmore.

Keunikan pia ini adalah isiannya yang tebal namun kulitnya tipis namun renyah. Cita rasa Pia Glenmore juga bersaing dengan beragam varian. Cobain deh!

2. Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk telah menjadi panganan yang akrab di kalangan masyarakat Indonesia sebagai pelengkap menu makanan utama. Namun, kerupuk asal Banyuwangi ini berbeda dari kerupuk pada umumnya.

Kerupuk Rumput Laut Khas Banyuwangi

Jika kerupuk biasanya terbuat dari bawang, namun Banyuwangi punya kerupuk rumput laut yang punya cita rasa yang gurih dan khas, dan tentu saja baik bagi kesehatan.

3. Ladrang

Adalah jajanan lokal Banyuwangi yang terbuat dari ubi jalar yang diolah menjadi sejenis keripik dengan bentuk memanjang seperti cheese stick. Ladrang ini punya cita rasa manis yang khas dan sudah terkenal, sangat cocok untuk oleh-oleh selepas berwisata dari Banyuwangi.

4. Sale Pisang

Meskipun ada beberapa daerah yang menjadikan sale pisang sebagai oleh-oleh khasnya, Banyuwangi memiliki sale pisang dengan bermacam varian rasa dan aroma yang khas.

Selaij itu kreasi sale pisang ini hadir dalam berbagai bentuk tidak hanya sale pisang goreng, namun ada juga molen sale pisang. Silahkan rasakan dan temukan perbedaannya!

5. Bagiak

Salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang paling otentik, dimana Bagiak adalah canilan berbentuk persegi panjang dengan sudut oval yang memiliki rasa manis, asin dan gurih yang bercampur menjadi satu. Belum afdol ke Banyuwangi jika tidak mencicipi atau membawa pulang jajanan satu ini!

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

6. Savana Cake

Kue yang terbuat dari bahan dasar pisang yang disulap menjadi kue bolu kekinian yang lezat dan punya beragam rasa.

Uniknya, nama kue yang memiliki 5 varian rasa ini ini diambil dari nama beberapa destinasi wisata setempat yaitu Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java dan Savana Wedi Ireng.

7. Durian Merah

Bagi Anda yang menyukai durian, harus coba varian Durian Merah yang ada di Banyuwangi. Seperti namanya, daging buah berduri ini berwarna merah menjadi asal usul penamaan buah ini.

Durian merah begitu istimewa karena ukuran daging yang begitu tebal namun bijinya yang kecil. Kandungan alkohol yang terdapat di dalam durian ini juga cukup sedikit meski aromanya begitu menyengat saat sudah matang. Harus coba sih!

Kue Klemben Khas Banyuwangi

(Foto: Instagram/@klembenjadoel)

8. Klemben

Jajanan yang juga punya nama lain Bolu Kuwuk ini adalah kue kering khas Banyuwangi yang tidak hanya terkenal, tapi juga sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Terbuat dari tepung terigu, gula, dan telur, Klemben memiliki rasa manis dengan tekstur lembut dan renyah. Bentuknya pun dibuat bervariasi menyerupai kura-kura, bunga, ikan, dan lainnya sehingga terlihat sangat menarik. Kue ini biasanya banyak dijadikan camilan saat Hari Raya Idul Fitri.

9. Kue Tambang Banyuwangi

Kue tambang Banyuwangi dikenal juga dengan nama untir-untir karena bentuknya yang terlihat seperti tambang yang dipelintir.

Bahan dasar utama untuk membuat kue khas Banyuwangi satu ini hanyalah tepung, telur, mentega, dan gula. Kue tambang atau kue untir untir ini bisa Anda dapatkan di toko oleh-oleh Banyuwangi atau di pasar-pasar tradisional.

10. Tape Buntut

Banyuwangi juga punya produk tape khas nya yang diberi nama Tape Buntut, karena bentuk pembungkusnya yang seperti punya buntut panjang. Tape buntut terbuat dari beras ketan atau singkong fermentasi dengan bungkus daun jati. Sisa tangkai tulang daun jati yang menjuntai ini lah yang membuat tapai ini mendapat sebutan tape buntut.

Rasa tapai yang manis serta aroma daun jati yang khas membuat tape buntut ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang tak boleh dilewatkan!

11. Patola

Jajanan khas Banyuwangi ini punya nama lain di beberapa daerah seperti putu mayang, petolo, atau kue precet.

Kue patola sendiri adalah jajanan yang terlihat seperti kerupuk namun bertekstur kenyal dan memiliki warna terang mencolok seperti merah, putih, dan hijau.

Bahan utama pembuatan patola ini adalah tepung beras yang kemudian dicelupkan ke kuah santan dan gula merah. Rasa manis dari kuah santan yang bercampur gula merah cair membuat kue patola adalah jajanan favorit dan oleh-oleh khas Banyuwangi yang terkenal.

12. Dodol Salak

Jika biasanya dodol terbuat dari durian atau tepung ketan, di Banyuwangi anda bisa menemukan dodol yang terbuat dari salak. Dodol Salak khas Banyuwangi ini pun sudah cukup terkenal dan menjadi incaran wisatawan karena keunikannya tersebut.

Tekstur kenyal dodol yang lembut serta rasa salak yang masih terasa membuat dodol salak ini terasa begitu istimewa.

Keunikan lain dari dodol salak Banyuwangi ini adalah pembungkusnya yang menggunakan daun lontar kering sehingga memberi aroma khas.

Dodol Salak

(Foto: salsawisata)

13. Kopi Banyuwangi

Seperti banyak daerah lainnya di Indonesia, Banyuwangi juga punya produk kopi nya tersendiri. Bahkan kopi Banyuwangi ini termasuk dalam jajaran kopi terbaik dunia bersama dengan kopi Hawai, Jamaica hingga kopi Toraja. Sejumlah cita rasa khas seperti Kopi Kemiren, Kopi Lanang, Kopi Pingit, atau Kopi Seblang ini rasanya menjadi oleh-oleh wajib bagi kamu pecinta kopi.

14. Manisan Banyuwangi

Banyuwangi juga punya berbagai macam manisan buah yang bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh ketika pulang. Buah manisan khas Banyuwangi sendiri seringkali buah yang memiliki rasa masam seperti cerme, tomat, pala, dan masih banyak lainnya.

15. Rengginang Banyuwangi

Rengginang mungkin adalah oleh-oleh paling mainstream yang dapat ditemui di berbagai wilayah lainnya. Namun menjajal Rengginang Banyuwangi adalah sesuatu hal yang tak boleh dilewatkan karena ciri khas nya.

Hal ini karena proses pembuatan rengginang Banyuwangi juga sedikit berbeda karena pengeringannya tidak dijemur melainkan di oven. Dari proses yang lebih ‘modern’ itu, rengginang Banyuwangi memiliki tekstur yang lebih renyah dan gurih. Selain itu, terdapat beberapa varian rengginang Banyuwangi yang bisa Anda coba seperti rengginang rasa udang, cumi, hingga kepiting.

16. Batik Banyuwangi

Dari makanan kita beralih ke produk kerajinan tangan atau barang, dimana salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang cukup terkenal adalah batik.

Motif yang paling terkenal dan khas dari Batik Banyuwangi adalah Gajah Oling yang bercorak seperti belalai gajah. Ada juga motif seperti Kangkung Setingkes, Sembruk Cacing, Gedhegan, dan lainnya yang dapat menambah koleksi Anda.

17. Kaos Banyuwangi

Membeli kaos yang mencirikan kota yang dijuluki sunrise of Java ini bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Banyuwangi selanjutnya. Setiap kaos didesain dengan unik sehingga pengalaman Anda di Banyuwangi akan terpatri begitu mengenakan kaos tersebut.

18. Kerajinan Gintangan

Untuk urusan produk kriya, salah satu yang terkenal dan sangat recommended untuk dijadikan oleh-oleh adalah karya seni dari masyarakat Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi yang sudah terkenal dengan produk anyaman bambunya. Keterampilan yang dimiliki para perajin disini diturunkan secara turun-temurun, jadi nggak heran kalau banyak warga Desa Gintangan yang mahir menganyam.

Selain dapat melihat dan membeli langsung oleh-oleh anyaman bambu khas Banyuwangi, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatannya. Produk anyaman bambu yang dapat dipilih juga sangatlah beragam, mulai dari hiasan dinding sampai peralatan dapur.

19. Panci dan Dandang

Jika Anda mencari perkakas rumah yang unik, bisa mampir ke daerah Kalibaru yang menjadi sentra dari aneka peralatan rumah tangga yang terbuat dari alumunium seperti panci, dandang, wajan, oven, dan peralatan lainnya yang bisa jadi alternatif oleh-oleh khas Banyuwangi.

Sama seperti kerajinan lainnya di Banyuwangi, keterampilan para perajin disini juga telah diturunkan secara turun-temurun dan cukup terkenal di kalangan wisatawan.

20. Kanggi

Adalah paket oleh-oleh khas Banyuwangi berupa kerajinan tangan yang dikemas secara khusus dengan kemasan yang didesain menarik.

Kanggi adalah kependekan dari 'keranjang rasa Banyuwangi', yang mencakup beragam oleh-oleh khas Banyuwangi mulai dari kain batik, makanan ringan, kopi, souvenir, hingga sabun tradisional. Kalau ga mau ribet, bisa beli ini!

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini