Share

15 Tempat Wisata di Banjar yang Pas Buat Liburan di Akhir Pekan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 408 2618326 15-tempat-wisata-di-banjar-yang-pas-buat-liburan-di-akhir-pekan-hzoS5c3L7C.jpg Ilustrasi traveling (dok. Freepik)

TEMPAT wisata di Banjar bisa dijadikan referensi bagi anda yang masih bingung mau liburan kemana akhir pekan ini. Banjar merupakan kota kecil yang berada di Kabupaten Ciamis.

Meski Banjar merupakan kota kecil, namun destinasi wisatanya cukup beragam. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan dengan pemandangan yang indah nan eksotis.

Nah, berikut Okezone beri tahu 15 tempat wisata di Banjar yang bisa anda kunjungi di akhir pekan. Yuk simak.

Curug Penganten

Bagi yang mengaku pecinta alam pasti akan tertarik dengan curug yang satu ini. Curug Pengantin di Banjar ini masih asri dan terjaga ke alamiannya. Namun, untuk sampai ke tempat ini anda harus melewati jalan yang cukup menantang.

Lokasi: Sukamukti, Kec. Pataruman, Kota Banjar.

Cagar Budaya Pulo Majeti

Objek wisata yang satu ini memiliki dua situs yang menarik, yaitu Situs Pulo Majeti dan Rawa Onom. Meski banyak yang datang kesini untuk tujuan yang tidak baik, seperti mengejar duniawi. Namun, tempat ini ternyata memiliki situs bersejarah mengenai Kerajaan Ratu Gakuh.

Lokasi: Jl. Pulo Majeti, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

Situ Leutik

Tempat wisata dengan konsep waduk ini tak boleh anda lewatkan. Situ Leutik menyuguhkan pemandangan yang indah dan tentunya cocok untuk melewatkan akhir pekan disini. Pengelola juga menyediakan kolam pemancingan beserta alatnya bagi pecinta mancing.

Lokasi: Cibeureum, Kec. Banjar, Kota Banjar.

Banjar Waterpark

Jika ingin berenang, anda bisa mengunjungi Banjar Waterpark. Disini ada berbagai macam wahana air yang bisa anda coba, seperti Boomerang dengan ketinggian 12 meter dan Superbowl, yaitu seluncuran dengan tikungan tajam. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa mencoba wahana Lazy River.

Lokasi: Jl. Mayjen Didi Kartasasmita No.09, Banjar, Kec. Banjar, Kota Banjar.

infografis

Sungai Citanduy

Meski tidak termasuk sebagai wisata yang dikomersilkan, Sungai Citanduy ternyata memiliki daya tarik yang sangat unik. Disini ada beberapa spot cantik yang cocok untuk berfoto, taman yang indah, dan pemandangan yang tak kalah indah.

Lokasi: Cikadu, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Dinding Hits Sumanding

Dinding Hits Sumanding adalah sebuah dinding yang ditumbuhi tanaman hijau. Dinding ini sering dijadikan spot foto yang menarik karena memberikan kesan yang asri.

Lokasi: Sumanding, Mekarsari, Kec. Banjar, Kota Banjar.

Taman Kota Lapangan Bakti

Bukan hanya wisata alam saja yang dimiliki Kota Banjar. Kota kecil ini juga memiliki taman kota yang sering dijadikan sebagai tempat berolahraga, jalan-jalan, atau pun sekedar nongkrong. Fasilitasnya pun cukup lengkap, seperti jogkging track, arena bermain ketangkasan, panjat dinding, dan lain-lain.

Lokasi: Banjar, Kec. Banjar, Kota Banjar.

Kolam Tak Bernama

Memang benar jika kolam ini tidak bernama. Kolam yang terbentuk secara alami ini berada di Desa Mandalare yang masih penuh pepohonan rimbun sehingga memberikan kesan asri pada kolam tersebut. Tak hanya kolam saja, pemandangan di sekitarnya juga indah.

Lokasi: Desa Mandalare, Kec. Pataruman, Kab Banjar.

Rest Area Banjar Atas

Banjar adalah kota yang berada diantara Jawa Barat dan Banten. Jadi kota ini biasa menjadi persinggahan orang-orang yang tengah berpergian dari Jawa Barat ke Banten atau sebaliknya.

Di Rest Area Banjar Atas ini anda tak hanya akan mendapatkan tempat untuk beristirahat, namun juga tempat wisata. Dengan udara yang sejuk, anda pasti akan betah berada disini.

Lokasi: Karangpanimbal, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

Situ Mustika

Situ Mustika adalah tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah dan warga setempat. Lokasinya berada di kaki Gunung Pemancar sehingga udaranya sejuk dan pemandangannya indah khas pegunungan. Jika datang kesini, sempatkan untuk mampir ke jembatan gantung yang membentang dari Situ Mustika ke pulau kecil.

Lokasi: Karangpanimbal, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

Taman Cinta

Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah ruang publik dengan fasilitas dan penataan yang baik. Anda bisa duduk santai atau sekedar jalan-jalan disini.

Lokasi: Kec. Banjar, Kota Banjar.

Taman Langensari

Taman Langensari cocok dikunjungi pada malam hari. Pasalnya, di sekitar lokasi terdapat berbagai macam kuliner yang lezat dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Melati, Muktisari, Kec. Langensari, Kota Banjar.

Curug Cibonte

Wisata alam Curug Cibonte memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang sangat melimpah. Pemandangannya masih terjaga dengan asri dan udaranya sangat sejuk. Untuk sampai kesini, anda harus menempuh perjalanan yang cukup menantang.

Lokasi: Desa Cibeureum, Kec. Banjar, Kota Banjar.

Puncak Pagerbatu

Wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang indah dari atas bukit. Tak hanya itu saja, disini juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

Lokasi: Batulawang, Kec. Pataruman, Kota Banjar.

Lembah Pajamben

Berada tak jauh dari pusat kota Banjar, anda akan menemukan destinasi wisata bernama Lembah Pajamben. Daya tarik utamanya adalah pemandangan lanskap kota yang penuh dengan lampu jika di malam hari.

Lokasi: Jl. Langkaplancar – Lakbok, Binangun, Kec. Pataruman, Kota Banjar.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini