Share

Agam Gelar Festival Pesona Danau Maninjau 2022 demi Pikat Wisatawan

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 406 2624614 agam-gelar-festival-pesona-danau-maninjau-2022-demi-pikat-wisatawan-J31bYz2OX8.JPG Foto udara objek wisata Linggai Park di tepi Danau Maninjau, Sumbar (Foto: Antara/Iggoy el Fitra)

PEMERINTAH Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menggelar Festival Pesona Danau Maninjau dengan menampilkan berbagai tradisi dan kesenian lokal pada 27-31 Juli 2022, dalam rangka menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Subchan menjelaskan, festival tersebut berupa arak-arakan 'jamba' dalam rangka memperkenalkan kembali budaya ke masyarakat dan dikolaborasikan dengan tari kesenian.

"Jamba itu merupakan utusan dari jorong di Kecamatan Tanjungraya. Kegiatan kami adakan pada Rabu, 27 Juli 2022," ujar Subchan.

Pada Kamis keesokan harinya akan dilanjutkan dengan pidato 'pasambahan' dengan peserta 16 kecamatan. Setelah itu, dilanjutkan dengan lomba menyanyi lagu Minang, pada Jumat 29 Juli 2022.

Final lomba menyanyi lagu Minang dan mewarnai digelar pada Sabtu, 30 Juli 2022. Sepeda santai diadakan pada Minggu dan dilanjutkan kegiatan dari Balai Pengembangan Nilai Budaya dengan penampilan seni budaya daerah yang memiliki danau.

"Kegiatan kami pusatkan di Objek Wisata Linggai Park dan khusus penampilan seni budaya diadakan di Sungai Batang," katanya.

Agenda lain dari Festival Danau Maninjau itu lanjut Subchan, berupa kejuaraan daerah paralayang pada 22-24 Juli 2022, dengan lokasi terbang di Puncak Lawang dan lokasi mendarat di Bayua. Setelah itu, kegiatan lintas alam di Puncak Lawang dan kegiatan lainnya.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Kegiatan tersebut dalam rangka untuk mempromosikan danau vulkanik itu agar kunjungan meningkat ke daerah itu. Festival ini juga sekaligus mengenalkan Linggai Park sebagai objek wisata yang berada di dalam daya tarik wisata unggulan.

Wisata unggulan itu merupakan kawasan Danau Maninjau yang ditetapkan sesuai Surat Keputusan Gubernur Sumbar Nomor 557/575/2021 tentang Penetapan Daya Tarik Wisata Unggulan Provinsi Sumbar.

"Di Agam, kawasan Danau Maninjau meliputi Kecamatan Matur, Tanjungraya, Lubukbasung dan Tanjungmutiara," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini