Share

Sandiaga Uno Dorong Pemanfaatan Teknologi Bangkitkan Sektor Pariwisata

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 406 2620861 sandiaga-uno-dorong-pemanfaatan-teknologi-bangkitkan-sektor-pariwisata-VjuzaPBvlE.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong penggunaan perangkat teknologi dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas sektor pariwisata di dalam negeri.

Sandiaga pada saat meresmikan Smart Tourism and Infrastructure Hospitality yang digagas Universitas Merdeka Malang di Kota Malang, Jawa Timur, mengatakan, pandemi Covid-19 menyebabkan sektor pariwisata bertransformasi untuk mengedepankan kualitas.

"Pandemi membawa pelajaran. Pariwisata mengalami transformasi untuk membangun kualitas. Terjadi pergeseran dari jumlah kunjungan wisatawan, menjadi berapa lama mereka tinggal," kata Sandiaga.

Ia menjelaskan, dengan waktu yang lebih lama bagi para wisatawan untuk singgah di daerah tujuan wisata tersebut, diharapkan mampu memberikan dampak terhadap ekonomi lokal termasuk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dengan kondisi tersebut, lanjutnya, maka diperlukan aksesbilitas yang memudahkan para wisatawan. Aplikasi Smart Tourism and Insfrastructure Hospitality diharapkan bisa menjawab tantangan untuk memudahkan para wisatawan itu.

"Saya sangat menyambut baik Universitas Merdeka Malang memulai Smart Tourism and Infrastructure Hospitality. Ini akan menjadi salah satu wahana kita untuk meningkatkan ICT dan juga bisa memotret perilaku konsumen ke arah baru industri pariwisata," paparnya.

Menurut Sandi, sektor pariwisata Indonesia mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar tiga persen per tahun. Namun, pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona memberikan dampak yang cukup dalam terhadap sektor pariwisata Indonesia.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini menambahkan, pandemi Covid-19 tersebut memberikan dampak terhadap 34 juta masyarakat Indonesia yang terbagi dari sebanyak 14 juta orang merupakan pelaku sektor pariwisata dan sisanya berada pada sektor industri kreatif.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Dengan adanya terobosan semacam ini, diharapkan dapat membuka 1,1 juta lapangan kerja baru pada tahun ini dan pada 2024 menjadi 4,4 juta lapangan kerja baru," katanya.

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Merdeka Malang Prof Anwar Sanusi mengatakan bahwa aplikasi Smart Tourism and Infrastructure Hospitality bertujuan untuk memudahkan kebutuhan para wisatawan saat berwisata ke suatu daerah.

Dalam aplikasi tersebut, para wisatawan akan diberikan kemudahan untuk perencanaan lokasi destinasi wisata, hingga pemesanan tempat untuk menginap. Aplikasi tersebut diharapkan bisa dipergunakan oleh para wisatawan untuk memenuhi kebutuhan pada saat berlibur.

"Dengan adanya launching ini, semoga diharapkan bisa memudahkan keperluan wisata bagi para wisatawan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini