Share

8 Etika yang Harus Dikuasai Pramugari saat Bertugas, Nomor 4 agar Penumpang Nyaman

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 406 2624397 8-etika-yang-harus-dikuasai-pramugari-saat-bertugas-nomor-4-agar-penumpang-nyaman-IWzHE193xW.JPG Pramugari Emirates (Foto: Instagram/@alicedrinkcoffee)

SETIAP profesi tentunya harus memiliki skill yang sesuai dengan bidangnya, sehingga dapat mempermudah pekerjaan yang dilakukannya.

Misalnya pramugari, seseorang terjun di dunia bukan hanya mengandalkan kemampuan dan penampilannya saja, tapi juga harus memiliki etika.

Jika Anda melihat pekerjaan pramugari nampak mudah, jangan salah. Mereka dituntut dan harus memiliki manner atau tata krama juga etika yang sangat baik. Lalu apa saja etika apa saja perlu pramugari kuasai, berikut ulasannya seperti dihimpun Okezone dari berbagai sumber.

1. Wajib teliti dalam berbagai hal

Sebelum pesawat take off atau lepas landas, maka pramugari harus memeriksa semua peralatan terlebih dahulu seperti alat pemadam kebakaran, pertolongan pertama dan tabung oksigen.

Kemudian pramugari juga harus betul-betul memastikan, bahwa peralatan tersebut lengkap adanya di setiap kursi penumpang. Setelah itu, pramugari akan memeriksa persediaan makanan dan minuman sebelum lepas landas.

2. Prioritaskan kenyamanan dan keamanan penumpang

Ketika dalam penerbangan, pramugari harus memerhatikan kenyamanan dan keamanan seluruh penumpang yang ada. Pertama-tama, mereka harus mematikan seat belt sudah terpasang dengan benar, dan juga duduk di nomor kursi sesuai yang dipesan.

Infografis Pramugari

Selanjutnya, pramugari juga dapat menawarkan makanan dan minuman kepada para penumpang, ketika penerbangan berlangsung. Misalnya menawarkan kopi, teh hingga snack agar tidak bosan selama terbang.

3. Harus punya sikap tegas dan sabar

Menjadi Pramugari memang tidak mudah yang dilihat, mereka harus memiliki kesabaran yang tinggi dalam menghadapi berbagai macam latar belakang sifat, dan kepribadian penumpang yang berbeda-beda.

Misalnya, ditemukan penumpang yang masih saja belum memasang sabuk pengaman, atau masih mengaktifkan dan mengoperasikan telepon genggamnya. Padahal pesawat sudah siap untuk take off.

Kasus lainnya yaitu ada penumpang mengganggu kenyamanan yang lainnya, berteriak-teriak, marah-marah atau keributan lainnya. Ini menjadi tantangan yang sangat besar bagi pramugari, juga kesabarannya sangatlah diuji.

4. Ramah dan selalu senyum

Seorang pramugari harus selalu ramah, sopan santun, murah senyum dan juga cekatan. Mereka juga harus memiliki kesabaran yang ekstra di segala situasi, misalnya menghadapi penumpang yang kerap membuat ulah atau tidak sabaran karena penerbangan delay.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berkeinginan menjadi pramugari harus siap mental karena kondisi di lapangan akan berbeda-beda, apalagi bertemu dengan banyak orang yang memiliki karakternya masing-masing.

5. Harus siap setiap waktu

Menjadi pramugari harus siap di setiap waktu. Ketika jadwal penerbangan pukul 5 pagi, maka mereka paling lambat harus bangun tidur sekitar jam 3 pagi. Belum lagi segala persiapan sebelum berangkat yang harus perfect, tanpa kekurangan satupun.

Di mana jadwal pesawat dan KA sudah ditentukan. Maka pramugari juga harus mengikuti ritme waktu tersebut, dan terpenting jangan sampai terlambat.

6. Memiliki koordinasi yang baik antar awak pesawat

Selanjutnya, seorang Pramugari merupakan mata dan telinga bagi pilot. Hal ini karena pilot tidak bisa, dan tak mungkin mengecek sendiri bagaimana situasi dan keadaan di area penumpang. Oleh karena itu, koordinasi dan komunikasi yang baik harus tercipta dengan baik antar awak pesawat.

Infografis Pramugari

7. Mampu bekerja dalam tim

Etika yang harus dimiliki oleh pramugari, yaitu bisa bekerja sama dengan tim atau dengan pramugari lainnya, pramugara, hingga pilot. Hal ini agar pekerjaan menjadi lebih mudah, khususnya dalam melayani penumpang selama penerbangan berlangsung.

Contohnya, ada salah satu penumpang yang meminta pertolongan mengangkat kopernya di bagasi kabin, pramugari dan teman seprofesinya bisa membantu meletakan barang tersebut.

8. Ucapkan salam dan terima kasih

Ucapan salam dan terima kasih adalah hal yang harus benar-benar dilakukan pramugari. Misalnya mereka harus memastikan, jika semua penumpang telah memasang sabuk pengaman dengan baik ketika pesawat akan mendarat.

Lalu ketika pesawat mendarat dan penumpang bersiap turun, pramugari akan memberikan ucapan salam perpisahan, serta terima kasih karena telah menggunakan jasa penerbangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini