Share

Hiu Putih Ganas Sangat Takut dengan Orca, Peneliti Ungkap Faktanya

Nurul Fitriyah, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 406 2622629 hiu-putih-ganas-sangat-takut-dengan-orca-peneliti-ungkap-faktanya-WRgyAV1j50.JPG Ilustrasi (Foto: iStock)

JULUKAN 'Sang Pembunuh' sangat sesuai untuk disematkan kepada Orca. Ya, mamalia laut ini memang dikenal sebagai predator ganas di lautan, bahkan ia tak segan membantai hiu putih yang juga jadi momok menakutkan di tengah samudera.

Dua paus pembunuh dilaporkan telah membunuh setidaknya delapan ekor hiu putih besar di lepas pantai Afrika Selatan sejak 5 tahun terakhir. Hewan berwarna hitam-putih ini berhasil menakut-nakuti lebih banyak hiu dan hewan laut lainnya.

Para peneliti menemukan bahwa Great Whites telah menghindari daerah tertentu di Pantai Gansbaai karena takut diburu oleh kawanan Orca.

Banyak bangkai hiu terdampar tanpa hati dan jantung, atau dengan luka lain khas bekas cabikan brutal.

Hiu Putih Mati

(Hiu putih mati dibantai Paus Orca, Foto: Ist)

Pakar hiu Dyer Island Conservation Trust menunjukkan hiu begitu khawatir berenang di bawah bayang-bayang buruan Orca.

Gansbaai pernah menjadi tempat terkenal di dunia untuk melihat Great White yang legendaris, dengan turis di seluruh dunia mengunjungi dan mengambil bagian dalam cage diving.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Ilmu Kelautan Afrika, Towner melaporkan bahwa dia telah melacak 14 hiu yang melarikan diri dari daerah tersebut ketika Orca hadir selama periode lima setengah tahun.

Disertai penurunan dramatis dalam penampakan visual di Western Cape Bays tertentu, di mana mereka telah mendominasi selama bertahun-tahun.

Penulis utama studi tersebut mengatakan: “Awalnya, setelah serangan orca di Gansbaai, hiu putih besar individu tidak muncul selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Apa yang tampaknya kita saksikan adalah strategi penghindaran skala besar. Semakin sering Orca mengunjungi wilayah ini, semakin lama hiu putih besar menjauh,”

Sebelum pembantaian terhadap hiu putih besar terjadi sejak pengumpulan data dimulai di Gansbaai mereka tidak hadir selama sepekan atau lebih, satu minggu pada 2007, dan tiga minggu pada 2016 silam.

Penurunan jumlah hiu di kawasan tersebut berdampak pada ekosistem laut, seperti munculnya predator baru di kawasan Bronze Whaler Shark. Towner menambahkan; “Hiu paus perunggu yang diketahui dimakan oleh hiu putih besar juga diserang Orca," tuturnya.

Paus Orca Pembunuh

(Paus Orca paling ditakuti Hiu, Foto: Ist)

Namun, keseimbangan sangat penting dalam ekosistem laut, misalnya, tanpa hiu putih yang membatasi perilaku anjing laut Cape Fur, anjing laut dapat mendahului penguin Afrika yang terancam punah, atau bersaing untuk ikan pelagis kecil jadi makanan mereka sehari-hari.

Meski ini adalah hipotesis sementara, begitu banyak tekanan yang dapat diterima oleh berbagai macam hewan di lautan luas. Fenomena Orca memangsa hiu ini juga berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem laut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini