Share

Sejarah Gang Poppies Bali, dari Warung Makan hingga Jadi Kawasan Wisata Terkenal

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 408 2617841 sejarah-gang-poppies-bali-dari-warung-makan-hingga-jadi-kawasan-wisata-terkenal-hV2copv5Ec.jpg Poppies Lane di Bali (santronidave.com)

PENCINTA traveling khususnya kaum backpacker tentu tidak asing dengan Gang Poppies atau Poppies Lane di Bali. Berada di dekat Pantai Kuta dan Legian, gang ini selalu ramai aktivitas wisata.

Lokasinya yang strategis menjadikan Gang Poppies sebagai kawasan hotel, restoran minimarket dan segala hiruk-pikuk kehidupan wisata.

Sejarah nama hingga kehidupan Gang Poppies Bali berawal dari rumah makan di California, Amerika Serikat, Poppies Restaurant yang dimiliki George dan Bob. Pada 1970-an, kedua pernah liburan ke Bali.

Dikutip dari akun TikTok @blikeliling, Sabtu (26/6/2022), saat di Bali, George dan Bob sempat bertemu dengan Sang Ayu Made Sukenny alias Jenik yang membuka warung makan di rumahnya.

ilustrasi

Karena sama-sama sebagai pebisnis kuliner, George dan Bob berinisiatif untuk membantu Jenik mengembangkan usahanya. Bersama dengan John, seorang ahli taman, mereka merenovasi rumah Jenik untuk menjadi restoran dengan konsep taman cantik.

George dan Bob pun mengizinkan nama Poppies yang juga merupakan jenis nama bunga yang tumbuh subur di California untuk diabadikan menjadi nama restoran baru Jenik itu.

Setelah Poppies Restaurant Bali berdiri di tahun 1973, lokasinya yang berada di sebuah gang yang sebelumnya tanpa nama itu kemudian diberi nama Gang Poppies.

Poppies Restaurant yang dikelola Jenik pun meraih sukses hingga memiliki beberapa unit bisnis lain seperti Poppies Hotel hingga Poppies Cottage. Adapun nama Gang Poppies meluas hingga dibagi menjadi jalanan 1 dan 2.

ilustrasi

Kesuksesan itu serta lokasinya yang strategis membuat orang lain ikut meramaikan bisnis di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, menjadikan Gang Poppies Bali menjadi salah satu jalanan wisata yang terkenal di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini