Share

13 Oleh-Oleh Khas Batam Paling Populer di Mata Pelancong

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 301 2617978 13-oleh-oleh-khas-batam-paling-populer-di-mata-pelancong-NPqVuXNl6q.jpeg Pusat kuliner Welcome to Batam (Antara/Naim)

BATAM bukan hanya sebagai pusat bisnis. Kota terbesar di Kepulauan Riau ini juga jadi daerah tujuan wisata dan punya banyak cinderamata menarik.

Jika Anda berkunjung atau berwisata ke Batam, ada sejumlah oleh-oleh khas yang begitu menarik hingga sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Penasaran? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan daftar 13 oleh-oleh khaa Batam yang paling terkenal!

1. Cokelat Rocklate

Berkunjung ke Batam konon kurang afdol jika tidak mencicipi atau membawa pulang Cokelat Rocklate, yang merupakan olahan coklat yang dicampur Marshmallow. Kombinasi itu menghasilkan jajanan lumer dan kenyal yang mantap!

2. Kek Pisang Villa

Jajanan yang juga kerap menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Batam, dimana Kek Pisang Villa adalah kue lembut dengan adonan pisang yang terkenal lezat dan lumer. Dijamin bikin ngiler deh!

3. Bingka Bakar

Adalah sajian kue khas suku Melayu yang sekilas mirip dengan Bika Ambon, namun cara pengolahannya berbeda sehingga Bingka Bakar memiliki tekstur lebih padat namun lembut di dalamnya. Kue ini pun cukup harum karena berasal dari daun pandan. Kelezatannya itu pun sudah terkenal di kalangan wisatawan.

4. Gong-gong

Gong-gong adalah jenis siput laut dengan ukuran sedang yang bisa dikonsumsi. Biasanya terdapat 4 jenis Gong-gong yang biasa disantap masyarakat Batam yaitu Gong-gong ayam, Gong-gong putih cangkang tipis, gong-gong putih cangkang tebal, dan gong-gong merah cangkang tebal.

Cara mengolahnya sendiri yakni hanya dengan cara merebusnya. Tekstur dagingnya kenyal, namun kakinya disarankan untuk tidak dimakan karena cukup tajam dan bergerigi khawatir akan melukai mulut Anda. Bagi pecinta kuliner unik, jangan sampai kelewatan untuk mencobanya ya!

 Ilustrasi

5. Luti Gendang

Sudah pernah mencoba roti berisi ikan? Kuliner unik itu ada pada Luti Gendang. Bisa dibilang Luti Gendang adalah roti gorengnya Batam, dimana adonan roti digoreng dan lantas berisi ikan. Adapun jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan tuna.

6. Bilis Molen

Setali tiga uang dengan Luti Gendang, Bilis Molen adalah sebuah kreasi roti yang terbuat dari bahan dasar ikan. Adonan kulit molen goreng yang renyah dan manis lantas diisi ikan Bilis yang punya cita rasa gurih. Tertarik mencobanya?

 BACA JUGA:15 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya Wajib Diborong

7. Kue Batang Buruk

Seperti namanya, ini adalah jajanan kering berbentuk kue batangan dengan bentuk yang ‘buruk’ atau tidak terstruktur. Kue Batang Buruk adalah salah satu jajanan tradisional asli Batam yang sudah ada sejak zaman kerajaan dan tetap lestari saat ini. Cobain deh!

8. Layer Cake

Layer cake merupakan nama lain dari kue lapis, jajanan tradisional yang bisa Anda temukan di berbagai sudut kota Batam.

Keunikan kue lapis ini bukan hanya dari namanya yang seolah-olah dibuat Bahasa Inggris saja, namun camilan ini memilik varian rasa yang jauh lebih banyak seperti nanas, cinnamon, moka dan sebagainya. Tak heran cocok untuk wisatawan mancanegara.

9. Brownies Lava

Pernah terbayang kue brownies dengan coklat yang begitu lumer dan melimpah? Hal itu terdapat pada Brownies Lava Batam yang seperti namanya, kue brownies ini kaya akan lelehan coklat yang semakin menambah lezat.

10. Keripik Kari

Salah satu camilan unik dari Batam dimana kari dibuat menjadi keripik yang diolah dengan ikan dan biota laut segar seperti cumi-cumi, udang, hingga Gong-gong Batam. Keripik kari Batam ini begitu terkenal dan banyak jadi favorit wisatawan.

 

11. Teh Bunga Rosella

Bunga rosella yang tergolong cukup langka dan banyak dicari karena berkhasiat untuk kesehatan diolah menjadi ramuan teh yang menyegarkan oleh masyarakat Batam. Tak heran Teh Bunga Rosella ini banyak diburu orang hingga mereka yang berasal dari luar negeri.

12. Otak-otak

Kondisi geografis Batam yang dikelilingi lautan membuat kota berjuluk Bandar Dunia Madani ini kaya akan ragam kuliner dari hasil laut. Salah satu yang menjadi oleh-oleh khas nya adalah otak-otak.

13. Kaus T-Obenk

Tak mau kalah dengan Bali yang terkenal dengan kaus merk Joger, atau Yogyakarta dengan Dagadu, Batam juga punya kaus otentik dengan merk T-Obenk. Selain menawarkan desain unik yang mencitrakan Batam, kualitas pakaiannya pun diakui bagus dan nyaman dipakai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini