Share

7 Negara Ini Memiliki Kosakata yang Sama dengan Bahasa Indonesia, Apa Saja?

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 406 2621126 7-negara-ini-memiliki-kosakata-yang-sama-dengan-bahasa-indonesia-apa-saja-7gwI5vzEy2.jpg Belajar bahasa (Ourkidsmagazine)

ADA 7 negara yang memiliki kosakata sama dengan bahasa Indonesia. Padahal, negara-negara ini bukan tetangganya Indonesia. Wilayahnya saja terpaut cukup jauh dari nusantara. Tapi, kok punya kosakata sama dengan Indonesia?

Hal ini tentu saja dipengaruhi hubungan antara Indonesia dengan negara-negara tersebut sejak dulu, baik pada masa penjajahan hingga adaptasi bahasa.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 negara yang memiliki kosakata bahasa sama dengan Indonesia. Apa saja?

1. Belanda

Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun. Maka tak heran, apabila ada kosakata kedua negara yang hampir menyerupai dari segi ucapannya.

 BACA JUGA:5 Negara yang Menyediakan Air Minum Gratis untuk Rakyatnya, Nomor 4 Tetangga Indonesia

Bahasa-bahasa yang sama antara Indonesia dan Belanda ini mulai dari percakapan sehari-hari, nama benda, hingga nama-nama makanan. Berikut tujuh di antaranya;

Antik = Antiek

Andil = Aandeel

Ritsleting = Ritsleting

Rem = Rem

Pistol = Pistool

Tas = Tas

Kopi = Kopie

2. Arab

Sebagian bahasa Indonesia juga diadaptasi dari kosakata Arab. Hal ini tak lepas dari peran para pedagang dari Jazirah Arab dulu yang berniaga sekaligus menyebarkan Islam ke nusantara.

Beberapa kosakata Indonesia yang mirip dengan bahasa Arab, dan biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Berikut tujuh di antaranya;

Mustahil = Mustahil

Sabar = Sabr

Kamis = Khamis

Jadwal = Jadwal

Asli = Asli

Miskin = Miskin

Nafas = Nafas

 ilustrasi

3. Afrika Selatan

Bahasa Afrika Selatan juga punya kemiripan dengan kosakata Indonesia, lho. Bahkan memiliki persamaan pengucapan dan arti, meski tak ada riwajat penjajahan antarkedua negara.

 BACA JUGA: 6 Destinasi Wisata di Indonesia yang Nyaman untuk WFA, Bisa Bekerja Sambil Liburan

Berikut tujuh di antaranya kosakata kedua negara tersebut yang sama-sama mirip;

Kamar= Kamer

Keran = Kraan

Selamat = Slamat

Kalkun = Kalkoen

Wortel = Wortel

Ember = Emmer

Gorden = Gordyn

4. Portugal

Seperti halnya Belanda, bangsa Portugis pernah menjajah sebagian wilayah nusantara. Hal ini tentu saja juga berpengaruh ke bahasa.

Ada beberapa kosakata milik Indonesia terdengar mirip dengan bahasa Portugal. Beberapa kosakata tersebut, tujuh di antaranya;

Bola = Bola

Mentega = Manteiga

Sepatu = Sapato

Pita = Fita

Bendera = Bandeira

Palsu = Falso

Gereja = Igreja

5. Irak, Afganistan, Uzbekistan (Bahasa Persia)

Pengaruh Persia terhadap Indonesia kebanyakan dalam bidang kebudayaan, pemikiran, kesusastraan, hingga ajaran tasawuf atau sufisme. Tak heran jika ada kosakata Indonesia ada yang mirip bahasa Persia, terutama dari segi pengucapan.

Wilayah Persia di antaranya meliputi Irak, Iran, Afganistan hingga Uzbekistan. Berikut tujuh kosakata Indonesia mirip Perisa :

Nahkoda = Nakhoda

Piala = Peeyale

Nisan = Nisan

Jawab = Javab

Nasihat = Nasihat

Pahlawan = Pahlevan

Kismis = Keshmesh

6. India

India memiliki kosakata, bahasa dan pengucapan yang serupa dengan Indonesia. Hal ini dikarenakan, hubungan antara Indonesia dan India sudah terjalin sejak lama melalui perdagangan.

Tak hanya itu saja, bahkan budaya, tradisi, agama, dan bahasa juga memiliki kesamaan antar keduanya. Berikut ini tujuh di antaranya;

Mangga = Manga

Utara = Uttar

Bahasa = Bhasha

Asli = Asli

Kapal = Kappal

Sabun = Shaban

Manusia = Manush

 ilustrasi

7. Filipina

Filipina memiliki bahasa resmi bernama Tagalog, dan terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Akan tetapi ternyata, terdapat di antaranya beberapa kosakata Tagalog yang mirip dengan bahasa Indonesia.

Kemiripan kosakata antara Filipina dan Indonesia ini bukan hanya dari pengucapannya saja, tapi juga cara penulisannya pun tak jauh berbeda. Berikut tujuh di antaranya;

Kambing = Kambing

Utang = Utang

Pintu = Pinto

Bulan = Buwan

Takut = Takot

Bola = Bola

Langit = Langit

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini