Share

6 Destinasi Wisata Blitar, Wajib Banget Dijelajahi saat Liburan

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 408 2617300 6-destinasi-wisata-blitar-wajib-banget-dijelajahi-saat-liburan-NAYwGqARla.JPG Telaga Rambut Monte di Blitar, Jawa Timur (Foto: Instagram/@wijayarga)

BLITAR, Jawa Timur menjadi daerah yang memiliki deretan destinasi wisata menarik. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga yang kekinian. Tak heran jika kawasan ini cukup diminati oleh para pelancong, khususnya wisatawan lokal.

Sejak new normal di masa pandemi, sejumlah destinasi wisata di Blitar sebagian sudah dibuka lho. Tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang harus diperhatikan oleh setiap wisatawan.

Nah tentunya, Anda bisa memasukkan Blitar ke dalam destinasi wisata Anda yang wajib dijelajahi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 rekomendasi destinasi wisata di Blitar yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

1. Pantai Peh Pulo

Hingga saat ini Pantai Peh Pulo menjadi destinasi wisata alam yang masih cukup tersembunyi, dan para wisatawan belum banyak yang mengetahuinya.

Ini karena medan atau perjalanan menuju Pantai Peh Pulo ini cukup sulit. Maka jika Anda berhasil menuju ke pantai ini, sesampainya di sana Akan melihat pemandangan yang masih asri dan tentunya alami.

Lokasinya berada di Peh Pulo, Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur. Beberapa hal yang perlu dicatat dan diperhatikan, sebaiknya ketika Anda bertujuan akan menuju tempat ini ada baik untuk memeprsiapkan segala perlengkapan.

2. Kedung Entong

Blitar juga mempunyai destinasi wisata alam yang masih asri, dan mengandung mistis di dalamnya. Tempat yang dimaksud adalah Kedung Entong.

Sebenarnya ini adalah sebuah air terjun yang dikelilingi bebatuan dan tebing-tebing tinggi, serta terdapat danau kecil tepat di bawah air terjun tersebut.

Air Terjun Kedung Entong

(Foto: Instagram/@arungpatigeni2)

Meski terdapat beberapa mitos di sekitarnya. Kedung Entong memiliki pesona alam yang indah dan memesona.

3. Kesambi Trees Park

Destinasi wisata satu ini berbeda dengan yang lainnya. Kesambi Trees Park merupakan konservasi rusa yang cukup luas di tengah Hutan Maliran.

Tak hanya itu, terdapat beberapa wahana menarik lainnya yang tak kalah seru lho, seperti outbond, playground, camping deck, dan lainnya yang dapat Anda coba.

Kesambi Trees Park ini terletak sekitar 8 km dari Kota Blitar, tepatnya di Desa Jatilengger, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Meski berada di kawasan hutan, namun akses ke sana mudah dijangkau.

Biaya tiketnya pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp10.000 Anda sudah bisa menikmati dan bermain seharian di dalam arena Kesambi Trees Park.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

4. Pantai Jolosutro

Kemudian ada Pantai Jolosutro yang memperlengkap destinasi wisata alam di Blitar. Lokasi pantai ini berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates.

Menariknya pasir di Pantai Jolosutro ini cukup berbeda dengan pantai pada umumnya. Hal ini karena pasir di sini memiliki karakteristik warna hitam serta mengadung butiran biji besi yang ada di dalamnya.

Selain itu, ombak di Pantai Jolosutro ini relatif tinggi. Cocok bagi Anda yang hobi surfing, Sambil menantang adrenalin di salah satu pantai Blitar ini.

5. Pantai Gondo Mayit

Mendengar namanya mungkin akan mengerikan. Seolah-olah Pantai Gondo Mayit ini menjadi tempatnya para mayit atau jenazah. Tapi jangan salah, meskipun namanya cukup absurd pantai ini tidak se-menyeramkan itu.

Pantai Gondo mayit

(Foto: Instagram/@itsimmwahyuwddo_real)

Berlokasi di Krajan, Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kota Blitar, Jawa Timur. Pemandangan di Pantai Gondo Mayit ini cukup indah, Anda bisa melakukan berbagai hal di sini.

Misalnya berkemah di pinggir pantai, sambil membakar ikan atau jagung. Selain itu Anda juga dapat sekadar bermain-main di sekitar pantai ini.

6. Telaga Rambut Monte

Destinasi wisata alam di Blitar selanjutnya adalah Telaga Rambut Monte. Telaga ini memiliki pemandangan yang menakjubkan berupa air telaga berwarna biru yang indah dan memesona.

Tak hanya itu, di dalam telaga ini juga terdapat ikan purba yang diyakini dan menjadi mitos masyarakat setempat sebagai ikan dewa-dewa.

Jarak tempat ini dari pusat kota berjarak sekitar 30 hingga 40 menit perjalanan dari pusat kota. Telaga Rambut Monte menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menawan. Lokasinya berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini