Share

10 Kue Khas Banjar yang Sering Diburu Wisatawan, Cocok Buat Oleh-Oleh

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 301 2621194 10-kue-khas-banjar-yang-sering-diburu-wisatawan-cocok-buat-oleh-oleh-oh6CJdPPnr.jpg Lapis India, salah satu kue khas Banjar paling diburu wisatawan (Cookpad.com)

KUE khas Banjar menjadi salah satu kudapan yang sering diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Kue-kue tradisional ini kadang hanya ada pada waktu tertentu saja, seperti saat bulan suci Ramadan.

Banjarmasin, Kalimantan Selatan memiliki banyak hal-hal menarik yang bisa dikulik. Salah satunya adalah kue-kue tradisionalnya yang cocok juga dijadikan oleh-oleh.

Bagi yang belum pernah mencobanya, berikut adalah rekomendasi 10 kue khas Banjar. Yuk simak.

 BACA JUGA:10 Kuliner Malam Solo yang Enak dan Wajib Dikunjungi, Bikin Ketagihan!

10 Kue Khas Banjar

 

1. Bingka

Kue Bingka merupakan kue tradisional khas Kalimantan yang paling terkenal. Cita rasanya yang lezat dan sedikit berminyak ini mampu menggoyang lidah siapa saja yang memakan kue ini. Kue ini tersaji dalam berbagai bentuk dan dengan ukuran yang cukup besar. Saat ini juga sudah tersedia banyak variasi rasa kue bingka.

 ilustrasi

Bingka Banjar

2. Apam Barabai

Ketika mengunjungi Banjarmasin, jangan lupa untuk mencicipi Apam Barabai. Kue yang satu ini cukup unik dan jarang ditemui di tempat lain. Apam Barabai terbuat dari tepung beras, gula putih, gula merah, dan tape singkong.

3. Wadai Rangai

Kue kering yang satu ini terbuat dari bahan dasar sagu. Cita rasanya khas dengan campuran rasa manis dan juga gurih. Wadai Rangai bisa anda jadikan oleh-oleh karena kue ini bisa tahan cukup lama.

 BACA JUGA:Liburan di Setu Babakan, Ini 6 Kuliner Khas Betawi yang Bisa Dicicipi

4. Sesumapan

Sesumapan sekilas mirip dengan kue talam. Bedanya, Sesumapan berbentuk kotak dan terdiri dari tiga layer warna. Kue khas Banjar yang satu ini terbuat dari tepung beras dan pandan yang dimasak dengan cara dikukus. Teksturnya lembut dengan rasa manis dan sedikit gurih.

 

5. Ipau

Banjarmasin memiliki kue khas yang mirip dengan pizza Italia. Kue ini diberi nama Ipau. Ipau terbuat dari tepung yang dibuat tipis lalu diberi isian sayur, daging, dan kentang. Kue tradisional ini menjadi salah satu primadona saat bulan puasa.

6. Kue Lam

Kue Lam terdiri dari dua jenis, yaitu Kue Lam basah dan Kue Lam kering. Bahan dasarnya pun sama, yaitu tepung terigu, susu, gula, dan lain-lain. Cita rasanya yang khas dan lezat menjadi alasan warga lokal dan wisatawan memburu kue ini.

7. Amparan Tatak Pisang

Kudapan yang satu ini sering ditemukan pada saat bulan suci ramadhan. Amparan Tatak Pisang terlihat seperti kue lapis dengan potongan pisang di dalamnya. Rasanya manis dan teksturnya lembut.

8. Roti Pisang

Satu lagi kue yang akan sering muncul di bulan ramadhan, yaitu roti pisan. Jajanan basah khas Banjarmasin ini memiliki cita rasa yang lezat dan teksturnya lembut.

 ilustrasi

9. Sarimuka

Kue yang satu ini terbuat dari gula merah dan ketan yang membuat Sarimuka terasa gurih dan manis. Lapisan pertama dari kue ini terasa lembut, sedangkan lapisan berwarna putihnya terasa lebih padat.

10. Lapis India

Meski membawa nama India, namun lapis yang satu ini adalah jajanan khas Banjar. Kue lapis yang satu ini terlihat unik dengan bentuk yang meliuk-liuk dan teksturnya yang lembut. Rasanya dominan manis.

Itukah rekomendasi 10 kue khas Banjar yang wajib anda cicipi. Apakah anda tertarik?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini