Share

18 Tempat Wisata di Indonesia yang Jarang Dikunjungi, Pesonanya bak Serpihan Surga

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 408 2621816 18-tempat-wisata-di-indonesia-yang-jarang-dikunjungi-pesonanya-bak-serpihan-surga-5OULSRD0VL.jpg Pulau Kenawa di Sumbawa Barat, NTB (Instagram @hardiawan_w)

ADA 18 tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan bentangan alam yang luar biasa. Hampir di semua wilayah Indonesia terdapat tempat wisata yang sungguh menakjubkan.

Tapi, keindahan tempat wisata itu jarang terekspos dan jarang dikunjungi. Pasalnya, untuk sampai ke sana membutuhkan tenaga yang kuat karena medan yang terjal dan alasan lainnya.

Lantas, mana saja tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

18 Tempat Wisata di Indonesia yang Jarang Dikunjungi

Berikut ini 18 tempat wisata yang jarang dikunjungi di Indonesia, dilansir oleh berbagai sumber.

1. Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Air terjun yang berada di Probolinggo, Jawa Timur ini memiliki ketinggian mencapai 200 meter. Tempat wisata ini memiliki nuansa alam yang sangat asri dan dipadukan dengan pemandangan air terjun yang menjulang tinggi.

Keindahan tersebut semakin lengkap lantaran lokasi air terjun dapat terlihat di antara tebing–tebing yang menambah kesan eksotis. Air terjun ini dapat disebut air terjun abadi sebab dari zaman dulu hingga kini airnya tak pernah surut bahkan saat musim kemarau tiba.

ilustrasi

Air Terjun Madakaripura

2. Air Terjun Benang Stokel

Lombok tidak hanya terkenal dengan Gunung Rinjani dan Pantai Senggiginya saja. Di sini ada banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah air terjun Benang Stokel yang memiliki tinggi 20 meter.

Uniknya, air terjun ini bentuknya mirip ikatan benang dan memiliki air yang sangat jernih sehingga memungkinkanuntuk melihat dasar sungai. Di sekitar air terjun terdapat pepohonan rimbun yang menambah suasana jadi sangat asri.

3. Goa Jomblang

Yogyakarta termasuk salah satu daerah wisata yang banyak dikunjungi. Di sana ada banyak ditemui tempat wisata, mulai dari wisata alam, edukasi hingga kuliner. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Goa Jomblang dengan tinggi 60 meter.

Di goa ini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan hutan purba serta adanya sungai bawah tanah. Pesona goa Jomblang ini ternyata sudah mendunia sebab pada tahun 2011 pernah dijadikan tempat shooting acara Amazing Race Amerika.

4. Pantai Pulau Merah

Banyuwangi menjadi salah satu tempat wisata populer di Jawa Timur yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain terkenal dengan Kawah Ijen, daerah ini juga memiliki pantai yang cantik, yaitu Pantai Pulau Merah.

ilustrasi

Pantai Pulau Merah

Pantai yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran ini menyajikan keindahan alam dengan panorama yang mengagumkan. Pengunjung dapat melihat pantai yang masih jernih yang dikelilingi pegunungan hijau.

5. Meru Betiri

Masih di Banyuwangi, selain gunung dan pantai. Daerah ini juga menawarkan tempat wisata berupa hutan tropis yang sangat memukau, yaitu Meru Betiri.

Di tempat wisata itu terdapat ekosistem mangrove, hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah. Selain itu, di Meru Betiri juga terdapat tumbuhan langka ikonik Indonesia seperti rengas dan raflesia dan lainnya. Ada pula satwa liar seperti bajing terbang ekor merah dan kumbang hitam.

6. Kayu Aro

Kebun teh Kayu Aro memiliki luas 2500 meter di Kerinci. Kebun teh tertua di Indonesia ini termasuk kebun teh hitam yang bebas bahan kimia. Masyarakat sekitar percaya bahwa teh yang dibuat dari Kayu Aro adalah teh yang disukai Ratu Inggris dan Ratu Belanda ketika masa penjajahan.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

7. Danau Kaco

Danau Kaco danau yang menyuguhkan pesona sangat indah dengan warna kebiruan dan memiliki air jernih bak kaca yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. Di danau ini, kamu bisa menghirup udara segar sebab lokasi danau berada tepat di kaki Gunung Batuah.

8. Krumutan

Pulau Sumatera ternyata masih menawarkan banyak potensi tempat wisata tersembunyi. Salah satunya Krumutan di Provinsi Riau dengan panorama hutan gambut puluhan ribu hektar yang dihuni satwa-satwa langka dan flora endemik. Pemandangan eksotis bisa kamu saksikan.

9. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa termasuk salah satu pulau di Nusa Tenggara Barat. Pulau ini sangat indah sebab dihiasi hamparan pasir putih dengan rimbunnya pepohonan hijau di tepi pantai, dan kondisi perairan yang jernih. Saat berenang, ikan-ikan dapat jelas terlihat.

10. Waduk Jangari

Di Cianjur juga terdapat tempat wisata tersembunyi, yaitu Waduk Jangari di Kampung Jangari, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Uniknya, di waduk ini terdapat rumah apung serta ribuan keramba ikan.

Apabila datang di waktu tertentu, pengunjung dapat menyaksikan kesenian tradisional dari penduduk setempat berupa tari Jaipong. Para penduduk juga kerap mengajak pengunjung berkeliling waduk menggunakan perahu.

11. Wana Wisata Pokland

Wana Wisata Pokland yang terletak di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan hutan yang membuat hati tenang. Luas tempat ini mencapai 30 hektar dengan menyediakan fasilitas wisata berupa bumi perkemahan, glamping, serta rumah pohon.

12. Bukit Tinggi Daramista, Sumenep

Bukit Tinggi Daramista adalah bukit yang ada di Sumenep. Di sana terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari menjelajahi wilayah sekitar, berfoto selfie, hingga melakukan aktivitas lainnya yang menantang. Saat berkunjung di malam hari akan nampak kerlip lampu yang sangat indah.

13. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura menjadi tempat wisata yang masih jarang dikunjungi di Indonesia selanjutnya. Taman ini di Kebun Raya Cibodas yang dapat diakses dengan mudah menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Sesuai dengan namanya, Taman ini menyuguhkan banyak pohon sakura yang sangat cantik seperti sakura di Jepang.

14. Tumpukan Batu Eksotik

Tumpukan batu eksotik di Goa Lawa, Tegal termasuk tempat wisata yang masih belum banyak dikunjungi. Selain dapat menyaksikan tumpukan batu yang tersusun secara alami, di sini juga bisa mendaki.

15. Pantai Ora

Pantai Ora di Maluku memiliki pesona yang tidak kalah dengan pantai di luar negeri, seperti Pantai Bora–Bora di Samudera Pasifik. Di sini, selain bisa menyaksikan pemandangan pantai dengan air laut sangat jernih, pengunjung juga bisa menyaksikan terumbu karang tinggi, bahkan menjulang ke langit.

16. Pulau Labengki

Salah satu pulau di Indonesia yang jarang dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Labengki di Provinsi Sulawesi Tenggara. Surga tersembunyi ini terhampar cantik dengan menyuguhkan kekayaan alam bawah laut. Para wisatawan umumnya datang untuk melakukan snorkeling.

ilustrasi

17. Teluk Kiluan

Lampung memiliki tempat wisata indah namun jarang dikunjungi, yakni Teluk Kiluan. Tempat ini identik dengan atraksi lumba-lumba di lautan lepas dan ikan paus. Teluk ini memiliki air biru yang sangat jernih dan cocok dikunjungi untuk melepas penat.

18. Air terjun Sipiso-Piso

Setelah berkunjung ke Danau Toba hendaknya bergeser terlebih dahulu. Sebab, tepat di sebelah danau Toba di Desa Tongging, Sumatera Utara, terdapat air terjun Sipiso-Piso yang memiliki tinggi 120 meter. Di sana pengunjung bisa naik ke atas air terjun untuk menikmati pemandangan danau Toba yang menakjubkan dan daerah sekelilingnya dari atas.

Demikian 18 tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi ternyata memiliki pemandangan yang indah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini