Share

Tips Berwisata Bareng Anak saat Liburan Sekolah, Yuk Bikin si Buah Hati Nyaman Traveling

Melati Pratiwi, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 406 2618724 tips-berwisata-bareng-anak-saat-liburan-sekolah-yuk-bikin-si-buah-hati-nyaman-traveling-zybRlLmW3w.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

LIBURAN sekolah kurang lengkap rasanya bila tak diisi dengan kegiatan wisata. Biarkan anak merasa terhibur usai menjalani rutinitas sekolah yang mungkin membuat mereka jenuh.

Sebagai orangtua, sudah sepatutnya mendampingi buah hati ketika menyambangi destinasi wisata favorit. Demi perjalanan tetap nyaman, ada beberapa tips yang bisa bunda dan ayah lakukan.

Ada apa saja? simak 5 tips wisata bareng anak saat liburan sekolah berikut ini.

1. Libatkan anak memilih tempat wisata

Tujuan utama dalam berwisata di tengah momen liburan sekolah adalah menyuguhkan hiburan untuk buah hati. Maka dari itu, orangtua jangan membuat keputusan sendiri soal pemilihan lokasi wisata.

Tanya pada anak terlebih dahulu mereka hendak pergi ke tempat seperti apa. Misalnya saja, anak ingin melihat beragam jenis hewan, ajak dia ke kebun binatang.

2. Jika menginap, pastikan pakaian yang dibawa cukup

Orang dewasa mungkin bisa saja menjaga pakaian mereka tetap bersih. Sehingga baju yang dibawa tak perlu terlalu banyak.

Tapi lain halnya dengan anak kecil yang terkadang bisa tiba-tiba bermain di tempat kotor, atau menumpah sesuatu ke pakaian mereka. Jika sudah begitu, mau tidak mau harus berganti baju meskipun waktu mandi belum tiba.

Jadi pastikan pakaian yang dibawa untuk anak sudah termasuk beberapa pasang pakaian cadangan.

3. Selalu bawa obat-obatan

Orangtua sudah paham betul riwayat penyakit yang diderita oleh anak mereka. Tugas orangtua tentu saja menyiapkan kebutuhan obat sang buah hati untuk berjaga-jaga.

Misalnya saja, anak mudah terserang flu ketika udara mendadak dingin. Bunda dan Ayah jangan sampai lupa menyimpan obat flue yang biasa dikonsumsi anak dalam kotak obat ya!

4. Lokasi ramah anak

Cari tahu terlebih dahulu apakah lokasi wisata yang akan dikunjungi ramah anak da aman. Orangtua pasti tak ingin merasa was-was saat membiarkan anak bermain.

Selain lokasi wisata, sekiranya akan bermalam, usahakan cari penginapan yang terdapat area permainan agar anak semakin betah.

5. Pilih perjalanan pagi

Ada baiknya untuk memerhatikan waktu ketika hendak melaju ke tempat wisata, mood anak di pagi hari masih sangat baik dan belum mengantuk.

Mereka akan bersemangat untuk melakukan perjalanan wisata. Ketimbang hari semakin siang, anak mulai mengantuk dan tak menutup kemungkinan akan rewel sepanjang perjalanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini