Share

13 Oleh-oleh Khas Samarinda Wajib Diborong, Amplang hingga Abon

Syifa Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 301 2625113 13-oleh-oleh-khas-samarinda-wajib-diborong-amplang-hingga-abon-zlhOLIQJ1Z.png Amplang oleh-oleh khas Samarinda (dok UMKM Panser)

SAMARINDA memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tak heran bila banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Tak hanya destinasi alamnya yang bagus, Samarinda juga memiliki sejarah budaya yang menarik untuk dikulik.

Saat berkunjung ke kota ini, Anda harus memiliki beragam oleh-oleh khas Samarinda.

Apa saya yah oleh-oleh khas Samarinda yang wajib dibawa pulang? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Amplang

Amplang oleh-oleh khas Kalimantan yang wajib Anda beli untuk dibawa pulang. Amplang terbuat dari campuran ikan tenggiri sehingga memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang renyah.

2. Sarung Samarinda

Samarinda juga memiliki oleh-oleh sarung yang disebut dengan tajong Samarinda. Tajong identik dengan warna yang mencolok dan dibuat dengan proses menenun yang masih tradisional. Proses menenun ini bisa menghabiskan waktu 2 hingga 15 hari. Tak heran bila tajong ini memiliki harga yang cukup mahal.

3. Kue keminting

Kue ini memiliki bentuk seperti kemiri, kecil dan bertekstur. Camilan ini terbuat dari tepung, santan, dan gula sehingga memiliki cita rasa yang gurih dan manis.

infografis

4. Gula gait

Sekilas, camilan ini memiliki bentuk seperti churros, namun gula gait bukan terbuat dari tepung, melainkan gula aren dan gula pasir. Biasanya seseorang menikmati gula gait seperti memakan permen.

5. Batik Kalimantan Timur

Sama seperti dengan daerah lainnya di Indonesia, Samarinda juga memiliki batik. Batik ini menggunakan pewarna alami yang berasal dari serat nanas, serat sutra, katun, dan lainnya. Motif batik ini juga beragam dan sebagian besar dipengaruhi oleh kebudayaan suku Kutai, Bugis, dan Dayak.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

6. Ulap doyo

Kerajinan ulap doyo ini dibuat berbagai macam, mulai dari baju, topi, dompet, celana, tas, dan masih banyak lagi.

7. Bolu gulung durian panglima

Selain bolu meranti yang berasal dari Medan, Samarinda juga memiliki bolu gulung yang khas. Bolu ini diisi dengan durian sehingga rasa dan wanginya sangat khas.

8. Kerajinan tangan dan miniatur

Kerajinan tangan lain dari Samarinda adalah gelang, kalung, cicin, gantungan kunci, hingga miniatur rumah adat Kalimantan Timur dapat dijadikan oleh-oleh yang berkesan.

9. Lempok durian

Lempok durian merupakan dodol durian khas Samarinda yang memiliki rasa manis, legit, dan juga lezat. Anda bisa mendapatkan lempok durian di toko oleh-oleh.

10. Abon

Biasanya abon yang sering dijumpai adalah sapi dan ayam. Namun Samarinda mengolah abon menggunakan bahan baku kepiting dan juga udang. Bagi Anda yang penasaran untuk mencicipi abon kepiting atau udang, jangan lupa untuk membeli saat berkunjung ke Samarinda.

11. Kaos jukut

Kaus jukut merupakan pilihan menarik yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh. Kaus ini memiliki desain yang beragam dengan ikon-ikon Kalimantan.

12. Sagon kelapa

Sagon kelapa salah satu makanan khas Samarinda yang jadi favorit banyak orang. Sagon kelapa memiliki rasa yang manis dan juga gurih karena terdapat kelapa di dalamnya.

13. Kue ilat sapi

Oleh-oleh khas Samarinda yang terakhir adalah kue ilat sapi. Dalam bahasa Jawa, ilat sendiri memiliki arti lidah. Kue ilat sapi ini memiliki bentuk seperti lidah sapi. Kue ini memiliki rasa yang manis karena terdapat campuran gula merah di dalamnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini