Share

10 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Ucapkan pada Pramugari

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 406 2622042 10-hal-yang-sebaiknya-tidak-kamu-ucapkan-pada-pramugari-bpmYHkadGO.jpg Ilustrasi Pramugari (Stutterstock)

ADA 10 hal yang sebaiknya tidak kamu ucapkan pada pramugari, karena bisa membuat mereka tidak nyaman, kesal, bahkan tersinggung. Apa saja kalimat itu?

Pramugari merupakan bagian terpenting dari pesawat terbang. Tanpa adanya pramugari, seluruh pelayanan hingga kebutuhan para penumpang sulit terpenuhi. Jadi, Anda harus menghormati mereka.

Ada sejumlah kalimat yang tidak boleh diucapkan kepada pramugari, dan jika itu dilakukan maka dianggap tidak sopan. Bahkan bisa jadi Anda akan di blacklist dari daftar maskapainya.

 BACA JUGA:Tipe Penumpang yang Selalu Dilirik oleh Pramugari saat Penerbangan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 10 kalimat yang dilarang diucapkan kepada pramugari. Hati-hati, ya.

1. “Senyum dong”

Apabila Anda mengucapkan kalimat ini, maka jangan pernah sekali-kali mengulanginya lagi. Menurut pramugari, tanpa diminta tersenyum mereka akan selalu berusaha tersenyum setiap saat.

Akan tetapi jika mungkin kebetulan pramugari sedang tidak memberikan senyumannya, bukan berarti mereka lupa akan tugasnya. Perlu diingat, mereka paham kapan seharusnya tersenyum dan tidak.

 ilustrasi

Pramugari

2. “Kok terlihat ngantuk?”

Profesi pramugari tidaklah mudah, terlihat selalu fit dan bugar adalah bagian dari tuntutan pekerjaannya. Akan tetapi tanpa disadari jika mereka merasa kelelahan, secara tidak sengaja akan memperlihatkan wajah seperti mengantuk.

Oleh karena itu, Anda jangan pernah melontarkan kalimat "kok terlihat ngantuk?" Hal ini akan berpengaruh terhadap produktivitas mereka, walau sebenarnya benar sedang kelelahan, tapi alangkah baiknya penumpang diam saja.

3. “Hari ini saya ulang tahun, boleh dong dapat minuman gratis!”

Mungkin Anda pernah berpikir, kalimat meminta minuman gratis hanyalah kalimat bercandaan. Jika ternyata Anda bisa sampai mengucapkan kalimat tersebut, maka secara tidak langsung sudah membuat image diri Anda drop di mata pramugari.

 BACA JUGA:4 Kisah Pramugari Cantik yang Bikin Heboh Netizen, Nomor 3 Miris Banget

Namun jika ingin meminta sesuatu, alangkah baiknya mengucapkannya dengan bahasa dan gaya yang sopan. Dengan begitu, mereka akan respect terhadap Anda.

4. “Dapatkah kamu membantuku mengganti popok anak saya?”

 

Bagi Anda yang memiliki bayi, berusahalah untuk tidak mengatakan hal tersebut ke pramugari. Jangan samakan profesi ini seperti layaknya baby sitter, yang mana tugasnya mengurus segala keperluan anak.

Meskipun salah satu tugas pramugari adalah membantu para penumpang, namun untuk hal yang satu ini lebih baik Anda melakukannya sendiri.

5. “Apa yang kamu lakukan sejak tadi?”

Terkadang celetukan seperti ini diutarakan kepada pramugari, yakni oleh penumpang. Nah, sebelum bertanya hal-hal yang dikerjakan pramugari, alangkah baiknya membaca dulu daftar pekerjaan yang mereka lakukan.

Jika hal itu diucapkan, maka akan membuat pramugari bisa sakit hati. Pramugari sudah susah payah membuat para penumpang merasa nyaman. Tapi mereka akan merasa tidak dihargai sedikit pun.

 BACA JUGA:5 Hal yang Dibenci oleh Pramugari saat Bertugas, Nomor 3 Paling Sering Terjadi di Pesawat

6. “Kapan bisa dinner bareng?”

Mungkin beberapa pramugari akan dirayu oleh penumpang dengan kalimat semacam itu. Dan hal tersebut kerap terjadi, menggoda para pramugari yang sedang melayani.

Namun sayang sekali, pramugari sudah terlatih untuk menolak setiap ajakan tanpa memperlihatkan ketidaksukaannya. Jika Anda terus memaksa, bisa jadi akan timbul masalah karena dianggap sebagai pelecehan.

7. “Boleh minta kontak pribadi?”

Kesediaan pramugari dalam melayani para penumpang, merupakan bagian dari tanggung jawab mereka. Akan tetapi untuk hal-hal personal, seperti kontak pribadi tidak seharusnya Anda tanyakan.

Jika Anda tetap memaksa meminta informasi pribadi mereka, maka pramugari akan merasa tidak nyaman. Sebab semua itu merupakan sesuatu yang privasi, dan tidak sopan ditanyakan.

8. “Saya benci merepotkan Kamu, tapi saya minta tolong dong ..”

Membantu para penumpang dalam memenuhi kepuasan selama penerbangan, adalah tugas pramugari. Namun jangan pernah sesekali mengatakan, tidak merasa enak saat akan meminta tolong kepada mereka.

 ilustrasi

Maka jika Anda membutuhkan sesuatu, katakan saja dan jangan lupa sematkan kata "tolong", ketika Anda ingin meminta bantuan mereka.

9. “Duh, gara-gara Kamu saya jadi telat nih”

Nah, kalau penerbangan Anda terlambat jangan pernah menyalahkan pramugari. Ini karena jadwal penerbangan dan lalu lintas di udara, sudah diatur sesuai dengan manajemen penerbangan.

Untuk manajemen waktu dan jika Anda merasa takut terlambat, maka bisa memilih jam penerbangan yang lebih awal. Guna mengantisipasi Anda tidak terlambat, apalagi sampai menyalahkan pramugari.

10. "Pramugari cuma pelayan yang dimuliakan”

Meskipun tugas pramugari ada membantu para penumpang, namu jangan pernah Anda sesekali mengatakan; "Pramugari cuma pelayan yang dimuliakan”.

Maka jika Anda mengatakan itu, akan melukai hati mereka. Seakan-akan dipandang dan dianggap rendahan, hanya karena kata-kata "pelayan". (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini