Share

Menegangkan! Pesawat Ini Mendadak Putar Arah Hindari Tabrakan dengan Balon Udara

Nurul Fitriyah, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 406 2625187 menegangkan-pesawat-ini-mendadak-putar-arah-hindari-tabrakan-dengan-balon-udara-WR2PzCXcVI.JPG Pesawat Qatar Airways nyaris tabrak balon udara tak berawak (Foto: Twitter/@JacdecNew)

PESAWAT Qatar Airways terpaksa melakukan manuver 'dadakan' setelah sebuah balon udara melayang ke jalurnya. Boeing 777-300 itu meninggalkan Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar pada Minggu pagi menuju Bandara Internasional Guarulhos di Sao Paulo, Brasil.

Sesaat sebelum mendarat, sebuah balon udara panas tak berawak melintasi garis tengah landasan pacu.

Hal ini memaksa kru memutar ke kanan untuk menghindari tabrakan dengan balon udara, sampai akhirnya mendaratkan pesawat dengan selamat di runway.

Rafael Freitas, yang saat itu sedang memotret pesawat yang mendarat di bandara, berhasil mengambil foto kejadian tersebut, sementara seorang penumpang di dalam pesawat juga mengambil foto balon yang terbang di dekat sayap kanan pesawat.

Infografis Turbulensi Pesawat

Balon itu tampaknya memuat spanduk iklan. Tidak diketahui mengapa bisa begitu dekat dengan pusat transportasi.

Seorang warga setempat bisa mendapatkan foto balon tepat sebelum pesawat menghindarinya, lalu membagikan foto itu ke Twitter.

โ€œBoeing 777 datang sedikit tidak sejajar dengan landasan pacu untuk menghindari balon. Ketika melewati balon, ia berbalik untuk memperbaiki keselarasannya,โ€ kata Freitas kepada media setempat.

Seorang juru bicara Qatar Airways mengatakan kepada News.com.au bahwa penerbangan itu mendarat normal dan margin keselamatan dipertahankan setiap saat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Qatar Airways mengetahui adanya peristiwa mengenai salah satu pesawatnya, yang melibatkan balon udara tanpa awak, sebelum mendarat di Sao Paulo pada Minggu, 3 Juli," kata sang jubir.

"Kapten pesawat mengajukan laporan setelah penerbangan yang sekarang sedang diselidiki oleh pihak berwenang Brasil,โ€ tambahnya.

Flight Radar

Dapat dipahami bahwa sementara balon udara panas seperti itu ilegal, hal itu umum terjadi di sekitar musim ini di Brasil karena Festas Juninas (festival Juni). Hal seperti ini juga bukan yang pertama kali terjadi.

Menurut publikasi Belgia, Penerbangan24, sebuah Avianca Airbus A319 menabrak balon berisi pita yang melayang di dekat Bandara Internasional Botoga di Kolombia pada malam tahun baru 2020. Terlepas dari insiden itu, pilot berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini