Share

4 Negara Eropa yang Jadi Tujuan Favorit Kuliah bagi Mahasiswa Asing

Ajeng Wirachmi, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 408 2625565 4-negara-eropa-yang-jadi-tujuan-favorit-kuliah-bagi-mahasiswa-asing-82QxrNSxqo.jpg Oxford University di Inggris (Freepik)

BUKAN hanya Asia, namun negara-negara di Eropa juga banyak menjadi tujuan para pelajar internasional untuk menimba ilmu.

Banyaknya universitas top yang ada di Eropa tentu menjadi daya tarik tersendiri yang menumbuhkan minat pelajar internasional, di samping kualitas pendidikannya yang sangat baik.

Berikut adalah 4 negara di Eropa yang menjadi tujuan kuliah.

Inggris

Inggris dikenal sebagai negara dengan segudang perguruan tinggi terbaik di dunia. Sebut saja Universitas Oxford, Universitas Cambridge, Universitas Edinburgh, dan London School of Economic and Political Science (LSE).

Melansir laman Studying in UK, total mahasiswa asing yang menuntut ilmu di negara tersebut adalah 452.225 orang pada tahun akademik 2020/2021. Banyaknya universitas bonafide di Inggris menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa asing.

Apalagi, banyak pihak yang menawarkan beasiswa agar calon mahasiswa bisa belajar ke Inggris. Selain itu, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dengan mudah dikuasai masyarakat. Sehingga, tak perlu repot mempelajari bahasa baru ketika menimba ilmu.

Swiss

Swiss adalah negara Eropa lainnya yang juga banyak menjadi tujuan kuliah. Di tahun akademik 2019/2020, jumlah mahasiswa asing yang menimba ilmu di Swiss sebanyak 191.812 orang. Banyak faktor yang membuat Swiss menjadi destinasi favorit belajar, di antaranya terdapat universitas terbaik di negeri ini.

Universitas terbaik di Swiss, seperti Universitas Zurich dan Universitas Jenewa sangat ramai peminat. Di sisi lain, Swiss dikenal pula sebagai negeri yang kaya akan pemandangan alamnya.

Italia

Bagi pelajar yang ingin berkuliah di jurusan tata busana atau fashion, Italia pasti menjadi pilihan utama. Dikenal sebagai sentra mode dunia, Italia banyak melahirkan perancang dan merek pakaian ternama yang dikenal di seluruh negara.

Selain fashion, Italia juga menjadi rumah bagi mahasiswa yang ingin belajar ilmu sosial dan sains. Satu hal yang menjadi daya tarik, Italia memiliki universitas dengan usia yang sangat tua, yakni Universitas Bologna yang berdiri tahun 1088. Italia juga mempunyai tokoh hebat di bidang ilmu pengetahuan, seperti Galileo Galilei.

Jerman

Satu lagi negara Eropa yang cocok menjadi tujuan belajar adalah Jerman. Dalam periode akademik 2020/2021, Jerman memiliki 416.437 mahasiswa asing yang datang dari banyak negara, seperti India, Prancis, China, dan Italia.

ilustrasi

Dibidiknya Jerman sebagai negara favorit para pelajar adalah karena peluang beasiswa yang banyak dan terbuka lebar di negara ini.

Sementara itu, Jerman memiliki Technische Universitat Munchen berperingkat 1 nasional dan 50 dunia. Ada pula Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen yang memiliki peringkat 2 nasional serta 63 dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini