Share

Prihatin KLM Tiana Tenggelam di Labuan Bajo, Sandiaga: Kami Evaluasi Layanan Kapal Wisata

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 406 2623497 prihatin-klm-tiana-tenggelam-di-labuan-bajo-sandiaga-kami-evaluasi-layanan-kapal-wisata-6S9uMeUztC.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Okezone.com/Novie)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno prihatin dengan insiden tenggelamnya kapal wisata KLM Tiana di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menewaskan dua wisatawan.

"Kami merasa prihatin dengan insiden di Labuan Bajo yang memakan korban," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing (WPB) di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Senin (4/7/2022).

 BACA JUGA:Kapal Wisata KLM Tiana Tenggelam, Sandiaga Uno Kirim Tim Peninjau ke Labuan Bajo

Sandiaga mengatakan bahwa Kemenparekraf melalui Badan Otoritas Labuan Bajo Flores (BOLBF) mengambil tindakan khusus atas insiden tersebut. Mulai dari menindaklanjuti pemenuhan asuransi, hingga mengunjungi korban beserta keluarganya.

 

Agar insiden serupa tak terulang, Kemenparekraf akan mengecek kembali kesiapan seluruh kapal wisata. "Kami mengecek kesiapan armada kapal dan mengevaluasi kesiapan layanan kapal wisata secara khusus," terangnya.

Sandiaga menegaskan, nantinya aturan yang akan diterapkan akan lebih diperketat, khususnya bertepatan dengan musim liburan. Aspek keamanan diperketat dan menjadi keharusan serta di utamakan.

 BACA JUGA:Keterlibatan Milenial Ciptakan Destinasi Wisata Budaya Baru di Labuan Bajo

Sandiaga menambahkan, pentingnya penerapan Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) (CHSE) di setiap armada wisata.

"Sama seperti bus-bus Pariwisata bagaimana kondisi kapal, dan juga bagaimana kondisi nahkoda atau Anak buah kapal ABK yang harus memiliki sertifikasi keselamatan," ujarnya.

Para wisatawan pun sebelumnya bisa mencari tahu dan mengecek langsung, terkait dengan transportasi yang akan digunakan selama liburan. Hal ini, kata Sandiaga, agar mereka mendapatkan layanan aman dan nyaman.

 ilustrasi

Sebelumnya pada Selasa 28 Juni 2022 pagi, kapal wisata KLM Tiana tenggelam di perairan Pulau Kambing saat berlayar menuju Pulau Padar, Labuan Bajo, NTT. Kapal berisi 18 penumpang dan enam anak buah kapal. Dua orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini