Share

Mantap! Ranking Indeks Pariwisata Indonesia Melesat Salip Thailand dan Malaysia

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 406 2620799 mantap-ranking-indeks-pariwisata-indonesia-melesat-salip-thailand-dan-malaysia-Vmad1smJy2.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyebut indeks pariwisata Indonesia mengalami kenaikan signifikan.

Hal ini setelah Indonesia diklaim mampu mengendalikan Covid-19 dengan pengendalian kesehatan, ditambah dengan pengembangan eco tourism dan sport tourism yang kini dicari para para wisatawan.

Menurut Sandi, indeks pariwisata Indonesia naik 12 tingkat mengungguli negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Vietnam, hingga Malaysia.

Kini disebutkan Sandi, Indonesia berada di posisi 32 dunia, dari sebelumnya berada di posisi 44 pada travel and tourism development index.

Infografis Destinasi Super Prioritas

"Kenapa, kita bisa melewati Thailand, Vietnam, Malaysia yang infrastrukturnya jauh lebih terinterkoneksi dari kita, karena kita melakukan shifting kepada pariwisata yang berkualitas berbasis kesehatan," kata Sandiaga Uno saat meresmikan Smart Tourism and Infrastructure Hospitality, di Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Rabu, 29 Juni 2022.

Pengendalian pandemi Covid-19 lanjut Sandi, menjadi bagian dari upaya membangkitkan ekonomi di sektor pariwisata.

Salah satu upayanya dengan menerapkan verifikasi Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE), yang kini menjadi tren di sektor pariwisata saat pandemi Covid-19 masih melanda.

"Dunia memberikan pengakuan. Saya diundang ke sidang umum PBB untuk menceritakan bagaimana pariwisata kita bisa bangkit dan menjadi yang terbaik di ASEAN, setelah Singapura," tutur mantan Wagub DKI Jakarta ini.

Menurut Sandi, bangkitnya beberapa desa wisata juga menjadi kunci kebangkitan sektor pariwisata Indonesia. Dua contoh desa wisata yang disampaikan Sandiaga di sidang umum PBB yakni Desa Wisata Pujon Kidul dan Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

"Saya ceritakan salah satu kuncinya adalah desa wisata. Di Kabupaten Malang misalnya, ada dua desa wisata yang menjadi unggulan. Di sini teman-teman Gekraf, HIPMI, semua sudah saya ajak ke desa wisata Pujon Kidul, yang tahun ini kita akan ajukan sebagai desa wisata terbaik dunia di UNWTO. Yang punya kafe unggulan dengan kafe mewah, singkatan dari mepet sawah. Dan desa wisata Sanankerto Boonpring, ini unggulannya adalah bambu," terang Sandi.

Hal kecil inilah yang disebut Sandiaga Uno membuat posisi Indonesia di indeks pariwisata dunia naik 12 peringkat menyalip negara-negara Asia Tenggara lainnya.

"Hal kecil tapi kita meloncat, 12 posisi karena kita memiliki kemampuan untuk melakukan transformasi tengah pandemi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini