Share

Termasuk Indonesia, Ini 5 Negara dengan Angkatan Laut Paling Ditakuti Dunia!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 408 2619673 termasuk-indonesia-ini-5-negara-dengan-angkatan-laut-paling-ditakuti-dunia-be6AnkOpCF.jpg Kapal perang TNI Angkatan Laut (Foto TNI AL)

BERIKUT 5 negara dengan Angkatan Laut paling ditakuti dunia. Negara yang memiliki Angkatan Laut yang kuat biasanya sangat disegani luar. Makanya banyak negara memperkuat wilayah perairannya, karena area ini sangat berisiko dicaplok musuh.

Sejak dulu, jalur laut sering dipakai untuk berbagai transaksi, termasuk pengiriman peralatan militer. Penyerangan awal ke sebuah wilayah biasa dilakukan juga melalui laut. Jika laut sudah dikuasai, maka darat tinggal dilumpuhkan.

 BACA JUGA:7 Ciri Negara Maju Wajib Tahu, Apa Kabar Indonesia?

Berbagai negara terutama yang punya wilayah perairan kini berlomba memperkuat Angkatan Lautnya. Indonesia misalnya, punya beberapa satuan elite khusus antiteror laut, di samping punya sederet armada perang.

 ilustrasi

Kapal Perang Abraham Lincoln milik AS (Reuters)

World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) merilis data mengenai Angkatan Laut dari berbagai negara. Mereka memiliki sebuah formula penilaian bernama True Value Rating (TvR) yang menaksir kekuatan angkatan laut dari sebuah negara berdasarkan beberapa aspek.

Berikut 5 negara dengan Angkatan Laut paling ditakuti dunia 2022, sebagaimana dikutip dari WDMMW :

1. Amerika Serikat

Negara dengan angkatan laut paling ditakuti dunia pertama adalah Amerika Serikat. Negeri Paman Sam ini menempati posisi pertama dengan skor TvR mencapai 323,9.

Angkatan laut Amerika Serikat memiliki 243 unit armada kapal aktif dengan perincian 11 unit kapal induk, 68 unit kapal selam, 131 unit armada kapal utama, dan 33 kapal amfibi. Angkatan laut Amerika Serikat didirikan pada 1775 atau 247 tahun yang lalu dan saat ini menjadi angkatan laut paling ditakuti di dunia.

 

2. China

Negara dengan angkatan laut paling ditakuti dunia kedua ditempati oleh China. China memiliki Tentara Pembebasan Rakyat yang merupakan tentara nasional yang berada di bawah naungan partai komunis. Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, sebenarnya armada angkatan laut China jauh lebih banyak, yaitu sebanyak 417 armada kapal aktif.

Namun, WDMMW menempatkan China di urutan kedua dengan TvR sebesar 319,8. Angkatan laut China sudah berdiri sejak 1949 dan memiliki armada kapal dengan perincian 3 unit kapal induk, 72 unit kapal selam, 333 unit armada kapal utama, dan 9 unit kapal amfibi.

3. Rusia

Negara dengan angkatan laut paling ditakuti dunia ketiga diduduki oleh Rusia. Angkatan Laut Rusia memiliki nilai TvR sebesar 242,3 dan 265 unit armada kapal aktif.

Jika diperinci, Rusia memiliki 1 unit kapal induk, 58 unit kapal selam, 185 unit armada kapal utama, dan 21 unit kapal amfibi. Angkatan Laut Rusia ini sudah didirikan sejak 1696 dengan nama "Imperial Russian Navy".

4. Indonesia

Negara dengan angkatan laut paling ditakuti dunia keempat diduduki oleh Indonesia. Indonesia mendapatkan nilai TvR sebesar 137,3 dan memiliki 242 unit kapal armada laut. Jika diperinci, Indonesia memiliki 4 unit kapal selam, 208 unit armada kapal utama, dan 30 unit kapal amfibi.

ilustrasi

TNI Angkatan Laut didirikan bersamaan dengan kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 1945. Menempati urutan keempat, kita pun harus bangga dengan angkatan laut Tanah Air.

5. Korea Selatan

Negara dengan angkatan laut paling ditakuti dunia kelima adalah Korea Selatan. Dengan 138 unit armada kapal, Korea Selatan mendapatkan skor TvR sebesar 122,9.

Secara terperinci, armada kapal Korea Selatan terdiri dari 18 unit kapal selam, 110 unit armada kapal utama, dan 10 unit kapal amfibi dan telah berdiri sejak 1945.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini