Share

4 Masjid Unik Warna-warni di Dunia, Cocok Buat Liburan Idul Adha

Almas Taqiyya, Jurnalis · Minggu 10 Juli 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 408 2626156 4-masjid-unik-warna-warni-di-dunia-cocok-buat-liburan-idul-adha-a6zjQZFiTk.jpg Masjid al-Molk atau Masjid Pink di Iran (tourhq.com)

MASJID-masjid di dunia mempunyai keunikannya masing-masing. Sejumlah masjid mempunyai arsitektur yang khas, sebagian masjid lain mempunyai warna khas yang ada pada bangunannya.

Masjid-masjid dengan arsitektur unik dan berwarna-warni akan jadi daya tarik yang bukan hanya sekadar tempat ibadah, tapi juga bisa menjadi objek wisata religi, apalagi untuk momen seperti Hari Raya Idul Adha.

Berikut masjid yang memiliki warna-warni khas, bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri.

Masjid Kubah Emas

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu masjid paling terkenal di Indonesia, yaitu Masjid Kubah Emas. Namun, masjid yang berlokasi di Jalan Raya Meruyung, Kota Depok, Jawa Barat ini rupanya bukan benar-benar bernama Masjid Kubah Emas.

ilustrasi

Masjid Kubah Emas di Depok (Okezone)

Namanya adalah Masjid Dian Al-Mahri. Namun karena mempunyai kubah berwarna emas, masjid ini lebih akrab disebut oleh masyarakat sebagai Masjid Kubah Emas.

Selain mempunyai arsitektur unik, masjid dengan dominasi warna emas ini juga lekat dengan kesan megah. Di dalam masjid, terdapat lukisan langit biru muda, tepat di langit-langit kubah. Selain itu, terdapat lampu kristal dan aksen emas 24 karat.

Masjid Biru

Masjid yang terkenal di kalangan turis domestik maupun turis internasional ini memang kental dengan nuansa birunya. Masjid bernama Sultanahmet Camii merupakan rumah ibadah sekaligus bangunan bersejarah yang dipunyai Turki.

Pada masa pemerintahan Sultan Ahmed 1, masjid ini mulai dibangun antara tahun 1609 dan 1616. Selain untuk beribadah, terdapat pula makam dan madrasah di kompleks masjid.

Sebutan Masjid Biru Turki muncul karena ubin biru yang mengelilingi dinding masjid sehingga menjadi warna utama. Kendati masjid merupakan tempat ibadah warga Muslim, pengunjung nonmuslim juga diperbolehkan mengunjungi Masjid Biru Turki dengan arah masuk yang sama untuk semua pengunjung.

 ilustrasi

Masjid Biru Turki

Masjid Pink (Masjid Nasir Al-Mulk)

Sekilas hanya sedikit orang yang pernah mendengar nama masjid ini. Terletak di Kota Shiraz, Iran, Masjid Nasir Al-Mulk dibangun atas perintah Mirza Hasan 'Ali Nasir yang kala itu menjadi salah satu penguasa Dinasti Qajar. Masjid ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dibangun, yakni 12 tahun dan selesai pada tahun 1888.

Masjid Nasir Al-Mulk mempunyai daya tarik berupa kaca warna-warni yang mengelilingi masjid. Apabila cahaya matahari masuk di pagi hingga siang hari, cahaya tersebut akan memantulkan warna-warni cantik yang memenuhi masjid. Masjid unik ini memiliki sejumlah sebutan, di antaranya Masjid Pink, Masjid Warna-warni, hingga Masjid Pelangi.

Masjid Merah

Sesuai namanya, masjid di di Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan ini terlihat mencolok dari bangunan sekitarnya. Apabila masjid umumnya menggunakan warna hijau atau putih, namun tidak dengan masjid ini.

Dinding masjid berwarna merah, dengan sebagian warna putih, memenuhi ornamen-ornamen masjid.

Masjid Merah atau Masjid Moekhlas Sidik ini kerap dikunjungi masyarakat yang penasaran dengan warna dindingnya yang merah menyala.

ilustrasi

Asal-usul nama masjid tersebut rupanya datang dari tokoh masyarakat yang bernama H. Moekhlas Sidik. Dialah yang membangun masjid tersebut hingga sekarang menjadi tempat ibadah sekaligus melepas penat.

Masjid Moekhlas Sidik diresmikan pada 19 September 2019 bertepatan dengan 19 Muharram 1441 H. Kini, di sekitar masjid itu sudah dibangun kafe yang dapat dikunjungi untuk sekadar bersantai dan menikmati kudapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini