Share

Viral Bayi Pakai Masker Sampai Menutupi Wajah di Pesawat, Netizen: Latihan Jadi Superhero

Nurul Fitriyah, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 406 2624764 viral-bayi-pakai-masker-sampai-menutupi-wajah-di-pesawat-netizen-latihan-jadi-superhero-qxODTU5Egm.jpg Bayi dikenakan topeng wajah di pesawat Air NZ (Foto Jandre Opperman/NZ Herald)

SEORANG bayi mengenakan masker hingga menutupi seluruh wajahnya dalam penerbangan dengan pesawat Air New Zealand. Foto bayi tersebut viral di media sosial dan menuai perdebatan dari netizen.

Foto itu diambil dalam penerbangan dari Auckland ke Wellington, Selandia Baru pada 1 Juli 2022. Dalam foto terlihat anak itu mengenakan masker ukuran dewasa hingga menutupi seluruh wajahnya, hanya di bagian mata saja dilubangi.

Jandre Opperman yang mengambil gambar lalu membagikannya di Instagram dan menjadi viral, dia mengatakan bahwa itu adalah "interaksi yang sangat manis".

"Bayi itu sangat gembira, melompat-lompat dan cekikikan. Itu membuat penantian untuk turun dari pesawat sedikit lebih menghibur," katanya seperti dilansir dari NZ Herald, Kamis (7/7/2022).

Ketika gambar itu mulai menyebar di media sosial, mulai banyak komentar negatif. Netizen melihat penggunaan masker tersebut tidak aman bagi si anak. Komentar dibanjiri respon "sangat menyedihkan" dan menunjukkan "pelecehan anak".

"Jika saya melihat ini dalam penerbangan, saya akan melepas topeng darinya sendiri," kata seorang komentator yang marah.

"Bayi membutuhkan udara untuk berkembang," kata yang lain, “agak meremehkan pentingnya bernapas”. Yang lain mengatakan itu "berbahaya untuk menutupi lubang pernapasan mereka seperti ini”.

Opperman tidak setuju, mengatakan topeng itu tidak ketat dan ibu itu memperhatikan anak itu dan memastikan kesejahteraannya.

"Saya pikir itu adalah campuran dari tertawa, dan mencoba yang terbaik untuk melindungi anaknya dengan peralatan yang tersedia untuknya," katanya.

Komentator lain setuju, bercanda bahwa kepalan tangan bayi itu hanya "untuk meyakinkan Anda bahwa ada cukup lubang dan celah di topeng untuk bernapas dengan benar”.

"Pasti latihan jadi superhero lol! Dunia belum siap untuk SuperBaby," sahut yang lain. Yang lain dengan singkat mengatakan kepada komentator negatif untuk "santai saja".

Secara hukum, semua penumpang yang berusia di atas 12 tahun harus mengenakan masker pada penerbangan domestik dan pemerintah telah menawarkan saran kepada orang tua yang ingin menutupi anak-anak mereka yang lebih kecil.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Mereka merekomendasikan agar orang tua memilih masker untuk anak-anak yang paling cocok untuk mereka, nyaman dipakai dan dapat dipakai secara konsisten dan mengatakan bahwa masker harus menutupi hidung, mulut dan dagu mereka tanpa celah di atas, di bawah atau di samping.

Mereka juga menyarankan teknik simpul dan selip dapat membantu memasangkan topeng berukuran lebih besar dengan lebih baik ke wajah anak. Tak satu pun dari langkah-langkah ini kemungkinan akan cocok dengan topeng yang digambarkan ke wajah bayi dan para ahli belum menyerukan masking anak-anak di bawah 2 tahun.

Dr Amanda Kvalsvig, ahli epidemiologi di University of Otago Wellington, mengatakan kepada Herald bahwa pendekatan kami terhadap masker harus didasarkan pada bukti dan akal sehat dan mempertanyakan apakah topeng yang digambarkan akan efektif.

"Masker menawarkan perlindungan yang efektif terhadap virus, masker harus dipasang dengan baik sehingga udara tidak bergerak di sekitar sisi masker. Kebutuhan akan segel yang baik di sekitar masker akan membuat saya mempertanyakan apakah masker yang lebih besar akan efektif pada wajah kecil," katanya.

ilustrasi

Poin kunci tentang anak kecil adalah, mereka akan cepat menunjukan kepada Anda ketika mereka tidak merasa nyaman. Apabila seorang anak kecil mengenakan tmasker dan mereka aktif, waspada, dan bahagia dan mereka diawasi secara ketat oleh orang dewasa, itu meyakinkan bahwa tidak berbahaya. Orang tua akan tahu cara terbaik untuk penggunaan masker pada anak-anaknya sendiri.

Masker jenis KF94 sangat direkomendasikan karena sangat ringan dan nyaman dipakai, dan tersedia dalam ukuran anak.

“Seperti yang kita ketahui, anak kecil dapat mengalami efek yang lebih serius dari infeksi Covid-19 dan orang tua harus memiliki kesempatan untuk membuat penilaian risiko dan memutuskan apakah masker cocok untuk anak mereka," kata Kvalsvig.

"Tetapi untuk anak-anak bungsu, cara terbaik untuk melindungi mereka adalah orang dewasa meningkatkan vaksinasi, memakai masker di tempat umum, dan melakukan tes antigen cepat sebelum pertemuan keluarga untuk memastikan bahwa mereka tidak menular."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini