Share

Ada Dedemit Menyeramkan di Museum Taman Prasasti!

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 406 2621958 ada-dedemit-menyeramkan-di-museum-taman-prasasti-anwAac1QOk.jpg Museum Taman Prasasti di Jakarta (Instagram @museumprasati)

MUSEUM Taman Prasasti merupakan salah satu cagar budaya peninggalan kolonial Belanda yang terletak di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Berdirinya Museum Taman Prasasti digunakan untuk mengenang peninggalan sejarang yang ada di Ibu Kota Jakarta. Terdapat banyak koleksi yang menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat warga, terutama mereka yang memang mempunyai minat besar dan tertarik dengan sejarah.

Terdapat banyak koleksi yang bisa dilihat di Museum Taman Prasasti seperti prasasti nisan kuno, miniatur makam khas 27 provinsi di Indonesia, serta koleksi kereta jenazah antik. 

Dibangun di era kolonial Belanda membuat Museum Taman Prasasti ini tak luput dari rumor yang mengatakan bahwa museum yang menyimpan beragam koleksi itu angker dan berhantu.

Konon katanya, sebelum Museum Taman Prasasti berdiri, tanah seluas 5,5 hektar di mana Museum Taman Prasasti kini menjulang dengan megahnya merupakan tanah bekas pemakaman umum bernama Kebon Jahe Kober.

Lalu, pada tahun 1795, tanah tersebut dirombak dan didirikanlah Museum Taman Prasasti untuk menggantikan kuburan lain di samping gereja Belanda yang bernama Gereja Nieuw Hollandsche Kerk.

 ilustrasi

Source: Roov.id 

Berdiri di tanah bekas pemakaman tentu saja menjadi bukti kuat bahwa rumor yang ada bukan hanya sekedar spekulasi dan omong kosong belaka. Beberapa pengunjung yang pernah berkunjung ke sana bahkan petugas yang berjaga sempat mengungkapkan bahwa keangkeran Museum Taman Prasasti bukanlah fiktif semata karena mereka bisa merasakan hawa mistis dan melihat makhluk tak kasat mata di dalam museum tersebut.

Sosok Kapten Jas dan sosok si muka hitam bertanduk yang konon katanya menjadi penunggu Museum Taman Prasasti adalah salah satu dari banyaknya cerita horor yang terkenal dan paling banyak didengar oleh masyarakat.

Selain itu, ada cerita lain yang mengatakan bahwa Museum Taman Prasasti juga ditempati oleh seorang dedemit yang sering kali mengganggu warga sekitar dan menampakkan diri menjadi sosok seorang wanita cantik.

Kejadian mistis ini ternyata pernah dialami secara langsung oleh seorang satpam yang baru dipindah tugaskan untuk menjaga gedung sebelah museum Makam Prasasti. Satpam yang bernama Akbar tersebut mengaku mendapatkan gangguan saat sedang bekerja di malam hari.

Katanya, tidak ada aneh ketika seorang wanita cantik menghampiri dan meminta tolong untuk mengantarkannya ke suatu tempat.

Sayangnya, dugaannya tersebut meleset jauh. Niat menolong malah ketemu sama dedemit menyeramkan. Duh, ngeri! Gimana ya kelanjutan kisahnya?

Yuk, dengerin Live Podcast Hajatan Jakarte Eps 3, Jumat 1 Juli 2022 pukul 20:00 WIB untuk mengetahui cerita lengkapnya.

Download aplikasi Roov di Google Play Store dan Apple App Store sekarang!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini