Share

Simak Alasan Mengapa Tidak Ada Indomaret dan Alfamart di Padang, Patut Dicontoh!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 406 2620364 simak-alasan-mengapa-tidak-ada-indomaret-dan-alfamart-di-padang-patut-dicontoh-gXEDqcC1I5.jpg Kota Tua Padang, Sumatera Barat (ANTARA)

ALASAN mengapa tidak ada Indomaret dan Alfamart di Padang, Sumatera Barat. Minimarket Indomaret dan Alfamart tentu tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Bagaimana tidak, hampir di setiap penjuru daerah Indonesia terdapat keduanya. Bahkan, di beberapa daerah nampak kedua minimarket ini berdiri saling berhadapan maupun bersandingan.

Namun, saat berkunjung di wilayah Sumatera Barat terutama Padang, Anda tak akan menemukan kedua minimarket populer itu. Lantas, apa alasan tidak ada Indomaret dan Alfamart di Padang? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Mengapa Tidak Ada Indomaret dan Alfamart di Padang?

Padang termasuk salah satu gerbang pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia dalam bidang perdagangan. Tak heran jika kota satu ini banyak dikunjungi, baik yang berbisnis maupun berwisata.

Meski memiliki tempat yang strategis, usut punya usut, ternyata pemerintah daerah (Pemda) Sumatera Barat tidak memberikan izin kepada perusahaan waralaba tersebut.

Izin tak diberikan sebab dikhawatirkan akan mematikan bisnis kecil dan pedagang tradisional di daerah Padang. Kehadiran kedua minimarket ini dipercaya pemerintah setempat dapat merusak ekonomi daerah Sumatera Barat dalam jangka panjang.

Selain itu, dikhawatirkan masyarakat akan lebih tertarik untuk mengunjungi toko modern dengan barang-barang lengkap dan harga jual pasti.

Nyatanya kebijakan ini mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan di luar Sumatera Barat. Dengan begitu, diharapkan pengusaha lokal dapat bergerak di bidang ritel untuk mengambil peluang tersebut.

Pemda dan masyarakat Sumatera Barat juga meyakini bahwa warga lokal akan mampu membuat bisnis modern retail outlet (MRO) semacam toserba yang dimiliki oleh perorangan tanpa adanya kehadiran kedua ritel waralaba tersebut. Apalagi orang Minang dikenal sebagai pelaku bisnis dengan kebiasaan berdagang sejak zaman dulu.

ilustrasi

Demikian alasan mengapa tidak ada Indomaret dan Alfamart di Padang, Sumatera Barat. Kebijakan pemda Sumbar ini layaknya diikuti oleh pemda kota maupun kabupaten lain guna mendukung UMKM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini