Share

Dear Traveler, Inilah Alasan Kenapa Pramugari Didominasi oleh Kaum Perempuan

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 406 2619111 dear-traveler-inilah-alasan-kenapa-pramugari-didominasi-oleh-kaum-perempuan-G7ueREg8lB.jpg Pramugari Batik Air (Instagram @batikair)

ALASAN kenapa pramugari didominasi oleh kaum perempuan seringkali menjadi pertanyaan banyak orang. Sebab saat menaiki pesawat pasti Anda menemukan kebanyakan perempuan yang menjadi pramugari dan melayani penumpang.

Banyak wanita muda mengidam-idamkan menjadi pramugari pesawat terbang. Sebenarnya menjadi pramugari sendiri tidaklah mudah. Banyak sekali standar dan ketentuan yang menjadi acuan diterimanya seseorang menjadi pramugari.

Bahkan ada sekolah khusus untuk menjadi seorang pramugari. Jadi, tidak semata-mata cantik dan muda saja tetapi juga harus pintar.

Melansir dari beberapa sumber, berikut merupakan alasan kenapa pramugari didominasi oleh kaum perempuan:

 ilustrasi

Alasan Kenapa Pramugari Didominasi oleh Kaum Perempuan

Secara umum, perempuan memenangkan hak fundamental dalam banyak hal terutama dalam bidang bisnis. Contohnya seperti dalam iklan penerbangan, kita bisa mendapati banyak iklan penerbangan menggunakan perempuan sebagai model.

Tak hanya itu, alasan kenapa pramugari didominasi oleh kaum perempuan karena penumpang pesawat ternyata juga lebih nyaman bila dilayani oleh perempuan. Terlebih lagi untuk penumpang perempuan pasti akan lebih memilih pramugari perempuan untuk melayani dan memberikan perhatian.

Meski begitu nilai ukur kompensasi untuk perempuan sebenarnya sama saja dengan laki-laki. Tidak ada diskriminasi atau perbedaan sekalipun. Bahkan pada tahun 1912 lalu, pada awal perkembangannya pramugari didominasi oleh laki-laki.

Hingga 18 tahun kemudian eksistensi pramugari perempuan pada dunia penerbangan mulai berkembang. Pramugari perempuan di pesawat saat itu berperan sebagai perawat. Perhatian lebih dan pendekatan yang intensif membuat sejumlah maskapai merekrut kru perempuan sebagai pramugari.

Pekerjaan sebagai pramugari sendiri dinilai sebagai pekerjaan feminis dan galmor. Tak heran, hingga saat itu banyak perempuan yang mendaftar sebagai pramugari untuk bekerja pada sejumlah penerbangan.

Itulah alasan kenapa pramugari didominasi oleh kaum perempuan. Bahkan dii Amerika Serikat sendiri kru kabin pesawat terbang 75% didominasi oleh pramugari perempuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini