Share

3 Alasan Mengapa Orang Arab Lebih Suka Memilih TKW Indonesia untuk Dijadikan Pekerja

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 406 2624704 3-alasan-mengapa-orang-arab-lebih-suka-memilih-tkw-indonesia-untuk-dijadikan-pekerja-33moU0Vhen.jpg Ilustrasi TKI (MPI)

ADA 3 alasan mengapa orang Arab lebih suka memilih TKW Indonesia untuk dijadikan pekerja. Ternyata hal ini erat kaitan dengan karakter budaya orang Indonesia yang ramah dan mudah diatur.

Arab Saudi negara paling banyak menampung tenaga kerja Indonesia (TKI) di Timur Tengah. Pada 2021 tercatat ada 833 ribu TKI yang bekerja di Saudi. Laki-laki lebih banyak dibandingkan tenaga kerja wanita (TKW).

Orang Arab Saudi ternyata memiliki alasan yang cukup spesifik kenapa mereka mau mempekerjakan orang Indonesia. Setidaknya ada tiga alasan yang mendasari hal ini.

 BACA JUGA:7 Destinasi Wisata di Jakarta Cocok Dikunjungi saat Idul Adha

Berikut 3 alasan mengapa orang Arab lebih suka memilih tkw indonesia untuk dijadikan pekerja? Simak ulasannya berikut ini.

3 Alasan Mengapa Orang Arab Lebih Suka Memilih TKW Indonesia Untuk Dijadikan Pekerja

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Anton Sumekar, seorang Youtuber yang dulunya adalah seorang pekerja Indonesia yang bekerja di Arab Saudi, ia menjelaskan 3 alasan tersebut.

 

1. Pekerja Indonesia ramah dan mudah diatur

 

Dalam video youtubenya, Anton menjelaskan jika orang Arab Saudi lebih memilih mempekerjakan orang Indonesia karena memiliki sifat yang ramah dan mudah diatur atau penurut.

“Kalau di Arab Saudi teman-teman tahu sendirilah (pekerja Indonesia) orangnya seperti apa, penurut, gesit orangnya, dan orang Indonesia itu tidak pernah ngelawan walaupun pekerjaan banyak,” ujar Anton.

 BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Bebas Visa yang Bisa Anda Kunjungi saat Liburan Idul Adha

2. Punya keterampilan

Tidak hanya itu saja, TKW biasanya memiliki keterampilan tersendiri yang memberikan nilai lebih. Salah satunya adalah bisa membuat apa saja yang diminta majikan.

“Apabila ucapan bikin apa gitu yah sejenis makanan, langsung (dibuat) enggak pakai lama,” ungkapnya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

3. TKW yang sudah diakui

 

Karena sudah sejak zaman dahulu Indonesia menyalurkan tenaga kerja ke Arab Saudi, maka tak heran jika Arab Saudi mengakui jika TKW asal Indonesia adalah yang terbaik.

 ilustrasi

Menanggapi hal ini, Anton berkata jika dirinya merasa bangga akan hal ini.

Jadi kesimpulan dari 3 alasan mengapa orang Arab lebih suka memilih TKW Indonesia untuk dijadikan pekerja adalah karena pekerja Indonesia memiliki sikap yang baik dan memiliki keahlian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini