Share

5 Kebiasaan Unik Nelayan Indonesia yang Takkan Pernah Dijumpai di Negara Lain

Syifa Fauziah, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 406 2620534 5-kebiasaan-unik-nelayan-indonesia-yang-takkan-pernah-dijumpai-di-negara-lain-GqL2g1Qmzq.jpg Aktivitas nelayan di Kampung Jawa, Banda Aceh (Foto ANTARA/Ampelsa)

INDONESIA merupakan negara kepulauan yang dikelilingi dengan lautan yang luas. Sebanyak 2 juta lebih penduduk Indonesia bekerja sebagai nelayan.

Meskipun teknologi sudah canggih, namun masih banyak nelayan di Indonesia yang mencari ikan di laut dengan cara tradisional. Selain itu juga banyak kebiasaan unik yang dilakukan nelayan Indonesia yang takkan pernah dijumpai di negara lain.

 BACA JUGA:4 Tradisi Unik Suku di Indonesia, Meruncingkan Gigi hingga Culik Calon Pengantin

Apa saja yah kebiasaan itu? Berikut ulasannya dari berbagai sumber :

1. Melihat tanda-tanda alam sebelum melaut

Kebiasaan unik pertama yang kerap dilakukan oleh nelayan Indonesia adalah dengan melihat tanda-tanda alam sebelum pergi berlayar.

Para nelayan akan melihat ke langit, bila cerah tandanya mereka bisa pergi melaut, namun bila gelap dan tidak ada awan sama sekali tandanya kondisi di tengah laut sedang berangin kencang. Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh nelayan di daerah Natuna, Ranai, dan Kepulauan Riau.

 

2. Melakukan ritual

Para nelayan di Kelurahan Paoman, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat biasanya melakukan ritual khusus sebelum pergi melaut. Ritual itu tidak tidur berbaring sepanjang malam di atas kapal.

 BACA JUGA:Mengenal Tradisi Nginang yang Hampir Punah di Indonesia

3. Membaca mantra

Selain itu para nelayan juga biasanya memiliki mantra khusus yang berbau klenik untuk membantu tangkapan ikan melimpah. Biasanya mereka membawa pisang manis ke lokasi yang dituju untuk menebar jaring. Setelah itu, para nelayan harus membalik celana dalam dan membaca mantra yang diambil dari potongan ayat Al Quran.

4. Melarung

Melarung merupakan tradisi khas Indonesia yang sudah ada sejak lama. Tradisi ini sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberkahan yang sudah didapatkan.

Biasanya para nelayan ini akan membuat makanan cukup banyak lalu menyusun buah dan makanan lainnya. Setelah itu semua makanan itu dibawa ke laut sebagai bentuk sedekah laut.

 ilustrasi

5. Mitos hiu paus

Dan yang terakhir ada mitos soal hiu paus. Biasanya saat kedatangan hiu paus pertanda akan adanya sesuatu.

Staf Program Kelautan dan Perikanan WWF-Indonesia Achmad Mustofa menyebut, nelayan di Cirebon dilarang melaut apabila menjumpai hiu paus. Menurut adat setempat, hewan tersebut dianggap sebagai tanda kesialan.

Itulah lima kebiasaan nelayan Indonesia yang takkan pernah dijumpai di negara lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini