Share

10 Sebab Mengapa Jepang Lebih Maju daripada Indonesia, Patut Dicontoh!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 406 2625497 10-sebab-mengapa-jepang-lebih-maju-daripada-indonesia-patut-dicontoh-yMT8jXUZra.jpg Tokyo, Jepang (wallpaperbetter.com)

ADA 10 sebab mengapa Jepang lebih maju daripada Indonesia. Jepang termasuk salah satu negara maju di Asia yang terkenal dengan kemajuan teknologi dan pendidikannya. Negeri Sakura sudah mengekspor barang elektronik hasil produksinya ke seluruh dunia.

Jika menengok ke belakang, Jepang pernah mengalami masa-masa sulit setelah serangan bom atom di Kota Nagasaki dan Hiroshima pada 1945 saat Perang Dunia II. Namun, Jepang mampu bangkit dan menjadi lebih maju.

Lantas, apa sebab Jepang lebih maju dari Indonesia? Untuk mengetahui jawabannya, simak rangkuman berikut ini.

10 Sebab Mengapa Jepang Lebih Maju daripada Indonesia

1. Memiliki prinsip waktu adalah uang

Tak heran jika Jepang menjadi negara yang maju, sebab masyarakat Jepang sangat menghargai waktu yang dimiliki. Bagi mereka, waktu adalah uang, sehingga waktu menjadi salah satu hal yang sangat berharga. Bahkan, Perusahaan kereta api di Jepang JR-Railways pernah meminta maaf karena tiba 25 detik lebih awal dari jadwal seharusnya

2. Sangat disiplin dalam berbagai hal

Masyarakat Jepang juga sangat disiplin dalam berbagai hal termasuk mengantri. Sedari dini, pendidikan di Jepang sudah melakukan penanaman karakter. Bahkan di Jepang sejak tingkat pertama hingga tingkat ke ketiga fokus pendidikannya adalah etika.

Meskipun sedang terburu-buru, mereka selalu berusaha untuk mengantri dan tidak menyerobot barisan. Dengan begitu, setiap orang bisa hidup baik berdampingan dengan orang lain.

3. Kebersihan negara yang terjaga

Jepang menjadi salah satu negara terbersih di dunia. Saat bertandang ke negara Matahari Terbit ini para wisatawan tak akan menemukan sampah berserakan di mana–mana. Sebab, negara ini benar–benar menjaga kebersihan, dan masyarakatnya tidak membuang sampah sembarangan.

4. Tidak suka hidup konsumtif

Meski termasuk negara penghasil produk elektronik yang banyak diekspor, masyarakat Jepang tak memiliki sifat konsumtif. Orang Jepang benar–benar mengetahui mana barang yang diperlukan dan harus dibeli dan mana barang yang bisa ditunda dulu. Sebesar apapun gaji yang dimilikinya, orang Jepang akan hidup dengan sederhana.

5. Malu tak memiliki prestasi

Masyarakat Jepang umumnya malu tak memiliki prestasi terutama saat ketahuan korupsi. Istilah harakiri atau bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut menjadi salah satu budaya Jepang yang dilakukan oleh mereka yang terbukti bersalah melakukan pelanggaran yang berat atau gagal melakukan tugasnya.

Di Jepang sendiri, saat seorang pejabat ketahuan korupsi, ia akan dengan sadar langsung mengundurkan diri lantaran malu.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

6. Gemar membaca buku saat waktu luang

Membaca buku menjadi pengisi waktu luang masyarakat Jepang yang terkenal dengan sedikit waktu luang. Kebiasaan ini menjadi salah satu kebiasaan yang patut untuk dicontoh.

7. Pendidikan adalah aset utama bagi orang Jepang

Kala seorang guru di Jepang ditanya, “Apa arti siswa bagi Anda?”, ia menjawab “Siswa-siswa ini adalah masa depan Jepang”. Sebab, mengenyam pendidikan yang layak merupakan hal mutlak bagi orang Jepang.

8. Terbiasa Mandiri

Sedari kecil, masyarakat Jepang terbiasa hidup mandiri. Meski memiliki penghasilan yang besar namun sejak kecil anak-anak Jepang dilatih untuk mengerjakan segalanya sendiri.

ilustrasi

9. Menghargai petani lokal

Untuk membentengi negaranya dari monopoli barang asing. Pemerintah Jepang akan membantu usaha lokal, seperti petani agar bisa menjual produknya dengan harga lebih murah. Selain itu, pemerintah juga membatasi impor beras luar agar beras lokal tetap diminati.

10. Petugas kebersihan digaji sangat besar

Konon katanya penyapu jalan atau pengumpul sampah di Jepang digaji kurang lebih 50-80 juta per bulannya. Maka tak heran jika di Jepang di setiap sudut tempatnya sangat bersih dan terjaga.

Demikian 10 sebab mengapa Jepang lebih maju daripada Indonesia yang patut dicontoh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini