Share

Deretan Kelenteng Terindah di Indonesia, Nomor 2 Terbesar di Asia Tenggara

Almas Taqiyya, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 408 2621883 deretan-kelenteng-terindah-di-indonesia-nomor-2-terbesar-di-asia-tenggara-xOBLXmzRnd.JPG Kelenteng Kwan Sing Bio di Tuban, Jawa Timur (kwansingbiotuban.com)

KELENTENG merupakan tempat peribadatan untuk agama Konghucu. Selain memiliki fungsi untuk beribadah, kelenteng kerap dijadikan sebagai tempat wisata religi karena arsitekturnya yang indah.

Umumnya, kelenteng dipenuhi oleh ornamen berwarna merah, kuning hingga keemasan. Berikut beberapa kelenteng terindah di Indonesia.

Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong di Semarang, Jawa Tengah merupakan kelenteng yang terkenal karena bangunannya yang luas dan cantik. Arsitektur Tionghoa yang khas melekat pada kelenteng ini menjadikan wisatawan banyak yang mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong.

Pelancong kerap berkunjung ke Kelenteng Sam Poo Kong untuk berfoto-foto atau hanya sekadar melepas rasa penat.

Kelenteng Sam Poo Kong berlokasi Semarang, tepatnya di Jalan Simongan No. 129. Selain menjadi tempat ibadah dan wisata, kelenteng ini juga termasuk dalam bangunan bersejarah.

Tercatat bahwa kelenteng ini dibangun untuk mengenang sekaligus menghormati Laksamana Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho atau Zheng He merupakan seorang penjelajah dan pelaut asal Tiongkok yang melakukan ekspedisi ke Taiwan dan ke daerah Nusantara.

Kelenteng Kwan Sing Bio

Berlokasi di Tuban, Jawa Timur, Kelenteng Kwan Sing Bio memiliki arsitektur yang megah dan luas. Bahkan, Kelenteng Kwan Sing Bio disebut sebagai kelenteng terbesar di Asia Tenggara dengan luas 4 hektare. Selain itu, kelenteng ini juga menjadi satu-satunya kelenteng di Indonesia yang menghadap ke laut.

Kelenteng Kwan Sing Bio mempunyai simbol pintu masuk yang sedikit berbeda dengan kelenteng lain. Bila umumnya kelenteng menggunakan naga sebagai simbol pintu masuk, maka Kelenteng Kwan Sing Bio menggunakan kepiting untuk simbol pintu masuknya.

Sementara itu, dewa utama yang dipuja di kelenteng ini adalah Dewa Kwan Kong. Bangunan kelenteng yang luas, menghadap ke laut dan memiliki simbol pintu kepiting yang unik ini bisa dijadikan salah satu pilihan wisata.

Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi

Kelenteng yang berlokasi di Palembang. Sumatera Selatan ini mempunyai nama lain Kelenteng Soei Goeat Kiong. Dibangun pada 1839 Masehi, kelenteng ini terletak di selatan Sungai Musi, sungai kebanggaan masyarakat Palembang.

Hingga kini, Kelenteng Chandra Nadi masih kokoh berdiri dan selalu digunakan untuk beribadah, dengan tinggi bangunan mencapai 8,3 meter serta panjang 28 meter dan 11 meter.

Tercatat bahwa kelenteng ini sebelumnya pernah mengalami kebakaran hingga hancur. Akhirnya, dibangun kembali kelenteng yang baru dengan nama Kelenteng Dewi Pengasih, atau yang kini lebih sering dikenal sebagai Kelenteng Chandra Nadi.

ilustrasi

Arsitektur Kelenteng Chandra Nadi masih mempertahankan bentuk arsitektur China yang kuat. Hal ini terlihat dari penggunaan bahan kayu sebagai bahan utama kelenteng. Kemudian, bentuk atap, pintu, dan dinding kelenteng juga dipenuhi warna merah dan ornamen mitologi China.

Selain dapat menikmati bangunan kelenteng yang indah, pengunjung juga dapat melihat deretan permukiman China kuno yang terletak di sisi barat kelenteng. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini