Share

Dear Traveler, Yuk Pahami Cara Menyelamatkan Diri saat Kaca Jendela Pesawat Pecah

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 549 2618842 dear-traveler-yuk-pahami-cara-menyelamatkan-diri-saat-kaca-jendela-pesawat-pecah-0sw3TJM8tL.jpg Ilustrasi pesawat (dok. Freepik)

BAGI traveler yang suka plesiran menggunakan jalur udara, sebaiknya mengetahui cara menyelamatkan diri saat kaca jendela pesawat pecah.

Melansir The Sun, Harrison Murray seorang pilot menyarankan agar penumpang segera menyelamatkan diri dengan menggunakan masker. 

Murray memaparkan, saat terjadi kondisi darurat maka biasanya masker oksigen akan keluar otomatis dari tempatnya.

infografis

Hal ini lantaran adanya aturan jika setiap pesawat yang terbang pada ketinggian di atas 15.000 kaki diwajibkan memberikan 10 menit oksigen per penumpang.

Sembari penumpang mengenakan masker oksigen, pilot harus dengan sangat cepat menurunkan pesawat dan mendarat darurat.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Menggunakan masker oksigen merupakan hal penting. Bila penumpang gagal menggunakannya, mereka akan kehilangan kesadaran dan kemungkinan kecil dapat selamat.

"Jadi, jika kaca jendela pecah, Anda akan mengalami depresurirasi yang cepat. Anda akan merasakan kebisingan yang tinggi, suhu di dalam pesawat turun, kabin berkabut, dan rasa tidak nyaman di perut karena gas mengembang," terang pilot bernama Harrison Murray.

Di sisi lain, pilot berusaha menyelamatkan pesawat tersebut.

"Di depan, kami akan melakukan daftar periksa, kami akan memasang masker oksigen, menjentikkan sakelar sehingga penumpang juga mendapatkan masker oksigen. Kami akan mulai melakukan penurunan darurat, memeriksa semuanya, dan membuat rencana untuk mengalihkan ke bandara terdekat," terangnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini