Share

13 Oleh-Oleh Khas Gresik Paling Populer, dari Makanan hingga Suvenir

Syifa Fauziah, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 301 2618074 13-oleh-oleh-khas-gresik-paling-populer-dari-makanan-hingga-suvenir-52XqkOTdml.JPG Kue jubung, salah satu oleh-oleh populer di Gresik (Instagram @tia_sulaksono-fix)

SAAT berkunjung ke Gresik, Jawa Timur banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam hingga bertemakan sejarah. Selain itu, Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Gresik paling populer.

Meskipun termasuk dalam kota kecil, namun Gresik menawarkan berbagai hal menarik, mulai dari bangunan tradisional hingga kuliner dan juga oleh-oleh khas yang beragam.

Nah kali ini Okezone akan merangkum oleh-oleh khas Gresik paling populer seperti dikutip dari berbagai sumber :

1. Kue bonggolan

Oleh-oleh khas Gresik yang pertama adalah kue bonggolan. Kue ini memiliki rasa manis dan juga gurih. Kue ini terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan rempah-rempah sehingga memiliki rasa yang khas. Tambahan tepung kanji di dalamnya membuat kue ini memiliki tekstur yang renyah. Tampilan kue ini sangat otentik karena menggunakan daun pisang dan memiliki harga yang terjangkau.

 Ilustrasi

Kue bonggolan

2. Kue jubung

Kue jubung salah satu makanan yang sangat khas dan jadi oleh-oleh wajib dibeli saat ke Gresik. Kue ini dikemas dengan sangat unik menggunakan daun aren. Kue ini memiliki rasa yang manis dan ada rasa khas dari wijen.

 BACA JUGA:20 Oleh-oleh Khas Medan Paling Populer, Makanan Tradisional hingga Cenderamata

3. Otak-otak bandeng

 

Bagi Anda pencinta olahan ikan, harus coba otak-otak bandeng khas Gresik. Biasanya otak-otak ini bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh. Otak-otak ini dalam keadaan setengah matang, sehingga bisa dipanaskan lagi bila sudah di rumah.

4. Petis Gresik

Petis salah satu oleh-oleh khas Jawa Timur, termasuk Gresik. Petis biasanya dijadikan sebagai bumbu dan campuran di sambal. Petis memiliki rasa yang kas dan unik dan bisa jadi campuran sambal.

 

5. Kue pudak

Ada juga kue pudak khas Gresik. Kue ini sangat unik karena dibungkus menggunakan pelepah pinang. Kue pudak terbuat dari campuran tepung beras, gula jawa dan santan sehingga memiliki cita rasa yang manis dan gurih.

6. Keripik bayam

Saat membeli oleh-oleh khas Gresik, Anda jangan melewatkan untuk membeli keripik bayam. Keripik bayam ini memiliki cita rasa yang gurih dan juga renyah. Bagi Anda yang tidak suka dengan bayam, dijamin Anda suka camilan ini karena tekstur bayamnya tidak akan terasa.

7. Martabak usus

Biasanya Anda sering mendengar nama martabak. Tapi bagaimana dengan martabak usus? Makanan ini terbuat dari tepung terigu layaknya martabak, kemudian diberi isian beragam, seperti usus ayam, kubis, telur, bawang, wortel, daun bawang, dan bihun atau jenis mie lainnya. Camilan ini bisa Anda temui di sepanjang jalan dengan harga yang sangat terjangkau.

8. Bandeng asap

 

Olahan ikan bandeng lainnya yang bisa jadi buah tangan adalah bandeng asap. Olahannya bandeng asap ini sangat populer untuk dijadikan buah tangan. Karena selain enak, makanan ini juga awet hingga bisa bertahan sekitar 2 hari. Proses pengasapan inilah yang menjadikan bandeng menjadi lebih awet.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

9. Kopi Gresik

 

Bagi pencinta kopi, Anda wajib membeli kopi saat berkunjung ke Gresik. Kota ini memiliki jenis kopi robusta yang sudah terkenal dengan rasanya yang lezat. Dikemas dalam berbagai ukuran dan kemasan, menjadikan Anda mudah untuk membawanya pulang.

10. Kerupuk ikan payus

Kerupuk ikan payus terbuat dari ikan payus. Jenis ikan ini endemik dari kota Semen itu. Daging ikan payus dari duri dan tulang, kemudian dicampur tepung dan bumbu. Setelah itu dipotong bulat kecil dan pipih agar saat dijemur segera kering. Kerupuk ini dijual dalam keadaan mentah dan bisa digoreng saat di rumah.

11. Damar Kurung

 

Selain makanan, Kota Gresik juga memiliki oleh-oleh souvenir yaitu Damar kurung atau penutup lampu. Kerajinan tangan ini memiliki bentuk menyerupai lampion. Ukurannya juga beragam ada yang besar dan kecil. Memiliki bentuk yang unik, damar kurung bisa juga dijadikan hiasan di rumah.

 Ilustrasi

12. Legen

Kota Gresik juga memiliki minuman tradisional. Yaitu legen. Legen sendiri berasal dari getah bunga siwalan. Pada pohon siwalan yang berjenis perempuan atau yang biasa disebut lontar, akan ditemukan sulur bunga. Nah, sulur tersebutlah yang dipotong sedikit kemudian diambil getahnya.

Legen ini enak dinikmati dengan campuran sirup dan gula. Sensasi rasa asam dari minuman ini juga menambah kesegaran untuk melepas dahaga.

Ternyata minuman ini juga memiliki banyak khasiat, seperti meningkatkan proses produksi sperma bagi pria, mengobati gejala lemah syahwat atau impotensi, hingga memperbaiki dan meningkatkan fungsi ginjal.

13. Kaus khas Gresik

Dan yang terakhir ada kaus Gresik yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh. Biasanya di kaus tersebut banyak tulisan atau kata mutiara tentang kaus Gresik yang khas. Kaus ini banyak dijual di toko oleh-oleh.

Itulah oleh-oleh khas Gresik paling populer. Kalau berkunjung ke Gresik yang lupa beli oleh-oleh tersebut yah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini