Share

5 Manfaat Traveling bagi Kehidupan, Menambah Ilmu hingga Bertemu Jodoh

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 549 2623769 5-manfaat-traveling-bagi-kehidupan-menambah-ilmu-hingga-bertemu-jodoh-9PzoKYS6tM.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SIAPA sangka, bagi Anda yang hobi traveling dan jalan-jalan ke berbagai daerah bahkan negara, ternyata semua itu punya manfaat lho.

Meskipun terkesan hanya berfoya-foya, menghabiskan waktu dan uang, nyatanya bepergian baik solo maupun rombongan, punya dampak positif bagi jiwa dan raga Anda.

Hal tersebut tentunya bisa dirasakan bagi Anda yang punya hobi traveling. Selain bisa healing, mencari ketenangan, serta menambah kenalan dan pengalaman yang tak bisa terbayarkan oleh apapun.

Lalu apa saja manfaat traveling, yang akhirnya berdampak positif bagi Anda. Berikut seperti Okezone himpun dari berbagai sumber.

1. Mengenal diri sendiri

Tak sedikit orang yang harus berkonsultasi ke psikolog, untuk mencari tahu tentang diri sendiri dan jati dirinya. Nah, lain halnya bagi Anda memilih jalur traveling, untuk mendapatkan pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Saat traveling mempunyai peran dalam proses menjadi individu yang lebih matang. Serta mendewasakan diri, dan mengenal siapa diri Anda yang sebenarnya.

Infografis Traveling Aman

Saat dalam perjalanan, Anda akan dihadapkan oleh berbagai rintangan. Sehingga hal tersebut akan menuntun Anda untuk membuat keputusan sendiri, secara cepat dan akurat.

2. Menambah wawasan

Manfaat traveling selanjutnya adalah bisa menambah wawasan baru, yang tidak bisa Anda dapatkan dari buku bacaan. Ketika bepergian, Anda akan berada di wilayah baru yang sebelumnya tidak pernah mengetahui, apalagi mengenalnya.

Maka dari situlah ilmu dan pengetahuan Anda akan bertambah, mengingat daerah yang dipijak merupakan sesuatu hal yang baru. Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik, di mana Anda dapat merasakan dan mendapatkannya secara langsung.

3. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Sebagian orang mengatakan, bahwa cara melatih komunikasi yang baik adalah mengikuti organisasi atau kelompok-kelompok tertentu dan berkecimpung di dalamnya. Akan tetapi tahukah Anda, hobi traveling juga bisa meningkatkan kemampuan komunikasi.

Ketika Anda pergi ke suatu daerah atau negara, di mana mayoritas tidak menggunakan bahasa yang Anda gunakan, pasti akan berusaha beradaptasi. Serta mempelajari bahasa yang digunakan di daerah tersebut.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

4. Mengembangkan jiwa kepemimpinan

Manfaat traveling selanjutnya, yaitu mengembangkan jiwa kemampuan yang bisa Anda rasakan. Jika kegiatan tersebut dilakukan secara rutin, maka akan membuat sehat secara mental, emosional dan fisik.

Oleh karena itu, perjalan ini akan mengubah Anda menjadi pribadi yang lebih baik, beserta jiwa kepemimpinan terasah dengan sendirinya.

5. Menemukan teman baru dan jodoh

Lalu manfaat traveling yang bisa Anda rasakan adalah mendapatkan teman baru. Hal ini tidak akan dipungkiri, apalagi bagi Anda yang memilih solo traveling. Maka keadaan akan memaksa untuk berkenalan, dan mencari kawan baru.

Tak hanya itu saja, beberapa di antaranya ada yang mendapatkan jodoh lho. Baik saat traveling keliling Indonesia, atau plesiran ke luar negeri. Bahkan pasangan yang didapat juga akan satu frekuensi, karena memiliki hobi dan minat yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini